Benarkah Melepas Bra Saat Tidur Bisa Memperbesar Ukuran Payudara? Yuk Cari Tahu Disini -->

Benarkah Melepas Bra Saat Tidur Bisa Memperbesar Ukuran Payudara? Yuk Cari Tahu Disini

Bra adalah pakaian dalam wanita yang kerap dipakai oleh kaum hawa ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah. Meskipun menggunakan bra punya manfaat seperti membuat payudara terlihat kencang, tidak memakainya pun ternyata juga ada keuntungannya loh.

Setelah seharian beraktivitas menggunakan bra, biasanya sebagian wanita melepasnya disaat malam dapat membuat pernapasan terasa lebih melegakan. Sehingga banyak wanita yang memilih nggak menggunakan bra saat tidur. Namun, banyak juga yang memilih menggunakan bra disaat tidur dengan alasan nggak nyaman. Selain alasan dapat melegakan pernapasan, tidak sedikit juga yang takut dengan adanya mitos kanker payudara.

Hal tersebut berawal dari sebuah buku yang berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang dipublikasikan pada 1995. Di dalam buku tersebut menyebutkan bahwa tidur menggunakan bra dapat menghentikan kerja kelenjar getah bening saat tidur. Sebenarnya belum ada penelitian lebih lanjut mengenai tidur menggunakan bra dapat menyebabkan kanker payudara. Namun, menurut American Cancer Society, saat tidur cairan tubuh bergerak naik dan masuk ke kelenjar getah bening yang berada di ketiak, bukan menuju ke kelenjar payudara.

Banyak mitos tentang payudara yang beredar luas di masyarakat. Jika dibahas semua, ane yakin bakalan panjang banget dan nggak habis-habis wkwk.

Salah satu yang Sista sering dengar tentang payudara adalah Melepas bra saat tidur bisa membuat ukuran payudara membesar. Ane yakin, kalimat ini udah sering banget Sista dengar. Bahkan, nggak jarang banyak perempuan-perempuan yang sampai googling demi mencari tahu kebenaran opini ini.

Lantas, benar nggak sih, kalau kita melepas payudara ukurannya bakal jadi lebih besar? Hemmm kita simak penjelasannya di bawah, yuk.

Benarkah Tidak Memakai Bra atau BH Saat Tidur Bisa Memperbesar Payudara?

Menurut pernyataan dr. Pany CL yang ane lansir dari sehatq.com. Bra digunakan untuk menahan payudara saat beraktivitas untuk menjaga bentuk payudara dan menahan payudara dari gaya gravitasi. Tidak menggunakan bra saat tidur bisa memperbesar payudara adalah mitos.

Seorang pakar bedah kosmetik, Arthur Perry, MD menjelaskan bahwa gaya gravitasi tetap akan bekerja selama 8 jam kita tidur. Sehingga, selama waktu itu juga payudara mengalami tarikan ke bawah yang mengakibatkannya kendur. Hal ini disebut juga dengan ptosis, yaitu berhubungan dengan gaya bravitasi, waktu, dan ukuran.

Kulit pada payudara akan meregang ke bawah karena gaya gravitasi. Belum lagi dengan bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh juga semakin menurun. Hal ini menyebabkan bagian payudara tidak dapat kencang seperti semula.

Nah, Sist, ternyata yang kita anggap benar selama ini cuma mitos, ya. Namun, jika kita melihat dari sudut pandang lain, ada banyak sekali manfaat yang akan Sista dapat dari melepas payudara saat tidur.

1. Mempercepat Sirkulasi Darah

Memakai bra dalam waktu yang lama, terlebih lagi jika bra yang digunakan sangat sesak, akan menekan payudara dan membuat aliran darah di area payudara menjadi tidak baik dan tidak lancar.

Sama seperti saat kita memakai masker terlalu lama dan sama sekali nggak dilepas, biasanya kita akan merasa kesulitan bernapas. Begitu juga dengan payudara. Payudara akan merasa terus-terusan dikekang dan kesulitan bernapas. Peredaran darah di area payudara pun akan terhambat karena tekanan dari bra sendiri.

Itu sebabnya kenapa kita disarankan untuk melepas bra ketika tidur atau sedang santai. Agar payudara kita bisa rileks dan nggak terus-terusan ditekan.

2. Mencegah Terjadinya Kesulitan Bernapas

Tali bra yang kencang dan menekan, tentu akan membuat kita menjadi tidak nyaman jika terlalu lama memakainya. Bra yang menekan dada ketika tidur akan jatuh di diafragma dan menyebabkan kita tidak nyaman, hingga kesulitan bernapas. Untuk mencegahnya, Sista bisa melepaskan bra ketika hendak tidur.

3. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara. Salah satu momok menakutkan bagi kaum hawa di seluruh dunia. Seperti yang ane tulis di atas, mengenakan bra terlalu lama akan membuat payudara menjadi tertekan, sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Aliran darah non cairan ini akan menyebabkan aliran getah bening menjadi tersumbat. Cairan getah bening tersebut berfungsi untuk melawan racun yang memicu kanker. Melepaskan bra juga membantu menetralkan suhu jaringan agar tidak memicu munculnya sel-sel abnormal yang menyebabkan kanker.

Itu sebabnya, melepas bra saat tidur menjadi salah satu usaha untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

4. Membuat bentuk payudara terjaga

Banyak orang berasumsi bahwa tidak mengenakan bra bisa membuat payudara menjadi turun dan melorot. Faktanya, penelitian di Prancis yang telah berjalan lama membuktikan bahwa kemungkinan besar memiliki efek sebaliknya.

Dilansir dari tiphero.com, mengenakan bra justru dapat menyebabkan payudara kehilangan bentuknya seiring waktu. Penelitian mengatakan "dukungan" dari bra bisa melemahkan otot-otot di dada dan membuat payudara terkulai

5. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Meskipun semua tergantung pada apakah benar atau tidaknya cara mengenakan bra, braless sebenarnya dapat membantu meredakan rasa sakit. Ini juga dapat menyebabkan lekukan di bahu atau di punggung.

"Bra yang ketat dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk, punggung, dan leher," kata dr. Anuradha Seshadri, ahli penyakit dalam di UCLA Health, dilansir dari Bustle.

Meski melepas bra saat tidur tidak menyebabkan payudara menjadi besar, tapi di sisi lain banyak menfaat luar biasa yang akan kita dapatkan. Termasuk yang ane tulis di atas.

Namun, jika Sista merasa tidak nyaman atau tidak biasa melepas bra saat tidur, ane sarankan pilih bra yang nyaman dipakai dan nggak terlalu menekan agar aliran darah di area payudara bisa lancar. Sejatinya, payudara juga sama seperti kita. Butuh rileksasi dan bernapas dengan lancar.

Oh iya, Sista juga harus sering-sering mengganti bra, ya. Apalagi jika Sista tipe orang yang mudah berkeringat atau bekerja di luar ruangan alias panas-panasan. Biar nggak ada bakteri yang menempel di kulit payudara. Spons bra yang basah karena keringat pun membuat kita menjadi nggak nyaman menjalani aktivitas, kan. Maka dari itu, yang rajin ganti bra ya, Sist.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...