Kamus Istilah Crypto Terlengkap Dan Terupdate. Yuk Simak Biar Paham! -->

Kamus Istilah Crypto Terlengkap Dan Terupdate. Yuk Simak Biar Paham!

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau digandakan. Banyak cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain (buku besar terdistribusi yang diberlakukan oleh jaringan komputer yang berbeda).

Ciri khas dari cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah. Crypto sendiri "mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri ini, seperti enkripsi kurva elips, public-private key pairs, dan fungsi hashing.

Bagi kamu yang pemula, mungkin masih bingung ketika masuk ke platform trading. Apalagi ketika masuk chat room-nya, banyak istilah-istilah unik yang pasti membingungkan bagi kamu investor pemula.

Trading atau aset digital cryptocurrency sebenarnya sudah lama beredar diseluruh dunia. Salah satu aset krypto yang sering diperdagangkan adalah Bitcoin, Rappler, Doge, dan masih banyak lainnya.

Sejak Desember aset cryptocurrency kembali booming setelah Elon Musk mempom-pom aset Doge di Twitternya. Elon Musk juga mempom-pom aset Bitcoin hingga harganya meroket, yang tadinya Rp540 juta menjadi Rp650 juta/ Bitcoin.

Kamu penasaran atau bahkan ingin mulai investasi uang kripto? Berikut istilah-istilah perlu Kamu ketahui sebelum berinvestasi dalam dunia trading cryptocurrency.

There are currently 531 Dictionary in this directory

A

Aave
Sebuah decentralized exchange (DEX) berbasis blockchain Ethereum yang memungkinkan penggunanya mendepositkan aset kripto untuk mendapatkan bunga dan meminjam aset kripto untuk investasi atau kebutuhan finansial lainnya.

Abstract
Sesuatu yang muncul dalam pikiran sebagai ide.

Account
Data diri seseorang sebagai pemilik sebuah produk investasi atau aset yang bertujuan untuk melacak aktivitas keuangan suatu aset.

Accumulation/Distribution Indicator
Indikator kumulatif menggunakan volume dan harga untuk menilai apakah suatu saham atau aset lainnya sedang diakumulasikan atau didistribusikan.

Adam Back
Seorang kriptografer dan cypherpunk Inggris yang menemukan hashcash yang digunakan dalam peroses penambangan Bitcoin.

Address
Kode unik yang terdiri dari 26 hingga 35 karakter campuran angka dan huruf yang digunakan untuk mengirim, menyimpan, dan menerima mata uang kripto.

Adoption Curve
Kurva yang menunjukkan klasifikasi masuknya pengguna ke dalam berbagai kategori berdasarkan kesediaan mereka untuk menerima teknologi atau ide baru.

Air Gap
Ukuran keamanan dimana komputer, sistem komputer, atau jaringan tidak terhubung dengan cara apapun ke perangkat atau jaringan lain.

Airdrop
Salah satu aktivitas marketing dengan memberikan aset kripto secara cuma-cuma kepada seseorang atau sebuah komunitas. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para trader terhadap sebuah aset kripto yang baru meluncur.

Airnode
Node oracle dan gateway yang disediakan blockchain API3 yang siap digunakan oleh penyedia API dengan menempatkan umpan data secara on-chain.

Algo-Trading (Algorithmic Trading)
Proses unutk mengeksekusi order menggunakan instruksi trading otomatis dan terprogram untuk memperhitungkan variabel seperti harga, waktu, dan volume.

Algorithmic Market Operations (AMOs)
Sebuah modul yang berfungsi mengontrol pasokan secara otomatis tanpa membutuhkan tim terpusat. Hal ini mampu mengurangi kesalahan manusia atau manipulasi.

Algorithmic Stablecoin
Segmen baru cryptocurrency yang dirancang untuk mencapai stabilitas harga dan menyeimbangkan pasokan aset yang beredar dengan dipatok ke aset cadangan seperti dolar AS, emas, atau mata uang asing lainnya.

Allocation
Penjatahan ekuitas atau token yang bisa dibeli atau dicadangkan untuk investor, institusi tertentu, atau entitas lainnya.

Alphanumeric
Gabungan huruf dan angka yang biasanya ditujukan untuk kata sandi atau key di cryptocurrency.

Altcoin
Sebutan untuk semua cryptocurrency selain Bitcoin.

AML (Anti-Money Laundering)
Hukum, regulasi, dan prosedur yang bertujuan untuk mencegah penjahat menyamarkan dana yang diperoleh secara ilegal sebagai pendapatan yang sah.

AMLD5
Kependekan dari Anti Money Laundering Directive 5, yaitu upaya yang dilakukan komisi Eropa untuk mengatasi kasus pencucian uang dengan memperkenalkan 5 reformasi mendasar yang berdampak besar pada Know Your Customer (KYC) dan layanan kripto.

Anarcho-Capitalism
Filosofi politik individualis yang menganjurkan penyediaan semua barang dan jasa, termasuk penegakan hukum dan pengadilan oleh pesaing di pasar bebas.

Angel Investor
Individu atau perusahaan dengan kekayaan yang tinggi memberikan suntikan dana atau dukungan kepada start up atau perusahaan rintisan.

Annual Percentage Rate (APR)
Tingkat bunga yang menghitung berapa persentase pokok yang akan dibayar setiap tahun dengan mempertimbangkan hal-hal seperti pembayaran bulanan.

Annual Percentage Yield (APY)
Tingkat pengembalian riil yang diperoleh dari investasi, dengan mempertimbangkan efek bunga majemuk.

Anti-Fragile
Sebuah istilah yang diciptakan oleh Nassim Nicholas Taleb, yang berarti sebuah sistem yang dapat meningkatkan kemampuan untuk berkembang lebih baik dari akibat, stres, ancaman, serangan, kerusakan, atau kegagalan.

Anti-Malware
Software yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai jenis serangan malware.

Antivirus
Software yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan dan keamanan data dan sistem komputer.

Apeing
Kondisi ketika seorang trader kripto membeli token segera setelah sebuah proyek token diluncurkan tanpa melakukan riset menyeluruh.

API
Singkatan dari Application Programming Interface, yaitu interface yang dapat menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. API menentukan bagaimana komponen perangkat lunak harus berinteraksi, seperti data atau tindakan apa yang harus dilakukan.

Arbitrase
Sebuah strategi untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga sebuah kripto di antara pasar yang berbeda.

Aroon Indicator
Indikator teknis yang digunakan untuk mengidentifikasi tren perubahan harga aset, serta kekuatan tren tersebut.

Ashdraked
Keadaan ketika seorang trader kehilangan semua uangnya.

ASIC
Singkatan dari Application Specific Integrated Circuit, yaitu perangkat keras yang digunakan untuk menambang (mining) kripto.

ASIC-Resistant
Algoritma yang digunakan oleh sebuah ekosistem kripto untuk menonaktifkan penambang yang menggunakan ASIC untuk menambang koin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat desentralisasi blockchain mereka agar penambangan terjangkau bagi semua orang.

Ask Price
Harga jual, yaitu harga minimum yang ditawarkan trader saat menjual asetnya.

Asset-Backed Tokens
Aset digital yang terus berkembang yang membuka pintu untuk investasi digital ledger yang taat regulasi.

Assets Under Management (AUM)
Total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau entitas atas nama klien.

Astroturfing
Sebuah strategi marketing yang dilakukan sebuah perusahaan atau brand untuk memberikan kesan dukungan dari berbagai kalangan yang tersebar luas seperti pemerintahan, kebijakan, dan lain-lain.

Asynchronous
Protokol pengaturan waktu kontrol komputer di mana operasi tertentu dimulai setelah menerima sinyal bahwa operasi sebelumnya telah selesai.

ATH (All Time High)
Harga tertinggi yang pernah dicapai sebuah koin.

ATL (All Time Low)
Harga terendah yang pernah dicapai  sebuah koin.

Atomic Swap
Exchange dengan teknologi smart contract yang dapat memudahkan pertukaran satu aset kripto dengan aset kripto lainnya tanpa menggunakan perantara pusat seperti exchange kripto.

AtomicDEX
Wallet cryptocurrency dan decentralized exchange (DEX) yang digabungkan menjadi sebuah aplikasi  yang tersedia untuk desktop, mobile, dan web.

Attestation Ledger
Ledger yang digunakan untuk membuktikan bahwa transaksi keuangan telah terjadi atau untuk membuktikan keaslian transaksi atau produk.

Auction (Lelang)
Penjualan publik melalui proses penawaran dan aset akan diberikan kepada penawar tertinggi.

Audit
Proses ketika penambang memeriksa kode atau algoritma dasar yang menyusun sistem dan aplikasi.

Augmented Reality (AR)
Pengalaman mendalam yang meningkatkan nilai dan penggunaan item dunia nyata menggunakan informasi intuitif yang dihasilkan komputer yang dikirim melalui berbagai modalitas sensorik seperti suara, sentuhan, penciuman, atau penglihatan.

Authentication
Proses mengonfirmasi identitas pengguna menggunakan kata sandi, kode SMS, sidik jari, atau bentuk bukti kepimilikan lainnya sebelum memberikan akses ke informasi pribadi dan sensitif.

Automated Market Maker (AMM)
Sistem yang menyediakan likuditas ke bursa yang dioperasikannya melalui perdagangan otomatis.

Average Directional Index (ADX)
Indikator teknis yang mengukur seberapa kuat tren pasar dengan menggunakan price moving averages dan diwakili oleh angka berkisar antara 1 dan 100, nilai yang lebih besar menunjukkan tren yang lebih kuat.

B

Bag
Slang kripto yang berarti sejumlah besar kripto tertentu atau konten portofolio kripto individu.

Bagholder
Sebutan untuk orang-orang yang kehilangan aset atau menjual aset di bawah target meskipun tidak merugi saat proses pump atau dump.

