-->

6 Cara Melatih Kesabaran Biar Kamu Gak Baperan !

Cara Melatih Kesabaran

Salah satu perkara yang selalu membuat kita lemah adalah timbulnya rasa tersinggung dihati kita. Munculnya perasaan ini sering disebabkan oleh ketidaktahanan kita terhadap sikap orang lain. 

Ketika tersinggung, paling tidak kita akan sibuk membela diri sendiri, dan akan memikirkan kejelekan orang yang membuat kita tersinggung itu. Benar begitu, kan? Perkara yang paling membahayakan dari rasa tersinggung adalah timbulnya penyakit hati seperti rasa merendahkan orang lain dan mengumpat.

Makanya kita harus belajar menjadi orang sabar. Banyak yang bilang menjadi orang sabar itu sulit. Ada pula yang bilang kalau sabar itu ada batasnya. Tapi sebenarnya, jadi orang sabar itu tidaklah sulit. Hanya saja, kamu harus terbiasa melatih dirimu secara terus menerus supaya punya “sumbu panjang” alias enggak cepat naik pitam.

Jadi kalau selama ini kamu adalah orang yang tidak sabaran dan grusa- grusu, tapi ingin mengubah dirimu menjadi lebih baik lagi, maka belajarlah untuk menjadi lebih bersabar. Kamu bisa banget deh mengikuti tips melatih kesabaran di bawah ini :

1 Jadilah Orang yang Proaktif, Bukan Reaktif

cara Melatih Kesabaran

Reaktif berarti merespon segala sesuatu dengan cepat. Misalnya ketika kamu berada di bus dan karena agak sesak maka tidak sengaja ada yang menginjan sepatu barumu dan kamu seketika itu juga merespon dengan marah. Begitu kamu mendengar kata- kata yang menyakiti hati atau tindakan yang kurang menyenangkan, di detik itu juga kamu akan akan segera merespon.

Berbeda dengan reaktif, proaktif adalah kebalikannya, yang artinya dapat menunda merespon. Misalnya saat kamu melihat sebuah masalah, kamu tidak buru- buru merespon fakta tersebut. Indra yang kamu miliki akan memberi jeda untuk merespon dengan cara berpikir sejenak dan mencari tahu penyebabnya.

2 Bedakan Hal yang Penting dan Tidak Penting

Dalam hidup, ada banyak hal yang mengajarkan kita untuk tetap sabar, tapi ada juga yang mengijinkan kita untuk tidak boleh sabar dan justru harus marah dan bereaksi tegas. Misalnya saat ada orang yang menyakiti pasangan kita, padahal pasangan kita tidak melakukan kesalahan apa pun.

Nah disini penting sekali buat kamu bisa membedakan hal yang penting dan tidak penting untuk marah dan baper. Misalnya saat di sosial media ada yang menghina idolamu dengan bahasa kasar, maka kamu tidak perlu bereaksi berlebihan. 

Sebaliknya, kamu hanya perlu bersabar dan mengingatkan orang tersebut untuk menggunakan bahasa yang lebih sopan.

3 Belajar dari Mereka yang Selalu Sabar

Cara Melatih Kesabaran Biar Kamu Gak Baperan

Point 3 ini ampuh banget lho. Kenapa? Karena kita selalu punya kecenderungan untuk mencontek orang lain, termasuk soal perilaku. Carilah seseorang yang hidupnya dapat menjadi panutanmu dalam hal bersabar.

Dia mungkin hanya berasal dari keluarga biasa- biasa saja, tapi selalu bersyukur dan tidak pernah mengeluh. Atau bisa juga dari temanmu yang meskipun jomblo bertahun- tahun, ternyata dia justru happy banget dan menikmati petualangannya

4 Saat Emosimu Mulai Naik, Tarik Nafas Dalam- Dalam dan Hembuskan

Belajar menahan amarah memang tidak mudah. Saat kamu sudah berusaha sabar dan masih belum maksimal, cobalah untuk diam sejenak, tarik nafas dalam- dalam lalu hembuskan. Ulangi lagi beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang.

Belajarlah untuk lebih rileks. Sebab, ketika kamu menyerah pada emosimu, maka di situlah kamu kalah dan tenggelam dalam kubangan perasaan negatif.

Selain itu, emosi yang meluap-luap juga tidak baik bagi kesehatan. Kamu bisa terserang penyakit darah tinggi dan bahkan serangan jantung. Untuk itulah, kamu harus belajar rileks dan santai dalam menghadapi keadaan yang kiranya menguras batas emosimu.

5 Menjadi Religius itu Menenangkan

Cara Melatih Kesabaran

Faktanya, agama adalah salah satu sarana ampuh untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih sabar lagi. Jika selama ini kamu merasa sangat jauh dari Tuhan, maka cobalah untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap sang Pencipta. Dengan lebih mendekat, kamu akan merasa lebih tenang dalam bertindak, sikap tidak sabaranmu akan berkurang dengan sendirinya.

Mendekatkan diri kepada Tuhan itu mudah kok! Kamu bisa mulai dengan tidak telat saat panggilan ibadah, seperti salat, kebaktian di gereja, dan lain sebagainya.

Lalu, kamu bisa memperbanyak membaca Kitab Suci sesuai dengan agamamu masing-masing. Ketika membacanya, jangan sekadar membaca, namun amalkan juga ajaran Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kamu bisa mengikuti kajian-kajian keagamaan agar dapat memaknai ajaran agamamu lebih mendalam. Dengan sering melakukan tindakan-tindakan yang mendekatkan dirimu kepada Tuhan maka kamu pun akan memiliki hati yang tenteram dan tidak mudah tersulut emosi.

Sebab, kamu akan selalu merasa dilindungi dan diperhatikan oleh Tuhan-mu. Jadi, berusahalah sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

6 Sabar Memang Ada Batasnya, Tapi Kamu Pasti Bisa Lebih Bersabar Lagi

Kamu pasti tidak asing dengan istilah itu. Memang nggak salah sih, justru betul banget. Sabar memang ada batasnya dan ujiannya juga nggak main- main. Meskipun untuk menjadi benar- benar sabar perlu latihan dan kerja keras yang nggak cepet, kamu pasti bisa melakukannya. Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Selama kita ingin berubah, selalu ada jalan untuk memperbaiki diri.

Tips Melatih Kesabaran

Itulah beberapa tips menjadi orang sabar , biar Kamu gak baperan. Setelah membaca ulasan di atas, tentunya bayangan menjadi orang sabar itu sulit sudah mulai pudar kan? Ya, mudah kok untuk menjadi seorang penyabar.

Kuncinya utamanya ada di dirimu sendiri. Seberapa mau kamu melatih dirimu untuk sabar menghadapi berbagai situasi dan kondisi hidupmu. Lakukanlah tips-tips itu, niscaya, kamu akan menjadi seorang penyabar.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...