Selain Bitcoin Inilah Mata Uang Kripto Paling Populer di Dunia -->

Selain Bitcoin Inilah Mata Uang Kripto Paling Populer di Dunia

Tahukah Anda bahwa mata uang kripto paling populer bukan hanya Bitcoin?

Bicara soal mata uang kripto, kebanyakan orang khususnya di Indonesia sudah cukup familiar dengan bitcoin (BTC). Namun sebenarnya, ada banyak jenis mata uang kripto yang berkembang pesat di dunia.

Cryptocurrency atau mata uang Crypto saat ini telah menjadi salah satu instrumen investasi favorit. Bahkan, mata uang Crypto ini juga sedang berkembang pesat menjadi alternatif transaksi non-tunai seperti remitansi dan pengiriman uang lintas negara (Cross Border Transaction).

Cryptocurrency menggunakan teknologi Blockchain yang terdesentralisasi, transparan, dan global. Transaksi di atas jaringan blockchain ini diyakini bisa menjadi solusi dari berbagai masalah yang dihadapi sistem keuangan konvensional saat ini.

Saat ini, sudah terdapat 5000 lebih jenis mata uang Crypto yang terdaftar di Coinmarketcap, sebuah situs pemantau kapitalisasi pasar Crypto global.

Di Indonesia sendiri, regulasi Cryptocurrency telah diatur oleh Bappebti melalui Peraturan Bappebti No. 5 tahun 2019. Regulasi ini membuat industri Cryptocurrency memiliki payung hukum yang jelas dan kian berkembang di Indonesia.

Apabila Anda ingin menekuni dunia trading kripto, maka perlu mengetahui cryptocurrency mana yang mendapatkan tanggapan baik dan memiliki prospek cerah. Sebagai gambaran awal, berikut ini mata uang kripto paling populer selain Bitcoin:

1. Ethereum (ETH)

Peluncuran Ethereum pada tahun 2014 memicu era Initial Coin Offering (ICO) yang kontroversial. Namun, Ethereum itu sendiri sebenarnya bukan dirilis sebagai mata uang kripto.

Dibandingkan dengan Bitcoin yang berfungsi sebagai mata uang digital, Ethereum diciptakan sebagai platform terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contract dan Distributed Applications (DApps) untuk dibangun dan dijalankan tanpa kendali terpusat, anti penipuan, bebas downtime, dan bebas campur tangan pihak ketiga. Dengan kata lain, pengembangan awalnya ditujukan untuk sesuatu yang mirip dengan jaringan super komputer berskala global yang memungkinkan siapa saja untuk membuat aplikasi tanpa perantara pihak ketiga seperti Apple.

Ethereum sempat mengalami serangan parah pada tahun 2016, sehingga dipecah menjadi Ethereum (ETH) dan Ethereum Classic (ETC). Meski demikian, Ethereum tetap memegang posisi puncak dalam jajaran mata uang kripto paling populer, dengan kapitalisasi pasar sebesar $14.623 Miliar dan harga $139.27 per token. Ether yang bergerak bebas dalam platform Ethereum banyak dicari oleh pengembang untuk membangun dan menjalankan aplikasi dalam platform Ethereum, ataupun oleh investor yang sedang mencari wahana investasi baru.

2. EOS

EOS termasuk pendatang terbaru dalam daftar mata uang kripto paling populer ini, karena baru diluncurkan pada bulan Juni 2018. EOS dirancang berdasarkan model Ethereum, sehingga sama-sama menawarkan platform tempat para developer bisa mengembangkan aplikasi terdesentralisasi.

ICO EOS termasuk salah satu peluncuran mata uang kripto paling lama dan paling menguntungkan dalam sejarah, setelah berhasil mengeruk rekor dana sebesar $4 Miliar selama setahun. Saat ini, kapitalisasinya bernilai total $3.261 Miliar dengan harga $3.60 per token

3. Ripple (XRP)

Ripple (XRP) merupakan Cryptocurrency yang cukup populer di Indonesia, setelah Bitcoin dan Etherem. Nilai kapitalisasi Ripple saat ini sekitar $ 8,500,820,090.

Ripple merupakan sebuah protokol open source yang dirancang untuk menciptakan proses transaksi yang lebih cepat dan murah. Ripple juga memiliki mata uang bernama XRP, yang berfungsi sebagai exchanger untuk mata uang fiat, komodiats, dan cryptocurrency.

Tujuan diciptakannya Ripple adalah sebagai alat pembayaran global berbasis internet protokol. Dengan begitu, Ripple dapat digolongkan sebagai platform (teknologi) dan mata uang (currency).

6. Tether (USDT)

Tether adalah mata uang kripto yang nilainya dirancang agar mencerminkan nilai Dolar AS, sehingga diharapkan bisa menjadi mata uang kripto bernilai stabil layaknya sebuah "Dolar Digital". Situs resmi Tether menjanjikan bahwa setiap Tether didukung 100 persen oleh simpanan Dolar AS dengan rasio 1:1.

