Mengenal Satoshi Nakamoto Pencipta Bitcoin dan Penemu Blockchain, Siapa Identitas Aslinya? -->

Mengenal Satoshi Nakamoto Pencipta Bitcoin dan Penemu Blockchain, Siapa Identitas Aslinya?

Misteri terbesar di dunia teknologi saat ini bukanlah bagaimana Bitcoin bekerja, tetapi siapa pencipta Bitcoin.

Bitcoin sejak ditemukan pada 2008 berkembang menjadi sebuah fenomena yang mendunia. Hampir semua orang pasti setidaknya pasti pernah mendengar istilah tersebut. Bitcoin sendiri adalah suatu mata uang digital yang mempunyai jaringan pembayaran P2P (peer to peer) yang terdesentralisasi.

Sejarah Bitcoin

Lebih dari satu dekade lalu, Satoshi Nakamoto merilis sebuah white paper berjudul “Bitcoin : A Peer to Peer Electronic Cash System” yang berjumlah sembilan halaman. Paper akademis tersebut dianggap sebagai awal terciptanya cryptocurrency.

Transaksi pertama kali dengan Bitcoin dilakukan secara privasi, jadi tidak ada orang yang mengetahui kapan serta bagaimana hal tersebut terjadi. Mata uang digital ini mengandalkan sistem blockchain yang berhasil memecahkan double-spending problem.

Misteri terbesar di dunia teknologi saat ini bukanlah bagaimana Bitcoin bekerja, tetapi siapa pencipta Bitcoin.

Selama bertahun-tahun, banyak jurnalis dan blogger telah mencoba mengungkap siapa pencipta Bitcoin. Ada banyak kandidat, beberapa di antaranya bahkan mencalonkan diri. Namun, tidak ada yang memberikan bukti akurat tentang klaim mereka, jadi dunia masih mencari orang di balik misteri itu.

Namun, ada satu kandidat yang menonjol, dapat dikatakan dengan sangat yakin bahwa dia adalah pencipta Bitcoin. Ya ia, Satoshi Nakamoto. Namun, penemu Bitcoin tersebut masih menimbulkan misteri dan teka teki.

Selama ini, Satoshi Nakamoto dikenal sebagai pencipta BitCoin ($BTC) , atau orang yang mengenalkan mata uang tersebut. Tetapi, sampai saat ini, belum ada satu orang pun yang melihatnya, dan tidak ada yang tahu siapa dia sebenarnya. Lebih dari itu, Nakamoto kemudian menghilang, lenyap tanpa jejak.

Pasalnya Satoshi Nakamoto sendiri bukanlah nama orang atau nama dari algoritma AI, melainkan merupakan sebuah pseudonym atau nama samaran.

Satoshi Nakamoto adalah orang atau mungkin sekelompok orang yang mengembangkan Bitcoin sejak tahun 2008. Sampai saat ini, belum ada yang dapat mengungkapkan sosok di balik nama Satoshi Nakamoto.

Namun beberapa waktu lalu, misteri sedikit terpecahkan melalui penjelasan John McAfee, yaitu seorang pendiri perusahaan software Antivirus. McAfee menyebutkan bahwa ia mengetahui identitas penemu Bitcoin di balik nama Satoshi Nakamoto. Ia juga turut mengungkapkan bahwa keyakinan banyak orang mengenai Satoshi Nakamoto adalah seorang individu merupakan omong kosong.

Ditambahkannya pula bahwa di balik perancangan Bitcoin terdapat tim yang terdiri atas 11 orang. Mereka bekerja selama kurang lebih 5 tahun hingga akhirnya berhasil menciptakan Bitcoin. Untuk mengungkapkan lebih jelas identitas dari Satoshi Nakamoto, John McAfee memberikan bocoran yaitu dengan menganalisis linguistik white paper dari Bitcoin dan blockchain.

Karena format yang digunakan pada dokumen tersebut identik dengan dokumen dari Satoshi Nakamoto secara profesional, sehingga akan lebih mudah untuk mengidentifikasinya. Namun John McAfee sendiri tidak mau mengungkapkan secara langsung siapa identitas pencipta Bitcoin sebenarnya, ataupun orang di balik pseudonym Satoshi Nakamoto.

Identitas Satoshi Nakamoto Masih Misteri

Seluruh dunia dan para jurnalis handal hingga badan pemerintah sudah menyelidiki siapa sebenarnya sosok di balik bitcoin dan blockchain ini, penyelidikan di mulai dari white paper atau kertas putih bitcoin setelah di publikasi.

Beberapa orang yang di dug ikut team ini adalah Neal King, Vladimir Oksman, dan Charles Bry, mereka bertiga ini mengajukan domain bitcoin.org, tetapi yang bersangkutan membantah sebagai nakamoto team saat di hubungi oleh Jurnalis Adam Penenberg

Ada juga seseorang bernama Hal Finney sebagai ahli kripto dan mengajukan perbaikan pada system bitcoin setelah di luncurkan. doi di sebut orang yang paling sering berkomunikasi dengan Satoshi Nakamotor lewat email.

Selain itu ada juga sosok Nick Szabo yang juga dekat dengan Hal Finney dan merupakan penggemar dari system desentralisasi, doi juga sudah pernah menuliskan sebuah mata uang bernama bit gold. Tetapi sekali lagi tak ada bukti kuat jika dirinya Satoshi Nakamoto.

Dalam situs resmi mereka sangat jelas menyebutkan jika pendirinya satoshi Nakamoto yang menyebutkan bitcoin adalah sebuah sistem pee to peer electronic cash.

Keberadaan Satoshi Nakamoto memang masih manjadi misteri, ada beberapa orang yang mengaku sebagai dirinya tetapi hal tersebut tetap tak bisa menjawab kebenarannya.

Sistem yang di buat ini memang sangat baik dan populer, banyak orang percaya inilah masa depan uang dan akan melengserkan keperkasaan US$

Selain itu bukti keperkasaan bitcoin adalah nilainya terus meningkat di seluruh dunia, selain itu system penyerta yang mengiringinya yakni Blockchain juga semakin di gemari dan di gunakan di beberapa perusahaan.

Hingga tulisan ini aku buat bitcoin nilainya terus meningkat, untuk aku pribadi sih waspada pemilihan Investasi mekanisme seperti ini, karena bitcoin tak memiliki underlying, modalnya hanya kepercayaan.

Sampai saat ini, tetap saja nama itu masih misteri sebagaimana sosok Satoshi Nakamoto. Yang jelas, bagaimana pun, Nakamoto telah meninggalkan sesuatu bagi dunia, khususnya dunia maya, yaitu mata uang digital bernama BitCoin, yang saat ini memiliki pengaruh besar pada masyarakat internet.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...