Bakers
Proses yang digunakan Tezos untuk menambahkan blok transaksi baru ke blockchainnya.

Baking
Proses yang digunakan Tezos untuk menambahkan blok transaksi baru ke dalam blockchainnya.

Bandwidth
Kuantitas kapasitas data yang tersedia untuk aktivitas transaksional pada sebuah jaringan.

Bank for International Settlements (BIS)
Lembaga keuangan intrernasional yang mempromosikan stabilitas moneter global.

Banking as a Service (BaaS)
Platform yang menyediakan opsi transparansi keuangan tingkat yang lebih tinggi dengan membiarkan bank membuka API mereka untuk pihak ketiga untuk mengembangkan layanan baru.

Banking Secrecy Act (BSA)
Peraturan yang diterapkan di Amerika Serikat pada tahun 1970 untuk mencegah penjahat menyembunyikan atau melakukan pencucian pendapatan ilegal mereka.

Basket
Kumpulan kripto yang dikelola sebagai aset tunggal.

Batch Auctions
Mekanisme perdagangan di mana order individu dikelompokkan bersama dan dieksekusi secara bersamaan.

Beacon Chain
Blockchain yang mengoordinasikan shard chains, mengelola staking, dan registri validator di konsensus PoS, seperti Ethereum 2.0.

Bear Trap
Trik yang dilakukan sekelompok trader dengan menjual kripto mereka pada saat yang sama untuk mendorong trader lain menjual aset mereka. Saat harga berhasil turun, mereka membeli kripto lagi dan menggambil keuntungan saat harga rebound.

Bearish
Kondisi ketika harga cryptocurrency melemah dan menunjukkan pergerakan negatif.

Bearwhale
Orang yang memiliki jumlah kripto yang sangat banyak dan menggunakan akun mereka untuk menurunkan harga dan mengambil keuntungan dari aktivitas itu.

Benchmark
Metode yang digunakan untuk membandingkan kinerja aset atau portofolio investasi dengan aset sejenis untuk melihat kesenjangan atau meningkatkan indikator kinerja.

Benchmark Index
Keamanan indeks populer yang digunakan sebagai tolak ukur untuk melacak kemajuan pasar yang lebih luas.

BEP-2 (Binance Chain Tokenization Standard)
Standar teknis untuk token di Binance Chain.

BEP-20
Standar token BSC (Binance Smart Chain) yang dibuat untuk memperluas ERC-20.

BEP-721
Standar BSC yang memungkinkan pembuatan NFT. Dianggap sebagai kelanjutan ERC-721 yang menjadi salah satu standar NFT paling populer.

Beta (Release)
Tahap pra-release software di mana aksesnya ditawarkan ke sejumlah pengguna atau penguji software untuk mengujinya secara langsung.

Bid Price
Biaya yang bersedia dibayar oleh investor untuk aset, komoditas, atau sebuah layanan.

Bid-Ask Spread
Selisih antara harga tertinggi yang bersedia dibayar pembeli untuk suatu aset dengan harga terendah yang bersedia diterima penjual.

Big Tech
Empat atau lima perusahaan teknologi terbesar dan terpopuler seperti Facebook, Amazon, Apple, Google, atau Microsoft yang menikmati saham terbesar di industrinya masing-masing.

Binance
Cryptocurrency exchange terbesar di dunia.

Binance Labs
Proyek Binance untuk memelihara, berinvestasi, dan mengembangkan bisnis, inisiatif, dan komunitas blockchain dan kripto.

Binance Launchpad
Menawarkan platform crypto-startup untuk meningkatkan modal dan memasarkan proyek mereka ke jutaan investor kripto si ekosistem Binance.

Binary Code
Sistem dua simbol yang didasarkan pada angka “0” dan “1” untuk mewakili teks, perintah prosesor komputer, dan jenis data lainnya.

Bit
Unit dasar informasi komputasi.

Bitcoin
Salah satu jenis mata uang digital (cryptocurrency) dengan market cap terbesar

Bitcoin ATM (BTM)
Mesin ATM otomatis yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin.

Bitcoin Dominance (BTCD)
Metrik yang menentukan seberapa besar pangsa pasar crypto secara keseluruhan yang dimiliki Bitcoin.

Bitcoin Improvement Proposal (BIP)
Format standar untuk dokumen yang mengusulkan perubahan pada Bitcoin.

Bitcoin Pizza
Transaksi terkenal kerika seorang pria bernama Laszlo Hanyecz membayar 10.000 Bitcoin untuk dua pizza. Ini adalah transaksi bisnis pertama Bitcoin di dunia nyata.

Bitcoiner
Seseorang yang bullish pada Bitcoin.

Bitcointalk
Forum online terpopuler yang didedikasikan untuk Bitcoin, kripto, dan teknologi blockchain.

BitLicense
Lisensi bisnis yang mengizinkan aktivitas kripto yang diatur, dikeluarkan oleh New York State Department of Financial Services.

BitPay
Penyedia layanan pembayaran Bitcoin.

Bits
Unit yang umum digunakan dari satu Bitcoin.

Black Swan Event
Istilah untuk peristiwa tak terduga yang memiliki dampak signifikan.

Block
Berfungsi menyimpan basis dan historis semua transaksi cryptocurrency yang dilakukan hingga membentuk blockchain.

Block Explorer
Aplikasi yang membantu pengguna untuk melihat detail blok pada blockchain tertentu. Juga dikenal sebagai browser blockchain.

Block Header
Pengidentifikasi unik untuk blok pada blockchain yang di-hash secara terus menerus untuk menyediakan proof-of-work untuk insentif penambangan.

Block Height
Jumlah blok yang terhubung di blockchain.

Block Producer
Orang atau kelompok yang hardware-nya dipilih untuk memverifikasi transaksi blok dan memulai blok berikutnya di sebagian besar blockchain PoS.

Block Reward
Hadiah yang diberikan kepada penambang yang berhasil menghitung hash (verifikasi) dalam sebuah blok transaksi.

Block Size
Jumlah data tentang transaksi yang dapat dibawa oleh satu block dalam chain.

Block Time
Perkiraan waktu yang dibutuhkan sistem berbasis blockchain untuk menghasilkan blok baru.

Block Trade
Pembelian atau penjualan sekuritas skala besar yang terjadi di luar pasar terbuka dengan menggunakan blockhouse sebagai perantara keuangan untuk membantu investor dengan manajemen risiko.

Blockchain
Sistem database (pangkalan data) terdesentralisasi yang dijalankan oleh jaringan peer-to-peer tersebar di seluruh dunia. Blockchain adalah sistem di balik cryptocurrency.

Blockchain 1.0
Generasi pertama dari teknologi blockchain yang berfokus pada kripto dan desentralisasi.

Blockchain 2.0
Kelanjutan dari blockchain 1.0, memperkenalkan konsep desentralisasi bisnis dan pasar melalui smart contract dan peningkatan keamanan dan transparansi.

Blockchain 3.0
Tahap pengembangan terakhir blockchain yang memprediksi adopsi global, institusionnal, dan perusahaan.

Blockchain Explorer
Mesin pencari yang berfungsi untuk menelusuri catatan blockchain.

Blockchain Trilemma
Kumpulan tiga fokus yang mengganggu blockchain. Yaitu desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas.

Blockchain-Enabled Smart Locks
Berfungsi memecahkan banyak masalah keamanan dan dapat dikunci atau dibuka kuncinya berdasarkan status variabel yang disematkan dalam smart contract.

Bollinger Band
Alat yang dikembangkan oleh Bollinger untuk membantu pengenalan pola sistemik harga.

Bonding Curve
Kurva matematis yang mendefinisikan hubungan antara harga dan penawaran aset tertentu.

Bots
Perangkat lunak otomatis yang dapat melakukan tugas seperti perdagangan kripto.

Bounty
Hadiah yang diterima pengguna untuk melakukan tugas yang diberikan oleh blockchain atau proyek tertentu.

Breaking
Sebutan untuk pelanggaran kompatibilitas aset kripto yang terlihat dalam hard fork kripto.

Brian Armstrong
Peneliti Coinbase, yaitu salah satu kripto exchange terbesar di Amerika Serikat.

Bridges
Alat transfer data atau token tanpa batas antara dua proyek blockchain yang berbeda.

Brute Force Attack (BFA)
Upaya untuk memecahkan kata sandi atau key melalui uji coba otomatis.

BTFD (Buy The F*cking Dip)
Ungkapan antusias saat seorang trader memberitahu trader lain untuk membeli sebuah cryptocurrency yang sedang merosot ke nilai yang rendah.

Bubble
Kondisi ketika suatu aset diperdagangkan pada harga yang melebihi nilai intrinsik aset tersebut.

Bug Bounty
Hadiah yang ditawarkan untuk identifikasi kerentanan dalam sebuah software.

Bug Exploit
Serangan yang memanfaatkan kerentanan sistem.

Bull Trap
Sinyal palsu ketika nilai ktipto, saham, atau aset lainnya menunjukkan pemulihan setelah tren turun, padahal nilai aset akan terus turun lebih dalam.

Bullish
Kondisi ketika harga cryptocurrency menguat dan menunjukkan pergerakan positif.

Burn/Burned
Kondisi ketika koin atau token kripto telah dengan sengaja dan permanen dihapus dari peredaran.

Buy Wall
Pesanan batas pembelian besar yang tidak proporsional yang ditempatkan pada pertukaran kripto.

Byzantine Fault Tolerance (BFT)
Properti sistem komputer yang memungkinkan untuk mencapai konsensus terlepas dari kegagalan beberapa komponennya.

Byzantine Generals’ Problem
Situasi ketika komunikasi yang membutuhkan konsensus pada satu strategi dari semua anggota dalam suatu kelompok atau pihak tidak dapat diverifikasi.

