Udangan Aqiqah Versi Terbaru Format Word Gratis Bisa Diedit -->

Udangan Aqiqah Versi Terbaru Format Word Gratis Bisa Diedit

Aqiqah merupakan sunnah yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam. Sebagai umatnya, kita tentu akan mengikuti sunnah beliau. Aqiqah juga merupakan lambang bersyukur, kebahagiaan dan sebagai dakwah syiar islam.

Maka tak heran jika acara syukuran aqiqah biasanya dilangsungkan dengan beramai-ramai, menyebar undangan aqiqah dan mengadakan perjamuan.

Dikutip dari dari berbagai sumber, acara aqiqah memiliki makna bahwa tiap anak masih tergadai pada hewan aqiqah miliknya yang sebaiknya disembelih pada hari ketujuh setelah anak itu lahir. Selain itu, pada acara tersebut rambut anak akan dicukur dan diberi nama. Hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW dalam Sunan al-Tirmidzi.

عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌الغُلَامُ ‌مُرْتَهَنٌ ‌بِعَقِيقَتِهِ ‌يُذْبَحُ ‌عَنْهُ ‌يَوْمَ ‌السَّابِعِ، ‌وَيُسَمَّى، ‌وَيُحْلَقُ ‌رَأْسُهُ
Artinya : Dari Samurah, ia berkata, Nabi bersabda: Seorang bayi itu digadaikan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh (dari hari kelahiran), (pada hari itu pula) si bayi diberi nama dan dipotong rambutnya (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, dalam kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah

Jumlah Hewan dan Hukum Aqiqah

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa pelaksanaan aqiqah adalah wajib, namun berdasarkan riwayat dari para ulama dikatakan bahwa hukum paling shahih adalah sunnah muakkad. Tentunya dengan tata cara yang benar.

Jumlah dan syarat kambing aqiqah berbeda untuk seorang anak laki-laki atau perempuan, dengan ketentuan sesuai dengan sejumlah hadits sahih berikut:

1. Untuk Anak Laki-laki

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan bahwa Rasulullah memberi perintah untuk menyembelih dua ekor domba untuk akikah anak laki-laki.

2. Untuk Anak Perempuan

Sedangkan untuk anak perempuan seekor domba, yang juga sesuai dengan dalil dan hadis Tarmidzi sesuai ucapan Aisyah RA yang menyebutkan bahwa Rasulullah memberi perintah untuk menyembelih satu ekor domba untuk anak perempuan.

Berbagai persiapan dilakukan dari mulai menyembelih kambing dengan jumlah yang sesuai syariat hingga menyiapkan undangan. Nah, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Template Undangan Aqiqah Format Word Model Terbaru yang bisa kamu unduh/download dan edit.

Template Kartu Undangan Aqiqah Lengkap

Disini akan kami bagikan desain atau template undangan aqiqah dalam format file word gratis dan bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

Silahkan langsung saja, silahkan Download dibawah ini;

Link Download Template Aqiqah

Update !!
* Jika ada link yang error, silahkan beritahu kami dengan berkomentar agar segera diperbaiki.

Cara Membuat Undangan Aqiqah Yang Baik dan Benar

Ketika anda ingin berkreasi dalam membuat undangan aqiqah, maka perlu diperhatikan urutan penulisannya. Tujuannya supaya undangan yang kita buat terlihat rapi dan menarik.

Nah, berikut ini urutan dalam pembuatan undangan walimatul aqiqah yang baik dan benar.

1. Bagian Pembuka

Pada bagian ini cukup mengucapkan salam. Kamu bisa mengucapkan salam dalam bahasa arab maupun dalam tulisan latin.

Salam merupakan sapaan dan juga sekaligus menjadi doa untuk orang yang membaca. Ini merupakan adab dari seorang muslim yang baik.

2. Bagian Isi Undangan

Pada bagian isi undangan, anda bisa menggunakan kata kata yang sopan dengan tujuan mengundang pembaca agar bisa menghadiri acara walimatul aqiqah yang anda selenggarakan.

Kemudian jangan lupa untuk mengisikan nama anak anda yang akan dibuatkan acara aqiqah. Lalu detaik acara seperti hari, waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanaan acara tersebut.

3. Bagian Penutup

Pada bagian ini anda cukup memberikan salam penutup.

Dan jagan lupa untuk memberikan tanda tangan dengan ucapan “dengan hormat / hormat kami” pada bagian akhir.

Itulahh tadi Template undangan walimatul aqiqah yang bisa kamu download dan bisa kamu edit. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan