Aplikasi Online Untuk Melihat Weton Lengkap Dengan Tahun Jawa, Hijriyah, Pasaran -->

Aplikasi Online Untuk Melihat Weton Lengkap Dengan Tahun Jawa, Hijriyah, Pasaran

Dibawah ini adalah sebuah aplikasi online yang bisa digunakan untuk mengetahui hari weton kelahiran. Aplikasi hitungan Weton merupakan aplikasi yang digunakan untuk perhitungan tanggal kelahiran seseorang menurut penanggalan Jawa.

Kamu cukup memasukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran kamu kemudian klik "LIHAT" dan lihat hasilnya. Maka otomatis akan muncul keterangan tentang kelahiran kamu didalam website primbon jawa ini dan dapatkan informasi mengenai weton seperti hari pasaran, neptu, warsa, tanggal jawa dan hijriyah nya.

Kamu juga bisa mengunduh atau mendownload hasil weton tanggal lahirmu dalam bentuk gambar (.png)

Cek Weton Lengkap

Isi tanggal lahir kamu dibawah ini :


Pengertian Weton

Melansir dari Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), weton adalah hari lahir seseorang beserta pasarannya.

Weton merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi.

Artinya, saat berbicara tentang weton, seseorang akan ditanya hari apa dia lahir, dan bertepatan hari pasaran apa dia lahir. Sehingga akan muncul keterangan weton Senin Pahing, Jumat Kliwon, Sabtu Pon, dan seterusnya.

Perhitungan weton ini sangat penting bagi orang Jawa terutama saat akan melaksanakan suatu acara penting seperti pernikahan, pindah rumah, dan lain-lain.

Umumnya, weton digunakan untuk menentukan tanggal yang baik untuk pelaksanaan acara tersebut menghindari hari yang dianggap membawa peruntungan buruk. Selain itu, hitungan Jawa ini juga bisa untuk meramal kecocokan pasangan.

Cara Menghitung Weton

Cara menghitung weton yang pertama adalah dengan menggunakan neptu hari dan pasaran Jawa. Kamu dapat melihat tabel berisi hari dan pasaran berikut nilainya seperti di bawah ini untuk menghitung weton berdasarkan hitungan Jawa sebagai berikut:

Hari Nilai Pasaran Nilai
Minggu 5 Wage 4
Senin 4 Kliwon 8
Selasa 3 Legi 5
Rabu 7 Pahing 9
Kamis 8 Pon 7
Jumat 6    
Sabtu 9    

Pada tabel hitungan Jawa tersebut, dapat dilihat bahwa masing-masing hari dan pasaran mempunyai nilai yang berbeda-beda. Dalam hal ini, cara menghitung weton bisa dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari hari dan pasaran yang dimiliki orang, pada weton kelahirannya.

Sebagai contoh, jika kamu mempunyai tanggal lahir pada hari Sabtu Kliwon artinya weton Anda adalah Sabtu Kliwon. Untuk menghitung wetonnya, jumlahkan nilai 9 dari hari Sabtu dan nilai 8 dari pasaran Kliwon. Sehingga 9 + 8 = 17. Maka neptu weton seseorang yang lahir pada Sabtu Kliwon adalah 17.

Fungsi atau kegunanaan Weton

Yap, bukan hanya dianggap sebagai perhitungan hari lahir, ternyata weton juga memiliki beberapa fungsi.

1. Mengetahui Karakter Seseorang

Dalam kebudayaan Jawa, weton kerap kali digunakan untuk mengetahui karakter seseorang. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya.

Hanya orang-orang yang memang mempelajari kalender tradisional Jawa yang bisa mengetahuinya. Jadi, tidak sembarang menyimpulkan.

2. Menentukan Hari-Hari Penting

Tidak hanya untuk mengetahui karakter, weton juga bisa digunakan untuk menentukan hari-hari penting dalam kehidupan.

Misalnya seperti hari pindahan rumah, hari kelahiran anak, hari pembangunan rumah, dan lain-lain.

Perhitungan ini merupakan tradisi Jawa yang diturunkan dari generasi ke generasi.

3. Selamatan

Dalam kebudayaan Jawa, terdapat suatu acara yang dinamakan dengan selamatan. Selamatan ini biasanya diadakan seseorang sesuai dengan peringatan wetonnya dengan cara membagikan rezeki kepada orang lain.

Selamatan ini dianggap sebagai wujud rasa syukur.

Nah, demikianlah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan weton.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Indonesia Website Awards