Byzantium Fork
Bertujuan untuk membuat smart contract Ethereum cocok untuk penggunaan di ruang komersial dan untuk meningkatkan kecepatan transaksi dengan peningkatan keamanan pada blockchain.

C

C++
Perpanjangan dari bahasa pemrograman C yang digunakan untuk pengembangan dan kemampuan lintas platform.

Call Options
Kontrak keuangan yang memberikan hak opsi kepada pembeli, tapi bukan kewajiban, untuk membeli saham atau aset lain pada harga tertentu.

Candlestick
Grafik yang menunjukkan perubahan harga dari waktu ke waktu.

Capital
Sejumlah uang yang akan digunakan investor untuk berinvestasi.

Capital Efficiencies
Rasio yang membandingkan pengeluaran perusahaan pada pendapatan mereka yang tumbuh dan berapa banyak yang mereka terima sebagai imbalan dalam bentuk keuntungan.

Capital Funds
Uang dalam bentuk hutang atau ekuitas awal untuk menjalankan perusahaan.

Capitulation
Menjual aset atau kripto dengan kerugian yang signifikan karena hilangnya harapan dan keyakinan bahwa harganya bisa rebound.

Casascius Coin
Unit fisik Bitcoin yang berbentuk koin kuningan, perak, atau berlapis emas.

Cash
Cash atau uang fiat adalah aset paling likuid, seperti uang koin atau uang kertas.

Cathie Wood
Investor saham ternama dan pendiri ARK Invest, sebuah perusahaan ssenilai $60 miliar yang berinvestasi untuk teknologi mutakhir, seperti kendaraan swakemudi dan genomik

CeDeFi
Keuangan terdesentralisasi yang terpusat, menggabungkan layanan keuangan terpusat konvensional dengan aplikasi terdesentralisasi (DApp). Juga menggabungkan kebijakan tradisional dengan produk dan infrastruktur keuangan modern.

Censorship
Tindakan mengubah atau melarang ucapan atau tulisan yang dianggap menyinggung satu pihak dan merugikan masyarakat umum.

Censorship Resistance
Gagasan bahwa tidak ada pihak yang dapat mencegah siapapun untuk berpartisipasi dalam platform atau jaringan tertentu.

Central Bank
Bank yang berwenang merumuskan dan transmisi kebijakan moneter serta membuat regulasi untuk bank-bank konvensional.

Central Bank Digital Currencies (CBDCs)
Mata uang digital atau virtual yang dikeluarkan oleh bank sentral yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah sesuai peraturan atau undang-undang pemerintah.

Central Ledger
Buku fisik atau file komputeryajng digunakan untuk mencatat transaksi secara terpusat.

Central Processing Unit (CPU)
Bagian perangkat keras komputer yang berfungsi menafsirkan dan melaksanakan program dan mengoordinasikan pekerjaan semua perangkat lainnya.

Centralized
Struktur di mana satu node atau sejumlah kecil node mengendalikan seluruh jaringan.

Centralized Exchange (CEX)
Salah satu jenis kripto exchange yang dioperasikan oleh perusahaan yang mengatur dan mengontrol segala transaksi dan regulasi.

Certificate of Deposit (CD)
Produk keuangan yang membantu pelanggan untuk mendapatkan premi suku bunga setelah melakukan deposit.

Chain Linking
Proses menghubungkan dua blockchain yang terpisah saat mentransfer dari blockchain A ke blockchain B.

Chain Reorganization
Proses dalam teknologi blockchain yang memungkinkan operator node mengganti blok dan mengadopsi yang baru untuk membuat chain data baru yang lebih panjang.

Chain Split
Istilah lain dari cryptocurrency forks, yaitu pemisahan satu koin asli menjadi beberapa proyek yang dikelola secara independen.

Change
Konsep mata uang kripto yang menggunakan model UTXO, yaitu jumlah koin yang dikirim kembali ke pengguna setelah mereka menggunakan output yang tidak terpakai untuk memulai transaksi.

Change Address
Tempat perubahan dari transaksi disimpan sementara sebelum dikembalikan ke wallet pengirim.

Changpeng Zhao (CZ)
Founder crypto exchange terpopuler, Binance.

Chargeback
Pengembalian uang kepada pembayar transaksi tertentu, biasanya transaksi menggunakan kartu debit atau kredit.

Chicago Mercantile Exchange (CME)
Salah satu bursa terbesar yang mengurus perdagangan berjangka dan opsi di Amerika Serikat.

Cipher
Sebutan untuk algoritma yang mengenkripsi dan mendeskripsi informasi.

Ciphertext
Hasil enkripsi yang telah dilakukan pada plaintext melalui penggunaan suatu algoritma.

Circulating Supply
Total koin yang tersebar di ruang publik yang dapat diperdagangkan, dianggap sebagai persediaan yang beredar.

CL (Cut Loss)
Tindakan yang dilakukan oleh trader dengan menjual cryptocurrency yang sedang bearish dan dianggap akan terus turun lebih dalam yang memungkinkan kerugian lebih dalam.

Client
Software yang dapat mengakses dan memproses transaksi blockchain di komputer lokal. Salah satu contohnya yaitu software wallet cryptocurrency.

Close
Harga penutupan. Istilah yang biasanya digunakan di dunia trading saham maupun kripto.

Cloud
Server cloud berlokasi di seluruh pusat data yang berbeda di seluruh dunia.

Cloud Mining
Penambangan kripto dengan menggunakan kekuatan pemrosesan jarak jauh yang disewa dari perusahaan.

Co-Signer
Individu atau entitas yang memiliki kontrol parsial dan akses atas wallet kripto.

Code
Bentuk tulisan pernyataan pemrograman untuk suatu program.

Coin
Mata uang kripto yang dapat beroperasi secara independen.

Coin Mixer
Berfungsi mencampur transaksi antara address kripto yang berbeda, sehingga tidak dapat dilacak dan tidak dapat diikuti kembali ke pengirim atau penerima awal aset.

Coinbase
Platform trading cryptocurrency asal Amerika yang diluncurkan pada tahun 2012.

Cold Storage
Penyimpanan offline cryptocurrency, seperti hardware non-custodial wallet, USB, komputer offline, atau paper wallet.

Cold Wallet
Wallet kripto yang berada di cold storage, bersifat offline tanpa membutuhkan koneksi internet.

Collateral
Collateral bisa disebut juga sebagai agunan. Aset apapun yang diterima pemberi pinjaman sebagai bentuk jaminan untuk memastikan bahwa peminjam akan membayar hutangnya.

Collateral Tokens
Token yang digunakan sebagai aset mitigasi risiko saat meminjam jenis token kripto lainnya.

Collateralization
Proses menggunakan satu aset sebagai asuransi untuk mengamankan pinjaman di aset yang berbeda.

Commingling
Metode manggabungkan semua dana investor yang berbeda menjadi satu investasi untuk memaksimalkan keuntungan.

Commodity Futures Trading Commission (CFTC)
Lembaga pengatur federal independen yang bertanggung jawab untuk mengatur pasar derivatif Amerika Serikat.

Composable Token
Token ERC-998, yaitu standar untuk token yang tidak dapat ditukarkan, menambahkan kemampuan untuk token yang tidak dapat ditukarkan untuk memiliki token lain yang juga tidak bisa ditukarkan (ERC-721) dan token yang dapat ditukarkan (ERC-20) lainnya.

Confirmation
Status mata uang kripto ketika berhasil atau terkonfirmasi dimasukkan ke dalam block di blockchain.

Consensus
Suatu kondisi ketika semua partisipan di sebuah jaringan blockchain menyetujui aturan dan transaksi di blockchain.

Consensus Mechanism
Teknologi yang mendasari fungsi utama semua teknologi blockchain, yang menjadikannya fitur operasi penting dari semua kripto.

ConsenSys
Perusahaan teknologi blockchain yang menawarkan developer tools di samping solusi perusahaan.

Consortium Blockchain
Blockchain yang dimiliki dan dioperasikan secara pribadi di mana konsorium membagikan informasi yang tidak tersedia untuk umum, dan mengandalkan properti blockchain yang tidak berubah dan transparan.

Contract
Dalam dunia keuangan konvensional, kontrak adaklah perjanjian yang mengikat dua pihak. Dalam cryptocurrency, smart contract adalah sebuah program yang berjalan di blockchain yang mengatur transaksi.

Contract Account
Akun yang memiliki saldo kripto dan kode terkait

Contract for Difference (CFD)
Sebuah kontrak yang menjabarkan kewajiban pembeli untuk membayar setiap perbedaan harga yang mungkin terjadi karena pergeseran nilai suatu aset.

Coordinator
Klien khusus yang memungkinkan node untuk memverifikasi validitas salinan ledger mereka terhadap transaksi tertentu.

Core Wallet
Wallet yang mampu menampung seluruh blockchain, bukan hanya sebuah blockchain.

Corporate Treasury
Entitas yang dibentuk untuk mengelola dan mengendalikan likuiditas, risiko, dana, cadangan modal, dan sumber daya perusahaan lainnya agar sejalan dengan strategi jangka pendek dan jangka panjang.

Correction
Turunnya harga aset seminimalnya 10% untuk menyesuaikan kenaikan yang berlebihan.

Craig Wright
Ilmuwan komputer Australia yang mengklaim dirinya sebagai penemu Bitcoin Satoshi Nakamoto.

Credit Rating
Ukuran yang memungkinkan bank dan lembaga pemberi pinjaman untuk memprediksi seberapa mampu peminjam membayar utang.

Credit Risk
Angka yang menunjukkan kemungkinan bahwa bank atau entitas pemberi pinjaman akan kehilangan uang karena peminjam tidak dapat membayar kembali pinjamannya.

