Undangan Tahlil Atau Selametan Orang Meninggal Fomat Word Gratis dan Lengkap -->

Undangan Tahlil Atau Selametan Orang Meninggal Fomat Word Gratis dan Lengkap

Sebelum membahas contoh undangan tahlil word yang ada, tidak ada salahnya mencari tahu mengenai acara tahlil itu sendiri.

Tahlil merupakan ritual yang dilakukan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal.

Biasanya acara tahlilan ini dilaksanakan saat hari pertama, 7, 40, 100, dan seterusnya.

Jika melihat artinya secara harfiah, tahlil memiliki arti yaitu berdzikir dengan mengucapkan kalimat tauhid. Sifat dari acara ini sebenarnya tidak wajib, bisa memilih untuk melakukannya maupun juga tidak.

Dikutip dari tebuireng.online tahlilan memiliki makna “bersama-bersama mengucapkan kalimat thayyibah dan kirim doa kepada seseorang yang telah meninggal dunia”.

Dari penjabaran tersebut memberikan informasi kepada kita bahwa, tahlilan adalah suatu bentuk ibadah yang dikerjakan oleh banyak orang dengan bersama-sama mengucapkan kalimat thayyibah dan juga mengirim doa kepada sesama muslim yang telah meninggal dunia.

Setiap orang memiliki pilihan yang cukup bebas dalam menentukan apakah ingin mengadakan tahlilan atau tidak.

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam menjalankan tahlilan ini sendiri yaitu mengirimkan doa kepada kerabat dekat yang telah meninggal dunia.

Apabila kamu ingin mengadakan acara tahlilan atau selametan dengan didatangi tetangga maupun kerabat, maka bisa mengirimkan undangan terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara membuat undangan selametan atau tahlilan secara mudah??

Nah, pada kesempatan kali ini CITOGOK akan membagikan Template undangan Selametan Orang Meninggal atau Tahlilan dengan format Word (.doc) yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan. Undangan ini bisa kamu pakai untuk 7 Hari, 40 Hari, 100 Hari sampai 1000 hari.

Download Undangan Tahlil Lengkap

Template Undangan Tahlil berikut ini kami sediakan dalam bentuk word yang sudah cukup familiar dan gratis. Kamu bisa edit sesuai kebutuhan baik menggunakan komputer maupun smartphone. Jika menggunakan smartphone khususnya android kamu bisa download dulu aplikasi microsoft word di play store.

Sebenarnya untuk format undangan tahlil 7 hari, 40 hari maupun 100 hari tidak jauh berbeda. Kamu hanya perlu mengedit saja pada bagian acara sesuai kebutuhan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah ukuran kertasnya. Kamu bisa membuat dalam format 1 lembar utuh, 1 lembar hvs jadi 2 ataupun 1 lembar hvs jadi 4. Dibawah ini sudah kami sediakan ketiga format tersebut. Jadi kamu bisa pilih mau menggunakan ukuran yang mana.

Ketiga format tersebut,kami jadikan satu dalam format .zip. Kalian hanya perlu mengekstraknya menggunakan ZIParchiver atau aplikasi sejenisnya. Berikut kami berikan link download selengkapnya :

DOWNLOAD TEMPLATE UNDANGAN TAHLILAN)

Format Penulisan Undangan Tahlil yang Baik & Benar

Undangan tahlil termasuk dalam kategori surat undangan tidak resmi. Surat undangan tidak resmi adalah surat undangan yang dibuat oleh seseorang atau individu dalam rangka mengundang atau mengajak orang lain untuk menghadiri suatu acara pribadi.

Dalam format penulisan undangan tidak resmi biasanya akan lebih luwes dan tidak ada batasan, namun penulisan harus tetap memperhatikan etika dan bahasa yang baik dan santun.

Berikut contoh susunan format surat undangan tahlil yang baik dan benar yang dapat anda tiru:
  1. Nama penerima undangan atau nama orang yang diundang
  2. Salam pembuka
  3. Pembuka
  4. Isi undangan (hari, tanggal, waktu, tempat, dan nama acara)
  5. Penutup
  6. Salam penutup
  7. Nama pembuat acara (tuan rumah) beserta tanda tangannya jika diperlukan

Ketujuh poin diatas wajib ada dalam sebuah surat undangan tahlil atau selametan orang meninggal. Namun untuk tanda tangan si pembuat acara bisa Anda tambahkan ataupun hilangkan karena sifatnya tidak wajib, jadi gunakan jika diperlukan saja.

Cara Mencetak Undangan Tahlil

Untuk mengedit dan mencetaknya, kamu bisa ikuti panduan berikut:
  1. Untuk mendownload, klik link diatas. Kamu akan diarahkan ke google drive, Silahkan login dengan akun google kalian. Selanjutnya simpan ke akun dan download ke galeri.
  2. Buka dengan aplikasi Ziparchiver.
  3. Piih salah satu formatnya (pilih satu lembar utuh, jadi dua atau 1 lembar jadi 4).
  4. Silahkan edit dari acara, nama, tempat, dan waktu sesuai keperluan masing masing.
  5. JIka sudah siap, tinggal diprint saja baik dengan printer pribadi atau pergi ke percetakan terdekat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Bagaimana mudah kan membuat undangan sendiri??

Meskipun esensi dari tahlilan itu baik, beberapa kalangan masih memperdebatkan hukum dan kebolehannya. Ada yang mengatakan bahwa tahlilan adalah perkara bid’ah yang jelas tidak dijalankan oleh Rasulullah SAW.

Namun, ada juga sebagian ulama yang berpendapat bahwa tahlilan adalah bid’ah yang sifatnya idhofiyah.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai contoh undangan tahlil / tahlilan 7 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari orang meninggal.

Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa share artikel ini agar teman dan saudara kita yang lain juga mendapat manfaat yang sama.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan