Kalender Jawa Online Lengkap Disertai Dengan Detail Weton, Wuku, Neptu, Tahun Jawa -->

Kalender Jawa Online Lengkap Disertai Dengan Detail Weton, Wuku, Neptu, Tahun Jawa

Kalender jawa merupakan kalender yang berisikan Hari Pasaran Jawa dalam sebulan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau untuk melangsungkan sebuah acara.

Bagi Kamu yang sedang membutuhkan kalender jawa online untuk mengetahui hari ini, maupun kebutuhan lain terkait dengan perhitungan penanggalan jawa seperti mencari hari baik, neptu ataupun menghitung weton.

Di halaman ini Kami menyediakan aplikasi Kalender Jawa berbasis web yang siap kamu gunakan. Kalender dibawah ini update secara otomatis setiap hari, bulan dan tahun.


Kalender Jawa Online


Klik tanggal pada kalender untuk melihat detail (Wuku, Pasaran Jawa, Neptu, dan Lainnya)

Kalender Jawa Hari Ini
(Jam )
Pasaran
Tahun
Wuku
Neptu
Warsa
Juni 2024
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Wuku

;

;

Hari Libur :
    Loncat ke
    source code by kenthus

    Bagaimana cara menggunakan kalender online ini?

    • Buka citogok.com , cari fitur Kalender jawa online
    • Pilih bulan dan tahun sesuai keperluan.
    • Hasil akan ditampilkan secara jelas berupa kalender masehi dan kalender jawa. Termasuk didalamnya bulan jawa.

    Apakah kalender jawa online ini berbayar ?

      Tidak, fitur kalender jawa online ini gratis untuk digunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Tidak ada pungutan biaya atau bayaran dalam menggunakan fitur ini.

    Apakah kalender jawa ini akurat untuk digunakan ?

      Insyaallah, kalender ini dirancang dengan bahasa pemrograman dan hasilnya sudah diuji dengan akurasi 98% serta tampilan aplikasi yang mudah digunakan untuk masyarat umum.

    Apa itu Kalender Jawa

    Dikutip dari Wikipedia , Wuku adalah bagian dari suatu siklus dalam penanggalan Jawa dan Bali yang berumur tujuh hari (satu pekan). Siklus wuku berumur 30 pekan (210 hari), dan masing-masing wuku memiliki nama tersendiri.

    Perhitungan wuku (bahasa Jawa: pawukon) masih digunakan di Bali dan Jawa, terutama untuk menentukan "hari baik" dan "hari buruk" serta terkait dengan weton / nepton. Weton dalam bahasa Bali disebut oton/otonan. Seorang bayi yang berusia 1 siklus wuku (210 hari) disebut 1 oton.

    Ide dasar perhitungan menurut wuku adalah bertemunya dua hari dalam sistem pancawara (pasaran) dan saptawara (pekan) menjadi satu. Sistem pancawara atau pasaran terdiri dari lima hari, sedangkan sistem saptawara terdiri dari tujuh hari.

    Dalam satu wuku, pertemuan antara hari pasaran dan hari pekan sudah pasti, misalkan hari Sabtu Pon terjadi dalam wuku Wugu. Menurut kepercayaan tradisional orang Bali dan Jawa, semua hari-hari ini memiliki makna khusus.

    Baca Juga :

    Terdapat beberapa nama-nama Wuku dalam kalender Jawa. Setiap wuku diambil dari kisah Ratu Sinta istri dari Raja Prabu Watugunung yang memiliki 27 putra.

    Dari cerita dan legenda tersebut nama wuku diambil dan mengandung makna tersendiri dalam kalender Jawa. Bagi kalian yang tinggal di jawa, kalender Jawa dan wuku tentu saja sudah tidak asing lagi.

    Manfaat adanya kalender jawa online

    Dalam penggunaan sehari-hari khususnya masyarakat jawa, bahwasanya ada cukup banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari menggunakan kalender jawa online ini.

    Adapun untuk beberapa manfaat dari penggunaan tanggalan / kalender jawa online diantaranya adalah sebagai berikut ini.

    1. Mengetahui weton kelahiran

    Untuk Kamu yang ingin menikah dan ingin tahu weton kalian, dengan adanya kalender jawa online ini akan memudahkan kamu mengetahui weton kelahirannya, kamu tinggal masukan bulan dan tahun kelahiran sesuai kalender masehi, maka dengan mudah akan mengetahui wetonnya secara cepat.