Cross-Border Trading
Peluang berdagang secara global menggunakan mata uang lokal.

Cross-Chain Communication
Aktivitas yang memungkinkan protokol yang berbeda untuk memverifikasi data dan transaksi tanpa intervensi dari layanan pihak ketiga yang terpusat.

Crowdfunding
Penggalangan dana untuk mengumpulkan uang dari sejumlah besar orang melalui berbagai platform yang berbeda.

Crowdloan
Sebuah proyek untuk mengumpulkan dana melalui token DOT atau KSM untuk slot di jaringan Kusama atau Polkadot.

Crypto Debit Card
Jenis kartu debit yang memungkinkan pemegangnya membayar barang dan jasa menggunakan kripto.

Cryptoasset
Aset digital apapun yang menggunakan teknologi kriptografi untuk mempertahankan kegunaannya sebagai mata uang atau aplikasi terdesentralisasi.

Cryptocurrency
Mata uang digital sebagai alat pembayaran dan produk investasi berbasis blockchain yang bersifat terdesentralisasi.

Cryptocurrency Money Laundering
Metode yang digunakan penjahat untuk menyembunyikan dana dengan mengubah fiat ke kripto dan mengarahkannya melalui banyak jalur sebagai upaya mengelabui otoritas yang mungkin sedang melacak uang.

Cryptocurrency Pairs
Pertukaran menggunakan pasangan cryptocurrency untuk memfasilitasi perdagangan antara token yang berbeda.

Cryptographic Hash Function
Hash yang menghasilkan nilai hash ukuran tetap dari input transaksi ukuran variabel.

Cryptography
Studi untuk mengamankan informasi, mencegah pihak ketiga membaca informasi sensitif yang tidak mereka ketahui.

Cryptojacking
Menambang kripto dengan menggunakan komputer pihak lain tanpa izin dan persetujuan mereka.

Cryptology
Studi ilmiah tentang kriptografi dan kriptanalisis.

Currency
Alat tukar yang memiliki nilai.

Currency Crisis
Keadaan darurat keuangan di mana uang fiat suatu negara kehilangan nilainya dan investor menjadi sangat waspada untuk berinvestasi dengan aset negara tersebut.

Custodial
Bisnis yang memiliki dana pelanggan mereka selama menggunakan layanan mereka.

Custodian
Seseorang yang bertanggung jawab untuk menyimpan aset dengan aman untuk sebuah institusi atau individu dengan berbagai tujuan.

Custody
Kapasitas hukum lembaga keuangan untuk menjaga dan melestarikan aset keuangan bagi kliennya untuk menghindari pencurian, pembajakan, atau kehilangan aset.

Cypherpunk
Sebuah gerakan yang mempromosikan penggunaan kriptografi dan teknologi lain untuk kemajuan sosial dan politik.

D

DAO (Decentralized Autonomous Organization)
Organisasi otonom yang didirikan dan diatur oleh aturan yang ditentukan komputer dan smart contract berbasis blockchain.

DApp (Decentralized Application)
Aplikasi-aplikasi berbasis blockchain yang bersifat terdesentralisasi dan open source yang penggunaannya diinsentifkan dengan imbalan biaya atau token.

Dark Web
Sebagian web di internet yang tidak diindeks oleh mesin pencari, hanya dapat diakses dengan software, konfigurasi, atau otorisasi tertentu.

Darknodes
Jaringan komputer terdesentralisasi yang menggerakkan RenVM. Mereka menawarkan daya komputasi dan ruang penyimpanan kepada semua orang dengan kondisi tertentu.

Data Privacy
Area perlindungan dan keamanan data yang bertanggung jawab atas pengamanan data sensitif.

Data Scraping
Proses mengekstrak informasi dari situs web ke spreadsheet atau file lokal di komputer atau basis data.

Date of Launch
Sebuah istilah saat ICO, yaitu waktu pemasangan token untuk dijual.

Day Trading
Teknik trading aset kripto dalam waktu satu hari.

Dead Cat Bounce
Pemulihan sementara harga sebuah kripto setelah turun harga dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dead Coin
Cryptocurrency yang sudah tidak ada lagi.

Death Cross
Indikator perdagangan teknis bearish yang terjadi ketika rata-rata pergerakan 50 hari turun di bawah rata-rata pergerakan 200 hari yang mengindikasikan adanya aksi jual besar-besaran.

Decentralized
Sistem dengan node yang bekerjasama dalam mode terdistribusi untuk mencapai tujuan bersama.

Decentralized Autonomous Initial Coin Offerings (DAICO)
Metode pendanaan proyek yang terdesentralisasi yang memperkenalkan bentuk tata kelola dalam proses ICO yang memungkinkan pendukung untuk memilih pengembalian dana mereka jika kondisi tertentu terjadi.

Decentralized Currency
Metode transfer aset atau kepemilikan komoditas lain tanpa bank tanpa memerlukan pihka ketiga.

Decentralized Database
Solusi penyimpanan modern yang menggambungkan teknologi terdesentralisasi dengan komputasi mutakhir untuk menyimpan data dan file secara acak di beberapa node dengan tingkat keamanan yang tinggi dan ketersediaan yang tak tertandingi dan tahan terhadap sensor.

Decentralized Governance
Prosedur di mana manajemen platform memberikan kebebasan kepada jaringan blockchain dan DApps.

Decentralized Identifier (DID)
ID yang dapat dikeluarkan oleh platform otonom, independen, dan terdesentralisasi yang bertindak sebagai bukti kepemilikan identitas digital.

Decentralized Marketplace
Market berbasis teknologi blockchain yang menghubungkan trader dan investor untuk berdagang secara global satu sama lain tanpa peran pihak ketiga.

Decentralized Network
Kumpulan elemen yang saling terhubung tapi berbeda yang berinteraksi satu sama lain tanpa memerlukan sever terpusat.

Decentralized Payment Network
Sistem yang menghubungkan pengguna, pelanggan, dan vendor untuk dapat bertukar uang tanpa harus menggunakan pihak ketiga untuk menjaga keamanan dan operasional jaringan.

Decentralized Social Media
Platform media sosial yang berbasis blockchain.

Decentralized Stablecoin
Stablecoin yang terdesentralisasi, non-custodial, dan tanpa kontrol pihak ketiga.

Decryption
Proses mengubah data terenkripsi menjadi format awal yang dapat dibaca pengguna atau mesin.

Deep Web
Bagian internet yang tersembunyi dari mesin pencari biasa.

DeFi
Layanan keuangan berbasis blockchain yang membantu penggunanya melakukan transaksi dengan bantuan smart contract sebagai pengganti orang ketiga.

DeFi Aggregator
Befrungsi menyatukan perdagangan di berbagai platform DeFi ke dalam suatu tempat.

DeFi Degens
Sebuah subkuktur terkait dengan sisi buruk keuangan terdesentralisasi yang dikenal dengan skema pump and dump.

Deflasi
Penurunan harga barang dan jasa dalam suatu perekonomian.

Delegated Proof-of-Stake (dPOS)
Alternatif untuk algoritma konsensus Proof-of-Stake (PoS) dan Proof-of-Work (PoW).

Delisting
Aktivitas penghapusan saham, aset, atau kripto dari bursa perdagangan .

Denial-of-Service (Dos) Attack
Aktivitas yang bertujuan untuk sementara membuat komputer atau layanan jaringan tidak tersedia untuk pengguna yang dituju.

Depth Chart
Grafik yang merangkum permintaan untuk beli (bid) dan permintaan untuk jual (asks) pada grafik berdasarkan limit order.

Derivatif
Instrumen keuangan yang nilainya diturunkan dari nilai aset dasar.

Derivatives Market
Public market untuk derivatif, seperti kontrak berjangka yang diturunkan dari bentuk aset mata uang kripto lainnya.

Deterministic Wallet
Jenis wallet kripto dengan key dan address yang dibuat dari satu seed.

Dex Aggregator
Layanan berbasis blockchain yang relatif baru yang bertujuan untuk memudahkan trader kripto mendapatkan keuntungan dari berbagai macam alat keuangan dalam satu interface, seringkali memberikan likuiditas dan harga yang lebih baik pada kripto pairs yang berbeda.

Diamond Hands
Istilah populer di media sosial yang berarti orang-orang yang tetap hold koin mereka meskipun jika portofolio mereka nilainya turun lebih dari 20%.

Digital Art
Seni dan media yang dibuat dengan menggunakan teknologi digital.

Digital Asset
Representasi digital dari sesuatu yang bernilai.

Digital Asset Custodian
Custodian yang bertanggung jawab untuk menjaga aset digital atas nama investor atau klien.

Digital Asset Ecosystem
Istilah yang mendefinisikan segala sesuatu yang terlibat dalam ruang kripto. Seperti NFT, DApps, DeFi, dan fitur-fitur lainnya.

Digital Barter Economy
Ekonomi barter modern yang memudahkan pedagang untuk memperdagangkan barang fisik maupun virtual di seluruh dunia.

Digital Commodity
Segala bentuk komoditas yang tersedia dalam bentuk digital.

Digital Currency
Mata uang yang hanya ada dalam bentuk digital, berbeda dengan uang fiat yang memiliki wujud fisik.

Digital Dollar
Uang dolar virtual yang mungkin akan diluncurkan oleh bank sentral AS (CBDC).

Dildo
Candle merah atau hijau, atau garis vertikal pada grafik yang menunjukkan data market kripto.

Dip
Kondisi ketika market mengalami penurunan sementara atau berkepanjangan.

Directed Acyclic Graph (DAG)
Salah satu metode menyusun data, sering digunakan untuk pemodelan data, dan diadopsi menjadi alat konsensus dalam cryptocurrency.

Distributed Consensus
Kesepakatan kolektif yang dicapai node-node di sebuah jaringan.

