Aplikasi Online Untuk Menghitung Kehamilan Lengkap dan Mudah. Silahkan Di Coba Bund -->

Aplikasi Online Untuk Menghitung Kehamilan Lengkap dan Mudah. Silahkan Di Coba Bund

Bingung cara menghitung usia kehamilan? Yuk Bunda, hitung perkiraan usuia kehamilan atau hari kelahiran si Kecil melalui aplikasi di bawah ini :

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Lama Siklus Haid Rata-rata
Boleh tidak diisi
(21 - 35 hari)
*Umumnya 28 hari
Perkiraan Usia Kehamilan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Periode Cukup Bulan -
Perkiraan Pembuahan
Usia Kehamilan 3 Bulan
Usia Kehamilan 7 Bulan
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga
Mulai Senam Hamil

Kalkulator Usia Kehamilan

Kalkulator ini bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL). Perhitungan didasarkan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) dan rata-rata siklus haid.

Cara Menghitung HPHT

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Istilah ini walaupun sederhana, tapi sering membingungkan. Padahal, HPHT adalah modal utama untuk menghitung usia kehamilan.

Cara menghitung HPHT sebenarnya sangat mudah, tidak serumit dengan namanya. Agar lebih mudah dipahami, kita langsung ke contoh saja.

Misal, seorang ibu mendapat haid selama 5 hari, mulai dari tanggal 17 Agustus 2020 dan baru selesai haidnya 5 hari kemudian. Pada bulan berikutnya, seyogianya ibu sudah mendapat haid lagi, tapi tak kunjung haid. Itu artinya, haid bulan Agustus adalah haid terakhir, dan hari pertama dari haid terakhir tersebut adalah pada 17 Agustus 2020.

Dengan kata lain, HPHT ibu jatuh pada 17 Agustus 2020.

Sangat mudah kan untuk menghitung HPHT.

Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Selain untuk menghitung usia kehamilan, HPHT juga cukup berkaitan dengan HPL atau hari perkiraan lahir. Dari hari pertama haid terakhir ini, dokter bisa menghitung dan memperkirakan kapan bayi Anda akan lahir. Selain dokter, Anda juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan dari SehatQ untuk mengetahui hari perkiraan lahir (HPL) bayi Anda.

Meskipun secara umum rata rata kehamilan berlangsung 37-42 minggu, tapi bisa saja HPL tersebut meleset. Pasalnya hampir 50% bayi lahir tidak sesuai dengan jadwal, ada yang lebih cepat atau lebih lambat dari HPL. Ada beberapa faktor yang menyebabkan HPL bisa meleset, berikut ini ulasannya.
  • Penyebab pertama yang mempengaruhi bayi tidak lahir sesuai HPL dikarenakan siklus menstruasi ibunya yang tidak teratur, sehingga cukup sulit untuk memperkirakan kelahiran jika menggunakan metode HPHT.
  • Jika Anda melakukan testpack dan hasilnya positif, berarti Anda sudah memasuki trimester pertama dan sangat disarankan untuk melakukan USG untuk menentukan HPL. Sebab, USG yang dilakukan di trimester kedua lebih akurat dibandingkan di trimester kedua.
  • Fundus uteri yang di atas rata-rata juga menjadi faktor penyebab bayi lahir tidak sesuai dengan HPL.


  • Cara Menghitung Siklus Haid

    Kalau untuk HPHT hanya dibutuhkan satu data haid, maka siklus haid dibutuhkan minimal dua data haid yang berdekatan. Kita lanjutkan contoh di atas. Misal haid ibut 17 Agustus sampai selesai. Di bulan sebelumnya, yaitu pada 20 Juli ibu mulai haid sampai selesai.

    Maka siklus haid adalah jumlah hari antara 20 Juli 2020 dengan 17 Agustus 2020 yaitu sebanyak 28 hari.

    Perkembangan Janin Tiap Trimester

    Letak janin pada kehamilan normal adalah di dalam rahim. Ia akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Lantas bagaimana perkembangan janin tiap trimesternya? Berikut ulasannya, Bund.

    Trimester 1

    Pada usia kehamilan mulai 4 minggu atau 1 bulan, janin sudah ada di dalam rahim. Meskipun demikian, ibu belum bisa merabanya karena ukurannya masih kecil. Ia masih berbentuk embrio yang akan terus berkembang seiring dengan pertambahan usia.

    Di usia ini, ukuran embrio berkisar 0,2 hingga 0,5 centimeter. Perkembangan organ dimulai dari otak, jantung, paru, dan sumsum tulang belakang. Seluruh organ tubuhnya baru akan berkembang sempurna di usia 8 minggu. Hingga akhir trimester pertama kehamilan, umumnya janin berukuran 30 gram dengan panjang 2,5 centimeter.

    Beberapa ibu akan merasakan kram perut serta nyeri payudara di awal kehamilan. Tubuh ibu juga terasa lemas dan mudah lelah. Tak jarang pula ibu merasakan morning sickness yang parah mulai usia kehamilan 4 minggu hingga 16 minggu.

    Trimester 2

    Memasuki trimester kedua, janin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Ia mulai dapat menelan air ketuban serta mendengar suara di dalam rahim. Terdapat juga bulu-bulu halus atau lanugo yang tumbuh di seluruh tubuhnya.

    Jika di awal kehamilan janin masih berbentuk embrio, berbeda dengan trimester kedua ini. Ibu mulai dapat merasakan tendangan janin pada saat memasuki usia 16 hingga 20 minggu. Berat badan janin pun mencapai 1 kilogram dengan panjang kurang lebih 10 centimeter.

    Hal yang dirasakan oleh ibu di trimester kedua kehamilan antara lain rasa lelah dan pegal, mudah pusing, mulai muncul stretchmark di perut dan paha, serta puting yang menggelap. Sebagian besar ibu juga sudah tidak lagi merasakan mual dan muntah di trimester kedua kehamilan.

    Trimester 3

    Di akhir kehamilan, janin sudah memiliki kerangka dan tulang yang sempurna. Meskipun masih di dalam perut, kini ia telah menyerupai bayi yang sudah lahir, Bu! Ia sudah dapat membuka mata, mendengar dengan lebih jelas, dan menelan. Bahkan ia sudah dapat merasakan cegukan.

    Ia juga sudah dapat mengubah posisi kepalanya dari atas ke bawah dan sebaliknya. Hingga saat bersalin, umumnya kepala bayi sudah berada di bawah dengan posisi siap dilahirkan. Berat badan ideal janin di trimester 3 kehamilan adalah mencapai 2,5 kilogram dengan panjang 49 centimeter.

    Tak perlu khawatir jika ibu kerap merasakan kontraksi palsu, sakit punggung, dan sering buang air. Ini merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil di trimester akhir. Meskipun demikian, ibu perlu waspada jika merasakan kontraksi hebat, ketuban rembes, atau bengkak di seluruh tubuh. Segera cari pertolongan ya, Bu!

    Mengetahui usia kehamilan sangat penting untuk ibu hamil guna memastikan kondisi janin dan ibu sesuai dengan usianya. Untuk itulah, ibu dapat menggunakan kalkulator usia kehamilan sebagai aplikasi yang membantu untuk mengetahui umur bayi di dalam kandungan.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
    Image
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...