Aplikasi Online Untuk Menentukan Hari Baik Mendirikan Rumah Menurut Primbon Jawa -->

Aplikasi Online Untuk Menentukan Hari Baik Mendirikan Rumah Menurut Primbon Jawa

Meskipun pada saat sekarang ini bisa dibilang kita sudah hidup pada zaman yang serba modern dan dalam era digitalisasi. Tapi beberapa hal mengenai aturan adat, budaya serta keagamaan masih sangat kental dan sangat dipegang teguh oleh masyarakat kita. Terlebih lagi mengenai hari baik, khususnya cara menentukan hari baik pindah rumah yang masih dipegang teguh oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Memiliki rumah merupakan bagian penting dalam tatanan kehidupan masyarakat Jawa. Rumah atau Wisma diangap sebagai tolok ukur keberhasilan masyarakat Jawa selain Curiga (senjata pusaka), Turangga (kuda), Kukila (burung peliharaan) dan Wanita (istri).

Layaknya orang Jawa yang selalu menggunakan perhitungan dalam setiap tindakannya, demikian pula dalam proses pendirian rumah. Penentuan arah menghadap rumah bagi masyarakat Jawa merupakan hal yang sangat penting, karena hunian tentunya akan dalam jangka waktu lama sehingga membutuhkan kenyamanan dan faktor peruntungan bagi yang menetapinya.

Ketika anda membangun rumah, toko, warung, kios, kos, atau tempat usaha lainnya anda dapat menggunakan kalkulator weton jawa berikut ini untuk mendapatkan gambaran hari baik untuk mendirikan rumah

Hitungan Jawa Mendirikan Rumah dan Arah Rumah
Masukan tanggal kapan anda akan membangun rumah

Mohon di perhatikan, aplikasi dibuat bukan untuk anda yakini sebagai kebenaran, karena kebenaran hanya milik Allah SWT, silahkan gunakan aplikasi ini sebagai bahan referensi saja.

Penjelasan

Cara menghitung membangun rumah dalam adat Jawa diyakini bisa membawa berkah bagi penghuninya.
Berikut hitungan yang bisa kamu jadikan rujukan berdasarkan kitab primbon terkenal


Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
Senin4Pahing9
Selasa3Pon7
Rabu7Wage4
Kamis8Kliwon8
Jum'at6Legi5
Sabtu9--
Minggu5--

Setelah mendapatkan neptu, selanjutnya anda membagi angkanya dengan 4, angka 4 didapat dari firasat-firasat jawa yang berjumlah 4 dibawah ini:

Sisa 1 (satu) firasatnya Guru
Pada firasat ini memiliki arti bahwa pemilik rumah kelak akan disegani, dihormati, mendapatkan rezeki, rumahnya aman, tentram, kokoh, selamat serta mendapatkan keberkahan.

Sisa 2 (dua) firasatnya Ratu
Pada firasat ini memiliki makna bahwa pemilik rumah akan mendapatkan banyak keberuntungan baik itu keberuntungan materil atau imateril, seperti terhindar dari orang orang jahat.

Sisa 3 (tiga) firasatnya Rogoh
Pada firasat ini memiliki makna bahwa rumah yang ditempati kelak akan ditimpa musibah seperti kebobolan maling, maka dari itu hindari membangun rumah dimulai pada hari ini.

Sisa 4 (empat) firasatnya Sempoyong
Pada firasat ini memiliki makna bahwa pemilik rumah akan sering ditimpa penyakit dan nasib kurang baik pada pemiliknya serta akan di timpa kesusahan dalam mencari rezeki.

Cara Menghitung Hari Baik Mendirikan Rumah Menurut Primbon Jawa

Sebagai contoh FULAN ingin membangun pada tanggal 23 Agustus 2021, membangun artinya hari dimana kita mencangkul tanah dan meletakan batu pertama.

Setelah itu anda harus mengetahui hari pasaran pada tanggal 23 Agustus 2021, untuk mengetahui anda dapat melihat kalender jawa dirumah anda, atau praktis dengan aplikasi ini.

Setelah mendapatkan hari pasaran yaitu Senin Legi, anda harus mencari neptu masing masing hari.
    Hari Senin neptunya = 4.
    Hari Legi neptunya = 5
Semua ditotal maka jumlahnya adalah 9
Kemudian neptu tersebut dibagi dengan 4 dan diambil sisa pembagiannnya. Firasat = 9 / 4 = 2, sisa 1

Sisa 1 artinya firasat Guru, rumah dan pemiliknya akan disegani, dihormati, banyak rezeki, tentram, aman, kokoh, kuat, selamat dan mendapatkan keberkahan.

Cara Menghitung Arah Hadap Rumah

Misal rumah yang akan dibangun diatas namakan / akan ditempati oleh Jacky yang weton kelahirannya ialah Selasa Pon, maka hitung terlebih dahulu neptu hari dan neptu pasarannya. Lihat tabel di atas.

Selasa = 3 dan Pon = 7, jadi 3 + 7 = 10
Jumlah neptu 10, bila mendirikan rumah sebaiknya menghadap arah Barat. Lihat Daftarnya berikut ini :

Weton Kang Becik Kudu Madhep
7 Ngalor utawa Ngetan
8 Ngalor utawa Ngetan
9 Ngidul utawa Ngetan
10 Ngidul utawa Ngulon
11 Ngulon
12 Ngalor utawa Ngulon
13 Ngalor utawa Ngetan
14 Ngidul utawa Ngetan
15 Ngulon
16 Ngulon
17 Ngalor utawa Ngulon
18 Ngalor utawa Ngetan

Itulah sekelumit tulisan mengenai hari baik untuk membuat dan memindah rumah serta arah baik hadap rumah, dalam buku Betaljemur Adammakna masih banyak solusi mengenai berbagai hal dalam kehidupan yang didasarkan oleh perhitungan orang jaman dahulu dan masih menjadi rujukan orang saat ini.

Utamanya orang jawa masih menjunjung luhur nilai-nilai budaya jawa , sehingga jika melakukan kegiatan apapun pasti akan merujuk pada perhitungan hari baik.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...