Distributed Ledgers
Buku besar yang disimpan dan ditahan di beberapa node jaringan blockchain yang dapat diakses dan diperiksa oleh banyak pihak.

Distributed Network
Jaringan di mana data dan aplikasi bergantung pada banyak sumber, bukan pada satu lokasi.

Diversifikasi
Strategi manajemen risiko yang menggabungkan berbagai macam investasi dalam satu portofolio.

Documentation
Bagian dari ekonomi token yang menyimpan semua detail aset di blockchain.

Dolphin
Seseorang dengan kepemilikan kripto yang mdoerat atau seimbang.

Dominance
Ukuran nilai Bitcoin dalam konteks pasar kripto yang lebih besar.

Dorian Nakamoto
Fisikawan Jepang-Amerika yang diyakini beberapa orang sebagai pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

DotSama
Slang di dunia kripto yang digunakan untuk menggambarkan ekosistem Kusama dan Polkadot dengan satu kata.

Double Spend Attack
Sebuah praktik di dunia kripto di mana pengguna memperoleh kemampuan untuk membelanjakan mata uang kripto yang sama lebih dari sekali.

Double Spending
Penggandaan atau pemalsuan transaksi kripto dalam blockchain.

Dual-Token Economu/Model (Two-Token Economy)
Proyek dengan dua token di dunia blockchain, salah satu token digunakan untuk utilitas di dalam jaringan dan yang lainnya sebagai keamanan untuk mengumpulkan dana untuk proyek kripto.

Dump
Penjualan aset digital atau kripto secara tiba-tiba.

Dumping
Aksi jual aset kripto oleh pelaku pasar secara kolektif dan besar-besaran dalam waktu yang sangat singkat.

Dust Transactions
Jumlah Bitcoin yang sangat kecil dalam wallet, dengan nilai yang akan melebihi biaya-biaya transaksi.

Dusting Attack
Aksi yang bertujuan untuk mengungkapkan identitas pemilik wallet, dan informasi yang dapat digunakan untuk penipuan phishing.

E

E-Signature
Signature elektronik atau digital berbentuk tanda, suara, simbol, yang digunakan sebagai pengganti tanda tangan fisik untuk sebuah kontrak atau dokumen.

E-sports
Kompetisi game digital, pemain bertarung satu sama lain dalam format individu atau tim dengan hadiah besar sejumlah uang yang akan diberikan kepada pemenang.

Economic Utility
Istilah dalam ekonomi yang berarti kepuasan total yang bisa didapatkan seseorang saat mengonsumsi barang atau jasa.

ELI5
Singkatan dari “Explain Like I’m 5 (five)”, yaitu sebuah ungkapan permohonan kepada seseorang untuk menjelaskan konsep kripto dengan lebih sederhana.

Elliot Waves
Alat penting bagi trader kripto dan saham.

EMA (Exponential Moving Average)
Indikator teknis yang melihat perubahan harga terkini dan titik data dari aset, saham, atau kripto sambil mengamati grafik.

Email Spoofing
Teknik yang digunakan untuk mengelabui pengguna agar berpikir bahwa pesan sebenarnya berasal dari orang yang berbeda.

Emission
Kecepatan koin baru diperoduksi dan dirilis.

Enkripsi
Mengubah teks biasa menjadi teks yang tidak dapat dipahami dengan menggunakan sandi.

Enterprise Ethereum Alliance (EEA)
Sekelompok organisasi dan perusahaan yang bekerja sama untuk lebih mengembangkan jaringan Ethereum.

Epoch
Keseluruhan rangkaian data pelatihan melalui algoritma.

Equity
Dana yang akan dikembalikan kepada pemegang saham perusahaan jika aset perusahaan dibubarkan dan semua hutang dilunasi jika terjadi likuidasi.

ERC-1155
Standar token yang dibuat oleh Enjin dan menawarkan keamanan lebih dibandingkan dengan standar token yang lebih lama. Dapat digunakan untuk membuat aset yang sepadan dan tidak dapat ditukarkan di jaringan Ethereum.

ERC-20
Standar yang harus dipatuhi setiap token Ethereum sehingga transaksi dapat diprediksi.

ERC-223
Standar token Ethereum yang didukung oleh smart contract yang memungkinkan pengguna mentransfer token dengan aman ke wallet.

ERC-721
Standar token Ethereum yang tidak dapat dipertukarkan.

Escrow
Instrumen keuangan di mana aset atau uang tunai dipegang oleh pihak ketiga saat pembeli dan penjual menyelesaikan kesepakatan.

ETF (Exchange Traded Fund)
Keamanan yang melacak sekumpulan aset seperti kripto, saham, atau obligasi yang bisa diperdagangkan layaknya saham.

Ether (ETH)
Sebutan mata uang digital platform Ethereum.

Ethereum
Platform cryptocurrency berbasis blockchain yang menggunakan sebuah program bernama smart contract sebagai pengganti pihak ketiga.

Ethereum Improvement Proposal (EIP)
Standar platform Ethereum seperti protokol inti, API klien, dan standar kontrak.

Ethereum Transaction
Instruksi yang ditandatangani  secara kriptografis untuk memulai transaksi guna memperbarui status jaringan Ethereum.

Ethreum Virtual Machine (EVM)
Mesin virtual yang memungkinkan eksekusi kode sesuai yang diinginkan. Node Ethereum berjalan pada EVM untuk mempertahankan konsensus di seluruh blockchain.

EVM (Ethereum Virtual Machine)
Mesin virtual yang digunakan oleh semua node di jaringan Ethereum selama konfirmasi blockchain.

Exchange
Platform pertukaran atau jual beli aset kripto.

Exit Scam
Trik penipuan dengan cara menghilangkan atau menutup proyek setelah mengumpulkan uang investor.

F

Falling Knife
Penurunan harga aset dan menunjukkan momentum penurunan pasar keuangan.

Fan Token
Mata uang kripto yang dikeluarkan oleh tim sport tertentu dan memungkinkan holder untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan mendapatkan hadiah.

FATF Travel Rule
Aturan yang mengharuskan penyedia layanan aset virtual untuk mengatur pembagian informasi untuk transaksi besar tertentu.

Faucet
Sebutan untuk situs web yang menawarkan cryptocurrency gratis yang biasanya sebuah tindakan scam.

Fiat
Uang yang telah diakui sebagai alat pembayaran yang sah oleh pemerintah, seperti dolar, rupiah, euro, dll.

Fiat On-Ramp
Cara untuk mendapatkan cryptocurrencydari fiat atau uang biasa.

Fiat-Pegged Cryptocurrency
Koin, token, atau aset yang diluncurkan blockchain yang terkait dengan mata uang yang dikeluarkan pemerintah atau bank.

Fibonacci Retracement
Sebuah metode yang menggunakan serangkaian angka kunci yang disebut rasio Fibonacci untuk  mengidentifikasi level support dan resistance dari aset, saham, atau kripto.

Financial Action Task Force (FATF)
Organisasi global yang menetapkan standar global untuk memerangi pencucian uang dan pendanaan teroris (AML/CFT).

Financial Crime Enforcement Network (FinCEN)
Sebuah biro regulasi federal dari Departemen Keuangan Amerika Serikat.

Financial Transactions and Report Analysis Centre (FINTRAC)
Badan intelijen keuangan negara Kanada.

First In, First Out
Metode inventaris yang digunakan untuk menentukan basis biaya saat menghitung pajak.

Fish
Investor atau trader yang memiliki cryptocurrency dalam jumlah kecil.

Flash Crash
Kondisi pasar ketika harga aset turun sangat cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Flash Loan
Jenis pinjaman DeFi yang dipinjam dan dibayar kembali secara berurutan tanpa memerlukan agunan. Ini salah satu fitur di platform Aave.

Flash Loan Attack
Kondisi ketika penjahat internet mengeksploitasi smart contract.

Flippening
Skenario hipotesis ketika kapitalisasi pasar Ethereum mengalahkan Bitcoin.

Flipping
Skenario hipotesis ketika kapitalisasi pasar Ethereum mengalahkan kapitalisasi pasar Bitcoin.

FOMO (Fear of Missing out)
Istilah bagi investor pemula yang takut ketinggalan mendapatkan keuntungan saat harga sedang naik.

Fork
Dua blockchain yang berjalan berdampingan yang dihasilkan oleh versi baru sebuah blockchain.

Fractional Stablecoins
Stablecoin yang didukung secara kolateral dan dimodifikasi secara algoritmik.

Fraud Proof
Metode teknologi yang berfungsi sebagai ikatan dalam lingkungan terdesentralisasi yang menggunakan Optimistic Rollups (ORs), yang merupakan sidechains yang bertujuan untuk mengurangi biaya dan latensi yang mungkin dihadapi DApps pada platform blockchain.

Front Running
Kondisi ketika seorang  trader menempatkan transaksi dalam antrian karena pengetahuan tentang transaksi di masa mendatang.

FUD (Fear, Uncertainty, Doubt)
Strategi investor untuk menurunkan harga sebuah aset kripto agar mereka bisa membelinya di harga murah.

Fudder
Seseorang atau sekelompok orang yang suka menyebarkan berita buruk seputar cryptocurrency.

Full Node
Node yang mengunduh seluruh histori di blockchain untuk mengamati, memeriksa transaksi dan aturannya.

Fundamental Analysis (FA)
Metode meneliti nilai dasar sebuah aset dengan melihat teknologi, manajemen, prospek pertumbuhan, dan indikator lainnya. FA merupakan strategi dari investasi nilai.

Funding Payments
Pembayaran berkala antar trader yang dirancang untuk mengurangi perbedaan antara harga pasar perpetual dan harga pasar spot.

Fungible
Kondisi ketika token atau koin dapat diganti dengan koin atau token lainnya.