    2. Menentukan hari baik membuka usaha

    Setelah kamu melakukan perhitungan hari baik buka usaha, kemudian kamu bisa melakukan kroscek hari dan tanggal secara masehi dalam memulai usaha ini dengan memanfaatkan kalender jawa online.

    3. Hari baik membeli motor, mobil, emas , barang lain-lain

    Dengan adanya kalender jawa online ini kamu juga bisa memanfaatkan untuk memberikan tanda untuk hari baik beli kendaraan motor, mobil, emas maupun barang-barang berharga lainnya.

    Dan mencari hari baik ini penting bagi masyarakat jawa karena bisa memberikan keberkahan dan juga menjauhkan dari berbagai hal negatif dimasa mendatang.

    4. Mencari Hari baik mencari rezeki dan arah rejeki

    Di dalam kepercayaan masyarakat jawa bahwasanya sebelum kamu merantau untuk mencari rezeki sebaiknya untuk mencari hari baiknya, dengan demikian kamu bisa mendapatkan rezeki yang berlebih dan penuh dengan keberkahan.

    5. Menandai hari kematian seseorang untuk selamatan.

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya dalam masyarakat jawa memiliki tradisi slametan ketika ada sanak saudara yang meninggal dunia dari geblak, 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, mendak pisan, mendak pindo dan juga 1000 an hari.

    Dan dengan adanya kalender jawa online ini tentunya akan sangat mudah mengetahui kapan hari yang digunakan untuk melakukan selamatan tersebut. Untuk menghitung selametan orang meninggal bisa menggunakan aplikasi online yang ada di blog ini atau dengan klik tautan dibawah ini
    Aplikasi Online Untuk Menghitung selametan orang meninggal

    6. Mencari Hari baik untuk Melangsungkan pernikahan

    Mencari hari baik menikah juga dilakukan oleh masyarakat jawa, agar pernikahannya dipenuhi dengan kedamaian, rumah tangga yang bahagia dan kecukupan untuk rezekinya.

    Maka dari itu perhitungan hari baik ini sangat penting untuk diketahui, khususnya kamu yang memiliki darah kelahiran dari orang jawa. Agar dikemudian tidak kaget jika ada perhitungan pernikahan.

    Ada cukup banyak dari manfaat penanggalan jawa online ini, maka dari itu kamu perlu mengetahuinya. Dan dari sekian banyaknya fungsi dari kalender jawa, enam point diatas adalah populer yang di cari dalam masyarakat kita.

    Fungsi Kalender Jawa

    Kalender Jawa memiliki beragam fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Jawa. Salah satunya adalah untuk menentukan hari-hari penting dalam adat dan kepercayaan lokal, seperti hari baik untuk melaksanakan upacara keagamaan, pernikahan, atau memulai usaha baru.

    Selain itu, kalender Jawa juga digunakan sebagai panduan dalam menentukan siklus pertanian, memprediksi musim tanam atau yang lebih dikenal dengan Pranata Mangsa (Pranoto Mongso), dan aktivitas sehari-hari lainnya.

    Apakah kalender jawa online ini berbayar?
    Tidak, fitur kalender jawa online ini gratis untuk digunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Tidak ada pungutan biaya atau bayaran dalam menggunakan fitur ini.

    Apakah kalender jawa ini akurat untuk digunakan ?

    Insyaallah, kalender ini dirancang dengan bahasa pemrograman dan hasilnya sudah diuji dengan akurasi 98% serta tampilan aplikasi yang mudah digunakan untuk masyarat umum.

    Semoga aplikasi kalender jawa diatas berguna bagi kamu yang sedang membutuhkan :)

    Daftar 30 Wuku Jawa

    WUKU/PAWUKON JAWA
    SINTHA
    GALUNGAN
    MAKTAL
    LANDEP
    KUNINGAN
    WUYE
    WUKIR
    LANGKIR
    MANAHIL
    KURANTIL
    MANDASIYA
    PRANGBAKAT
    TOLU
    JULUNG PUJUT
    BALA
    GUMBREG
    PAHANG
    WUGU
    WARIGA ALIT
    KURUWELUT
    WAYANG
    WARIGA AGUNG
    MARAKEH
    KULAWU
    JULANG WANGI
    TAMBIR
    DUKUT
    SUNGSANG
    MEDANGKUNGAN
    WATU GUNUNG

    Semoga kalender jawa diatas berguna dan bermanfaat. Terima kasih

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...

    Nih buat jajan