Namun, realitanya, nilai Tether terhadap Dolar AS tetap berfluktuasi karena berbagai faktor. Saat ini, Tether memiliki kapitalisasi pasar sebesar $2.045 Miliar dengan harga $1.01 per token.

7. Stellar (XLM)

Stellar dirilis oleh co-founder Ripple, Jed McCaleb, pada tahun 2014. Rancangannya mirip dengan Ripple, yakni sebagai jaringan transaksi pembayaran lintas batas yang cepat dan efisien. Pertumbuhannya terbilang amat cepat hingga kini mencapai kapitalisasi total $1.628 Miliar dengan harga $0.08 per token.

8. Monero (XMR)

Monero diluncurkan sebagai mata uang yang aman, privat, dan tak dapat dilacak pada bulan April 2014. Teknik khasnya yang bernama "ring signature" membentuk mekanisme keamanan sangat ketat dan tak dapat dibobol oleh pihak berwenang sekalipun. Sayangnya, hal itu mengakibatkan Monero menjadi mata uang pilihan dalam berbagai tindak kriminal di seluruh dunia.

Mata uang terdesentralisasi berbasis open-source ini sempat masuk dalam jajaran sepuluh mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, tetapi sekarang posisinya merosot ke peringkat ke-13 dengan nilai total $832 Juta. Harganya setara $9.52 per token.

9. Cardano (ADA)

Cardano dirilis oleh salah satu co-founder Ethereum, yaitu Charles Hoskinson. Karenanya, Cardano mencakup platform untuk DApps dan Smart Contracts yang mirip dengan Ethereum, di samping berbagai fitur lain. Bedanya, ADA diciptakan untuk memecahkan beberapa masalah paling krusial bagi mata uang kripto serta sistem pembayaran internasional.

Hasilnya, ADA sukses memangkas waktu pemrosesan pembayaran internasional dari beberapa hari hingga beberapa detik saja. Kini, Cardano termasuk salah satu mata uang kripto paling populer dengan kapitalisasi $1.118 Miliar dan harga $0.04 per token.

10. NEO

NEO dirintis oleh Da Hongfei pada tahun 2014, dan sebelumnya sempat dinamai AntShares. Hingga saat ini, NEO merupakan mata uang kripto terbesar yang muncul dari China, karena berhasil membangun hubungan baik dengan pemerintah setempat meski China menerapkan larangan atas penggunaan Bitcoin.

Platform-nya menyerupai Ethereum, sehingga dijuluki pula "Ethereum-nya China". Saat ini, kapitalisasinya mencapai $594 Juta dengan harga $9.15 per token.

11. Litecoin

Litecoin yang diluncurkan pada 2011, adalah salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak bitcoin dan sering disebut sebagai “peraknya” emas Bitcoin". Koin ini dibuat oleh Charlie Lee, lulusan MIT dan mantan insinyur Google.

Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global sumber terbuka yang tidak dikendalikan oleh otoritas pusat mana pun dan menggunakan “scrypt” sebagai bukti kerja. Scrypt ini dapat diterjemahkan dengan bantuan CPU kelas konsumen.

Meskipun litecoin mirip dengan bitcoin dalam banyak hal, litecoin memiliki tingkat pembuatan blok yang lebih cepat dan karenanya menawarkan waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat. Selain pengembang, ada semakin banyak pedagang (traders) yang menerima litecoin

Pada Januari 2021, litecoin memiliki kapitalisasi pasar 10,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dan nilai per token sebesar 153,88 dolar, menjadikannya cryptocurrency terbesar keenam di dunia

12. Polkadot

Polkadot adalah cryptocurrency bukti kepemilikan unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas antara blockchain lainnya. Protokolnya dirancang untuk menghubungkan blockchain yang diizinkan dan tanpa izin serta oracle (jaringan link) untuk memungkinkan sistem bekerja bersama di bawah satu atap.

Komponen inti polkadot adalah rantai relai yang memungkinkan interoperabilitas berbagai jaringan. Ini juga memungkinkan terjadinya “parachain” (blockchain paralel) dengan token asli mereka sendiri untuk kasus penggunaan tertentu.

Perbedaan sistem ini dengan ethereum adalah bawa polkadot memungkinkan pengembang membuat blockchain mereka sendiri sambil juga menggunakan keamanan yang sudah dimiliki oleh rantai polkadot.

Polkadot dibuat oleh Gavin Wood, anggota lain dari pendiri inti proyek ethereum yang memiliki pendapat berbeda tentang masa depan proyek. Pada Januari 2021, polkadot memiliki kapitalisasi pasar 11,2 miliar dolar AS dan satu DOT (koinnya) diperdagangkan seharga 12,54 dolar AS.

Itulah cryptocurrency atau Mata Uang Kripto selain Bitcoin.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...