Futures
Perjanjian hukum untuk membeli atau menjual komoditas atau aset tertentu pada harga yang telah ditentukan pada waktu tertentu di masa depan.

G

Gains
Peningkatan nilai atau keuntungan.

GameFi
GameFi juga dikenal dengan Play-to-Earn (P2E), yaitu game yang dirancang dengan aspek ekonomi dan keuangan dari blockchain dan cryptocurrency yang memungkinkan pemain  menghasilkan pendapatan dari game mereka.

Gas
Pengukuran daya komputasi di jaringan Ethereum yang berkaitan dengan biaya yang ditawarkan kepada penambang yang memproses transaksi.

Gas Limit
Limit harga tertinggi yang bersedia dibayarkan pengguna ketika melakukan transaksi di Ethereum.

Gas Price
Jumlah harga yang bersedia pengguna bayarkan saat bertransaksi di jaringan Ethereum.

Gavin Wood
Salah satu pendiri Parity Technologies dan salah satu pendiri Ethereum.

Gems
Sebutan untuk koin yang relatif tidak dikenal dan berkapitalisasi rendah namun memiliki potensi yang besar.

Genesis Block
Beberapa block pertama di sebuah blockchain.

Geotagged NFT
NFT yang diberi geotag menampilkan versi 3D dari seni jalanan di samping lokasi geografis yang sesuai yang membuat para pecinta seni bisa memiliki karya seni virtual dan fisik tanpa perlu menghapus infrastruktur sebenarnya yang awalnya dilukis.

Geth
Kependekan dari Go Ethereum, yaitu baris perintah yang memungkinkan developer menjalankan full node Ethereum, menambang kripto, dan menjalankan smart contract.

GitHub
Salah satu platform hosting kode paling populer yang membantu developer untuk berkolaborasi dalam beberapa proyek.

Gold-Backed Cryptocurrency
Koin atau token yang diterbitkan mewakili nilai emas, misalnya satu gram emas sama nilainya dengan satu koin.

Golden Cross
Indikator perdagangan teknis bullish yang muncul ketika rata-rata pergerakan 50 hari melintasi rata-rata pergerakan 200 hari, menandakan kenaikan harga aset, saham, kripto yang akan segera terjadi.

Google Authenticator
Sistem verifikasi berbasis perangkat lunak yang menghasilkan kode unik satu kali yang berbasis waktu di ponsel pengguna.

Governance
Di dunia cryptocurrency, governance adalah individu atau organisasi yang memiliki kekuatan pengambilan keputusan terkait sebuah proyek.

Governance Token
Token yang dapat digunakan untuk memberikan suara pada keputusan yang memengaruhi ekosistem.

Graphical Processing Unit (GPU)
Lebih dikenal sebagai graphics card, yaitu chip komputer yang membuat gambar 3D di komputer, namun ternyata sangat efisien untuk digunakan sebagai alat menambang cryptocurrency.

Group Mining
Beberapa penambang (miners) yang bergabung untuk membentuk jaringan komputasi bersama untuk menyelesaikan transaksi yang diperlukan dan memulai blok baru.

Gwei
Denominasi yang digunakan dalam menentukan biaya gas dalam transaksi yang menggunakan Ether.

H

Hacking
Aktivitas menggunakan komputer untuk memanipulasi komputer atau sistem komputer lain dengan cara yang terlarang.

Hal Finney
Seorang kriptografer dan programmer yang mempelopori pengembangan Bitcoin dan bekerja dengan Satoshi Nakamoto.

Halving
Pemotongan reward penambang Bitcoin menjadi setengahnya setelah produksi Bitcoin menjadi 210.000 yang membutuhkan waktu sekitar 4 tahun.

Hard Cap
Jumlah maksimum pengumpulan dana yang ditetapkan saat ICO, koin akan berhenti ditawarkan saat dana sudah terkumpul maksimal.

Hard Fork
Jenis perubahan protokol yang memvalidasi semua transaksi yang sebelumnya tidak valid, dan membatalkan transaksi yang sebelumnya valid.

Hardware Security Module
Jenis perangkat komputasi yang mengamankan kunci digital dan mengenkripsi data.

Hardware Wallet
Perangkat keras yang mirip USB yang berfungsi menyimpan crypptocurrency dalam bentuk terenskripsi. Cara ini dianggap yang paling aman.

Hash
Output yang dihasilkan saat penambang berhasil memecahkan sebuah block dengan menyelesaikan komputasi rumit menggunakan perangkat keras khusus.

Hash Function
Fungsi yang digunakan untuk memetakan data dengan ukuran arbitrer ke data dengan ukuran tetap.

Hash Power / Hash Rate
Sebuah unit pengukuran untuk jumlah daya komputasi yang dikonsumsi oleh jaringan untuk terus beroperasi.

Hidden Cap
Batas yang tidak diketahui untuk jumlah uang yang dipilih pencipta cryptocurrency untuk diterima dari investor saat ICO.

Hierarchical Deterministic Wallet (HD Wallet)
Wallet yang menggunakan protokol Hierarchical Deterministic (HD) untuk mendukung pembuatan wallet kripto dari satu master seed menggunakan 12 frasa mnemonik.

High Risk High Return
Aset yang berpeluang menghasilkan keuntungan besar juga memiliki risiko besar.

HODL
Singkatan dari Hold on for Dear Life, yaitu strategi para investor untuk menahan aset mereka saat bearish dan menjualnya saat bullish.

Honeyminer
Aplikasi penambangan cryptocurrency yang tersedia untuk diunduh di beberapa perangkat.

Hosted Wallet
Wallet yang dikelola oleh layanan pihak ketiga.

Hot Storage
Penyimpanan online dengan private key yang memungkinkan akses lebih cepat ke mata uang kripto.

Hot Wallet
Wallet yang membutuhkan koneksi internet yang berfungsi menyimpan aset kripto.

Howey Test
Tes yang digunakan untuk menentukan apakah suatu aset merupakan sekuritas atau bukan.

Hybrid PoW/PoS
Hybrid yang memungkinakan PoS dan PoW sebagai algoritma distribusi konsensus di jaringan. Pendekatan ini bertujuan untuk menyatukan keamanan konsensus PoW dan tata kelola dan efisiensi energi PoS.

Hyperledger (Hyperledger Foundation)
Proyek blockchain open source dan alat terkait blockchain yang dimulai oleh Linux Foundation pada tahun 2015 untuk mendukung pengembangan kolaboratif dari ledger terdistribusi berbasis blockchain.

I

ICO (Initial Coin Offering)
Pencipta cryptocurrency yang menawarkan sejumlah koin awal untuk mengumpulkan dana.

Immutable
Istilah yang mendefinisikan ketidakmampuan untuk diubah, terutama dari waktu ke waktu.

Impermanent Loss
Kerugian sementara akibat volatilitas dalam perdagangan.

In-the-Money / Out-of-the-Money
Mekanisme perdagangan opsional yang memungkinkan investor mendapat keuntungan dari alat tambahan untuk bekerja di pasar.

Infinite Approval
Smart contract yang telah divalidasi untuk memungkinkan platform membelanjakan koin Anda dalam jumlah berapapun.

Infinite Mint Attack
Suatu kondisi ketika sebuah entitas atau hacker mencetak jumlah token yang tidak masuk akal atau tak terbatas.

Infinity Bounty Offering (IBO
Proyek yang berfokus pada orang yang menyumbangkan keterampilan ke platform daripada uang.

Inflasi
Kenaikan harga secara umum dan rendahnya nilai uang

Initial Dex Offering
Alternatif dari Initial Coin Offering (ICO) yang berarti penawaran koin awal.

Initial Exchange Offering
Jenis crowdfunding di mana kripto start-up menghasilkan modal  dengan mendaftar melalui bursa atau exchange.

Initial Farm Offering (IFO)
Model penggalangan dana  yang membantu proyek DeFi baru untuk meningkatkan modal denga berpartisipasi dalam acara pra-penjualan yang diselenggarakan setelah pemeriksaan proyek yang ketat oleh decentralized exchange.

Initial Game Offering (IGO)
Tren baru di dunia kripto dengan konsep yang mirip ICO. Di IGO, platform menjadi tuan rumah proyek game didasarkan pada NFT atau token sebagai mata uang dan hadiah dalam game mereka.

Initial Public Offering (IPO)
Proses perusahaan menawarkan saham untuk dibeli publik di pasar saham untuk pertama kalinya.

Insider Trading
Kondisi ketika seseorang membeli atau menjual saham sambil memiliki informasi probadi material tentang saham itu.

Instamine
Sebagian besar dari total koin didistribusikan kepada investor segera setelah diluncurkan.

Instant Settlement Network Layer
Jaringan yang memungkinkan peserta untuk bertukar berbagai aset digital dalam skala besar kapan saja dan di mana sajaa dengan penyelesaian waktu nyata yang dilakukan dengan mulus antar peserta jaringan.

Institutional Investor
Organisasi atau entitas hukum yang melakukan trading di market atas nama kliennya yang mungkin merupakan investor ritel.

Insurance Fund
Dana yang digunakan untuk menutupi kerugian tak terduga dari perdagangan dengan laverage. Dana ini digunakan untuk mencegah trader dari kebangkrutan jika terjadi likuidasi.

Intercontinental Exchange (ICE)
Perusahaan Amerika yang didirikan pada tahun 2000 untuk membeli dan mengoperasikan bursa global dan lembaga kliring.

Interest Rates
Biaya tau pengembalian tergantung waktu yang dibuat secara proporsional dengan jumlah uang yang disimpan, dipinjam, atau dipinjamkan.

Intermediary / Middleman
Individu atau entitas yang bertindak sebagai perantara pihak yang berbeda untuk membuat kesepakatan atau melaksanakan arahan.

Internet of Things (IoT)
Jaringan perangkat, sensor, dan perangkat lunak yang saling terhubung secara global yang dapat mengumpulkan dan bertukar data satu sama lain secara real-time melalui internet.

Internet Service Provider (ISP)
Entitas komersial yang menyediakan pengguna akhir dengan akses ke internet.

Interoperability
Kemampuan untuk melihat dan berbagi informasi di beberapa blockchain.

InterPlanetary File System (IPFS)
Sistem terdistribusi peer-to-peer untuk menyimpan dan mengakses file, serta situs web dan aplikasi yang bergantung pada address konten daripada lokasi.

Intrinsic Value
Nilai suatu aset yang menggambarkan nilai aset sebenarnya berdasarkan perhitungan keuangan yang kompleks daripada harga saat ini.

Invest
Aktivitas memaukkan uang ke dalam skema keuangan dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

Investment Vehicles (Crypto-tied)
Aset yang dialokasikan investor dengan harapan dapat meningkatkan nilai portofolio mereka di masa depan.

IOU
Singkatan dari “I owe you”, yaitu dokumen yang menyatakan bahwa satu pihak berutang kepada pihak lain.

IP Adress
Address numerik unik yang ditetapkan untuk perangkat yang terhubung ke internet atua jaringan lokal.

ITO (Initial Token Offering)
ITO mirip dengan ICO, namun ITO lebih fokus menawarkan token dengan utilitas intrinsik dalam bentuk software atau penggunaan dalam ekosistem.

J

Java
Bahasa pemrograman berorientasi objek  yang paling populer.

JavaScript
Bahasa pemrograman yang kuat, dinamis, ringan, dan canggih yang digunakan dalam aplikasi berbasis web.

JOMO (Joy of Missing out)
Perasaan bahagia karena melakukan cut loss, yang jika tidak dilakukan akan memberikan kerugian lebih dalam lagi.

K

Keylogger
Alat mata-mata yang sering digunakan hacker untuk merekam tombol-tombol yang ditekan pengguna.

Kimchi Premium
Fenomena yang terjadi di bursa kritpo Korea Selatan yang membuat valuasi tampil lebih tinggi dibading bursa internasional lainnya.

Klinger Oscillator
Indikator teknis berbasis volume dengan harga untuk memperkirakan pembalikan harga di market.

Koreksi
Ilmu tentang proses enkripsi dan dekripsi informasi.

Kriptografi
Proses enkripsi dan deskripsi informasi.

KYC (Know Your Customers)
Kewajiban lembaga keuangan untuk mengetahui identitas nasabah atau pelanggannya.

L

Lambo
Singkatan dari Lamborghini, sebutan untuk orang yang menghasilkan keuntungan fantastis dan menjadi kaya dalam waktu cepat karena trading atau investasi cryptocurrency.

Laser Eye
Meme viral di Twitter yang digunakan para Bitcoiner untuk mendorong harga BTC ke level tertinggi sepanjang masa.

Layer 0
Kerangka kerja jaringan yang berjalan di bawah blockchain yang terdiri dari protokol, koneksi, perangkat keras, penambang, dan segala sesuatu  yang membentuk dasar ekosistem blockchain.

Layer 2
Nama yang diberikan untuk solusi penskalaan yang memungkinkan keluaran transaksi tinggi sambil sepenuhnya mewarisi keamanan blockchain yang mendasarinya.

Layer-1 Blockchain
Serangkaian solusi yang meningkatkan protokol dasar.

Ledger
Buku besar yang memuat berbagai catatan transaksi yang tidak bisa diubah, namun transaksi baru bisa ditambahkan.

Leverage
Penggunaan dana pinjaman untuk meningkatkan keuntungan dalam dunia investasi.

Leveraged Tokens
Token yang memberi posisi leverage dalam perdagangan, yang berarti bahwa penghasilan dan kerugian berlipat ganda.

Light Nodes
Wallet yang diunduh dan terhubung ke full node untuk lebih memvalidasi informasi yang disimpan di blockchain.

Lighting Network
Protokol layer 2 yang dirancang untuk memecahkan masalah skalabilitas Bitcoin dengan memungkinkan transaksi diproses lebih cepat.

Likuiditas
Acuan cryptocurrency yang ditentukan oleh seberapa mudahnya dapat diperjualbelikan tanpa mempengaruhi harga pasar secara keseluruhan.

Limit Order
Menetapkan batasan harga cryptocurrency saat dijual dan dibeli.

Liquidity Bootstrapping Pool (LBP)
Kontrak yang mengelola kumpulan token untuk digunakan di bursa.

Liquidity Pool
Aset kripto yang disimpan untuk memfasilitasi perdangangan di bursa terdesentralisasi.

Liquidity Provider
Pengguna pertukaran terdesentralisasi yang mendanai liquidity pool dengan token yang mereka miliki.

Liquidity Provider Tokens (LP Tokens)
Token yang dikeluarkan untuk liquidity provider di decentralized exchange (DEX) yang berjalan pada protokol Automated Market Maker (AMM).

Liveness
Jaminana bahwa sistem akan terus menyediakan data dan tidak ada otoritas pusat yang dapat menghentikan layanan.

Location Swap
Aktivitas yang memungkinkan perubahan klaim atas aset yang diwujudkan dalam bentuk token tanpa mempengaruhi atribut lainnya.

Long
Strategi investasi dengan membeli cryptocurrency pada harga yang dianggap murah dalam jumlah besar dan menahannya sampai harga naik untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Longing (Long Position)
Situasi ketika seorang investor membeli mata uang kripto atau instrumen keuangan lainnya untuk menjualnya nanti saat harga naik.

M

Margin Trading
Strategi berisiko tinggi yang digunakan trader untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan memanfaatkan leverage yang disediakan bursa.

Market Cap
Jumlah total koin yang tersedia dikalikan dengan harga pada waktu tertentu, biasanya dijadikan acuan sebuah aset dianggap baik.

Market Order
Kegiatan jual atau beli yang dilakukan pada saat transaksi dibuat, tanpa menunggu di harga tertentu.

Mempool
Kumpulan node dari semua transaksi yang belum dikonfirmasi

MetaMask
Digital wallet yang memungkinkan penggunanya untuk mengelola, mentransfer, dan menerima Ethereum.

Metaverse
Dunia virtual rancangan Facebook sebagai wujud penerapan teknologi VR AR.

Mineable
Cryptocurrency yang memiliki sistem di mana penambang bisa mendapatkan imbalan berupa kripto dengan berkontribusi untuk membuat blok baru dengan kekuatan hash

Mining
Proses memecahkan persoalan komputasi rumit untuk proses verifikasi di blockchain. Penambang yang berhasil akan mendapatkan block reward.

Mining Pool
Sebutan untuk beberapa penambang yang memecahkan persoalan komputasi bersama-sama untuk menyelesaikan transaksi yang diperlukan untuk memulai blok baru di blockchain.

Mooning
Istilah di saat harga menanjak naik dan melambung tinggi.

N

Negative Volume Index (NVI)
Indikator teknis yang menunjukkan bagaimana harga dipengaruhi oleh kerangka waktu volume rendah.

Network
Jaringan hasil penggabugan node-node yang membantu pengoperasian blockchain.

Newb
Pemula yang baru berkecimpung di industri tertentu.

NFT (Non-fungible Token)
Token berbasis Ethereum yang tidak bisa ditukarkan namun bisa diperjualbelikan. NFT berupa karya digital, musik, games, film, dan karya seni lainnya.

Nick Szabo
Penemu Bit Gold dan penggunaan smart contract.

Nifty Gateaway
Platform NFT yang dimiliki Winklevos.

No Coiner
Julukan untuk orang-orang yang tidak memiliki aset kripto atau yang tidak mengerti cryptocurrency.

Node
Komputer-komputer yang terhubung ke jaringan blockchain yang membentuk jaringan P2P (Peer-to-Peer).

Nominators
Salah satu dari dua orang yang terlibat dalam jaringan blockchain yang menggunakan algoritma konsensus nominated proof-of-stake (NPoS).

Nonce
Nomor acak yang dihasilkan di saat penambang melakukan hash pada suatu transaksi.

O

OCO (One Cancels The Other Order)
Pemesanan dua cryptocurrency dengan aturan jika satu diterima maka yang lain otomatis dibatalkan.

Off-Ledger Currency
Mata uang yang dibuat di luar ledger blockchain yang ditentukan, tetapi diterima dan digunakan.

Offline Storage
Menyimpan cryptocurrency di software atau sistem yang tidak terhubung ke internet

Online Storage
Menyimpan cryptocurrency di software atau sistem yang terhubung ke internet.

Open-source
Sistem terbuka yang bisa diakses oleh siapapun tanpa ada koordinasi dan aturan dari individu atau lembaga.

OpenSea
Platform Peer-to-Peer (P2P) terdesentralisasi untuk NFT.

Oracles
Program yang digunakan untuk menjangkau smart contracts yang terjebak di dalam jaringan.

Orphan
Blok valid di blockchain yang bukan bagian dari rantai utama.

Overbought
Kondisi ketika harga meningkat signifikan dalam jangka waktu yang lama akibat adanya pembelian dalam jumlah besar.

Oversold
Kondisi ketika harga menurun dalam jangka waktu lama akibat aksi jual dalam jumlah besar.

P

P&D (Pump and Dump)
Praktik licik untuk mendapatkan keuntungan dengan cara membeli banyak sebuah cryptocurrency dan mengajak orang lain untuk membeli juga untuk menaikkan harga kemudian menjualnya di harga tinggi.

P2P
Dua atau lebih komputer yang membentuk sebuah jaringan yang bisa beroperasi tanpa pihak ketiga sebagai perantara.

Parachain
Struktur data khusus aplikasi yang berjalan secara paralel dalam Polkadot.

Peg
Harga spesifik untuk nilai tukar antara dua aset.

Phising
Kegiatan yang dilakukan scammers dengan cara berpura-pura menjadi entitas atau orang terpercaya untuk mengelabui targetnya agar memberikan informasi sensitif seperti kata sandi atau hal-hal privasi lainnya. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengirim link malware yang disamarkan.

PoA (Proof of Authority)
Mekanisme konsensus blockchain yang jauh lebih cepat karena sekelompok node tertentu diberi hak untuk menyetujui.

PoS (Proof of Stake)
Sebuah mekanisme konsensus blockchain yang membuat para penambang dapat menambang atau memvalidasi transaksi kripto sesuai dengan jumlah koin yang dimiliki.

PoW (Proof of Work)
Sebuah mekanisme konsensus blockchain dengan memecahkan persoalan komputasi untuk memvalidasi transaksi dan membuat blok baru.

Private Key
Serangkaian huruf dan angka yang digunakan untuk mengakses wallet yang diamankan dengan public key. Private key berfungi sebagai tanda tangan digital yang digunakan saat menjual atau menarik mata uang kripto.

Public Key
Rangkaian angka dan huruf yang panjang sebagai kunci wallet untuk menerima cryptocurrency.

Q

QR Code
Pola grafis hitam putih sebagai kode berisi informasi yang hanya bisa dibaca mesin.

Quantum Computing
Komputer modern yang memanfaatkan fenomena dari mekanika kuantum untuk melakukan perhitungan yang lebih efisien.

Quorum
Sekelompok orang yang diwajibkan hadir pada setiap rapat agar proses rapat sah.

R

Raiden Network
Jaringan off-chain yang bertujuan membuat pembayaran yang lebih ringkas, rendah biaya, terukur pada blockchain Ethereum. Raiden Network mirip dengan Lightning Network yang diusulkan Bitcoin.

Ransomeware
Malware yang digunakan hacker untuk mencuri atau mengenkripsi file korbannya, kemudian meminta uang tebusan untuk memulihkan file.

Rebase
Token yang dirancang agar pasokan yang beredar secara otomatis menyesuaikan dengan fluktuasi harga.

Regulated
Suatu sistem yang dikendalikan oleh aturan-aturan tertentu yang dibuat regulator.

REKT
Singkatan dari “wrecked” yang dijadikan sebutan untuk kerugian yang sangat buruk dalam perdagangan.

Relay Chain
Rantai sentral yang digunakan oleh jaringan polkadot.

Ring Signature
Proses enkripsi anonimitas bagi pengguna dengan memberikan jaringan node kekuatan untuk menyetujui transaksi di blockchain tanpa mengidentifikasi node mana yang meminta transaksi sehingga tidak dapat dilacak.

Ripple
Salah satu jenis cryptocurrency.

ROI (Return on Investment)
Rasio laba bersih dengan biaya investasi.

RSI (Relative Strength Index)
Salah satu jenis analisis teknikal membaca pergerakan harga dan pasar dengan menentukan momentum pergerakan harga dari waktu ke waktu.

S

Satoshi (SATS)
Unit Bitcoin terkecil dengan nilai 0,000000001 BTC.

Scalping
Salah satu gaya trading dengan menjual aset secara cepat saat terjadi sedikit peningkatan harga.

Sell
Menjual koin.

Shard
Bagian jaringan blockchain yang telah dipecah menjadi beberapa pecahan yang memiliki datanya sendiri.

Shitcoin
Sebuah koin yang dianggap tidak memiliki masa depan yang cerah.

Sideway
Kondisi pergerakan harga datar karena bull dan bearish yang sama kuatnya.

Smart Contract
Program di blockchain berbasis Ethereum yang berfungsi sebagai pengganti peran notaris dalam sebuah transaksi jual beli, memeriksa dan membuat keputusan secara otomatis tanpa ada pengaruh dari pihak manapun.

Stablecoin
Cryptocurrency yang digunakan sebagai diversifikasi portofolio karena volatilitas yang rendah, seperti cryptocurrency yang menjadikan emas dan fiat sebagai acuan.

Staking Pool
Kumpulan penambang yang bergabung untuk membentuk jarigan yang lebih kuat untuk meningkatkan peluang mereka mendapatkan block reward.

Swing Trading
Salah satu teknik trading untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan harga jangka pendek hingga menengah selama periode hari atau minggu.

T

TA (Technical Analysis)
Menganalisis statistik aktivitas pasar, seperti harga dan volume untuk membantu membuat keputusan investasi.

Tangle
Alternatif blockchain yang dikembangkan oleh IOTA yang hanya dibangun dalam satu arah tunggal menggunakan grafik asiklik terarah yang tahan komputasi kuantum.

Taproot
Instansiasi soft fork untuk Bitcoin untuk meningkatkan privasi terkait transaksi yang lebih kompleks.

Test Net
Blockchain alternatif yang digunakan pengembang untuk menguji versi baru blockchain.

Ticker Symbol
Kombinasi unik huruf-huruf untuk mata uang kripto yang membuatnya bisa dibedakan di bursa dan aplikasi trading lainnya.

Timestamp
Suatu bentuk identifikasi ketika sebuah transaksi dienkripsi dan dianggap sebagai bukti bahwa data yang ada dalam transaksi benar-benar ada.

TLT (Think Long Term)
Istilah untuk keputusan investasi jangka panjang selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Token
Kode digital yang mendefinisikan setiap pecahan yang dapat dimiliki, dijual, atau dibeli.

Transaction Fees
Biaya yang dikenakan kepada penambang yang berhasil memvalidasi transaksi di blockchain.

U

Unbanked
Sebutan untuk orang yang tidak bisa mengakses layanan perbankan atau memilih untuk tidak mengaksesnya.

Unconfirmed
Sebuah transaksi yang masih diperiksa oleh blockchain untuk memastikan tidak ada transaksi lain yang tertunda yang melibatkan koin yang sama.

Unpremissioned Ledger
Buku besar (ledger) yang bisa diakses siapa saja tanpa ada pihak atau entitas yang mengendalikannya.

Unstoppable Domains
Sebuah perusahaan di San Francisco yang menyediakan nama domain berbasis blockchain kepada pengguna.

UTC Time
Waktu universal terkoordinasi.

Utilitiy Token
Token yang dirancang khusus untuk membantu penggunanya mengakses atau menggunakan sesuatu.

UTXO (Unspent Transaction Output)
Jumlah Cryptocurrency yang dianggap tidak terpakai dan merupakan data yang disimpan di blockchain.

V

Validator
Pengguna proof-of-stake (PoS) yang terlibat dalam memvalidasi blok untuk mendapatkan block reward.

VAMMS (Virtual Automated Market Makers)
Sistem virtual yang memungkinkan trader untuk membeli dan menjual derivatif sepenuhnya di blockchain.

Vanity Address
Perpaduan angka dan huruf khusus yang bisa dipilih pemilik kripto sebagai alamat publik.

Vaporware
Proyek kripto yang tidak dikembangkan secara sungguh-sungguh.

Venture Capital
Modal swasta yang digunakan untuk mendanai perusahaan kecil atau rintisan yang dianggap memiliki potensi bagus.

Verification Code
Metode security protection yang digunakan untuk menghindari bot internet mengirim spam atau menyalahgunakan layanan.

Virgin Bitcoin
Bitcoin yang tidak pernah dibelanjakan.

Vitalik Buterin
Seorang programmer Rusia-Kanada pendiri Ethereum

Vol / Volume
Jumlah transaksi cryptocurrency yang diperdagangkan pada waktu tertentu.

Volatility
Ukuran statistik yang digunakan untuk melihat fluktuasi harga sebuah aset kripto.

W

Wallet
Tempat pemilik cryptocurrency menyimpan, mengirim, dan menerima aset digital yang diamankan dengan public key dan private key.

Wash Trade
Manipulasi pasar yang dilakukan investor dengan cara membeli dan menjual cryptocurrency yang sama secara bersamaan.

Weak Hands
Sebutan untuk trader atau investor FOMO, memilih cut loss saat ada tanda penurunan harga.

Web3 Foundation
Web yang diciptakan untuk mendorong kemajuan teknologi dan aplikasi di web terdesentralisasi.

Wei
Denominasi terkecil Ether yaitu 1.000.000.000.000.000.000 Wei

Whale
Sebutan untuk investor atau trader kripto yang sangat kaya, memiliki jumlah kripto yang sangat besar, dan memiliki dana untuk memanipulasi market.

Whitelist
Pihak-pihak berkepentingan yang dapat mendaftarkan diri mereka untuk membeli atau membeli dalam kondisi pra-penjualan sebelum ICO.

Winding Down
Proses membuka kembali token ke bentuk aslinya di DeFi.

Winding Up
Membukus token kripto untuk menemukan hasil terbaik.

Withdraw
Menarik aset digital atau mengirimkan aset digital ke wallet eskternal, ke wallet pengguna lain, atau ke exchange lain.

Y

Yield Farming
Perolehan bunga (interest) hasil investasi kripto di pasar keuangan terdesentralisasi.

YTD
Singkatan dari Year to Date, transaksi atau volume yang terjadi selama satu tahun terakhir.

Z

Zero Confirmation / Unconfirmed Transaction
Transaksi yang belum diverifikasi  di blockchain.

Zero Confirmation Transaction
Sebutan lain untuk transaksi yang belum dikonfirmasi blockchain.

Zero Knowledge Proof
Membuktikan kebenaran sebuah informasi atau data tertentu tanpa mengungkapkannya.

Zero Knowledge Rollup
Solusi blockchain Layer 2 yang melakukan perhitungan dan penyimpanan di luar chain ketika dan disimpan dalam smart contract.

Zk – SNARKs
Bukti yang memungkinkan satu pihak untuk membuktikan bahwa ia memiliki informai atau data tertentu tanpa mengungkapkannya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan