Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih -->

Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

Memiliki wajah yang cerah, bersih, segar, dan tampak merona tentu menjadi dambaan semua orang. Tak heran, setiap orang rela melakukan berbagai cara merawat wajah agar putih bersinar.

Dengan banyaknya cara perawatan wajah alami yang beredar di internet mulai dari blog hingga Instagram, kamu tentunya penasaran mana yang paling tepat untuk wajahmu. Karena pastinya nggak lucu kan, kalau kamu berniat memiliki kulit yang cantik dan mulus, tapi malah berakhir bopeng dan kusam.

Oleh karenanya kamu harus hati-hati bagaimana melakukan perawatan wajah alami agar putih bersih yang tepat. Belum lagi karena ada beberapa jenis kulit yang berbeda, sehingga cara dan jenis perawatannya pun perlu disesuaikan.

Nah, berikut adalah beberapa bahan alami yang bagus untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Apa saja?

1. Madu, Melembabkan Kulit

Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

Selain menyehatkan, Madu juga dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat di dunia kecantikan.

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan madu untuk bahan dasarnya seperti masker wajah, sampo, lotion, lip balm, dan masih banyak lainnya.

“Dengan efek melembabkan dan menyejukkan, madu murni dapat melembabkan kulit, membuatnya lembut, bercahaya, dan glowing,” kata Ildi Pekar, facialist selebriti dan pemilik Ildi Pekar Skin Care.

“Gula dalam madu bertindak sebagai pelembab alami yang meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit bahkan setelah dicuci bersih” imbuhnya

Salah satu manfaat madu adalah untuk melembabkan kulit. Caranya, oleskan madu pada kulit dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Mentimun, Menghilangkan Mata Panda
Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

“Ya, mentimun dingin bisa membantu mengatasi mata kering, sembab dan tampak lelah serta mengurangi pembengkakan,” kata Ashish Mathur, spesialis perawatan mata di Feel Good Contacts.

“Mentimun juga memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membantu melembabkan area mata saat bengkak. Ini akan menenangkan kulit Anda karena menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke area sekitar mata Anda.” imbuhnya

Bagi sebagian orang, munculnya mata panda dan kantung mata dapat mengurangi rasa percaya diri. Lingkaran hitam dibawah mata membuat wajah tampak lelah dan seolah menandakan kurang tidur.

Ingin menghilangkan mata panda? kamu bisa memanfaatkan mentimun. Pertama, cuci mentimun sampai bersih. Kemudian iris tipis mentimun dan tempelkan pada area bawah mata. Diamkan irisan mentimun tersebut sekitar 15 menit.

3. Lidah Buaya, Mengatasi Jerawat
Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

“Lidah buaya sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis, jerawat, dan eksim” kata Lauren Fine, M.D., dokter kulit bersertifikat di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology.

Lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi jerawat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki polifenol dan antioksidan yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Mengenai penggunaan lidah buaya untuk jerawat, Lauren mengatakan sangat mudah menggunakan lidah buaya dalam rutinitas perawatan kulit.

Kamu bisa menggunakan masker lidah buaya beberapa kali seminggu untuk mengatasi jerawat dan anti-kemerahan.

Lauren merekomendasikan untuk menyimpan lidah buaya di lemari es sehingga akan bertahan lebih lama. Lidah buaya juga berguna lebih baik dalam menenangkan kulit dan menghilangkan jerawat.

4. Kunyit, Mengurangi Flek Hitam
Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Cantikmu , Agar Tetap Putih dan Bersih

“Kunyit adalah antioksidan dan anti-inflamasi yang telah dievaluasi dalam mengobati jerawat, mencerahkan bintik hitam pada kulit, dan mengobati garis halus dan keriput.” kata Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatology di rumah sakit Mount Sinai, New York.

Menurut penelitian, kunyit dapat mengurangi flek hitam pada kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa krim ekstrak kunyit mengurangi hiperpigmentasi hingga 14 persen setelah empat minggu penggunaan.

Melansir dari marieclaire, kunyit mengandung antioksidan kuat, senyawa yang membasmi radikal bebas dan membantu melindungi kulit dari penyebab stres lingkungan. Umumnya, kunyit dianggap aman untuk digunakan pada kulit.

Namun, sebaiknya lakukan pengujian kunyit pada kulit terlebih dahulu. Hal ini karena bahan yang paling alami pun berpotensi menyebabkan reaksi.

Untuk mengetahui bagaimana reaksinya, oleskan sedikit masker kunyit ke lengan tangan dan biarkan selama sekitar 20 menit.

Jika tidak ada kemerahan, bengkak, atau gatal setelah 24 jam, kemungkinan masker kunyit dapat digunakan pada wajah.

5. Pepaya, Menjaga Kesehatan Kulit

“Papain, enzim pengelupas alami dalam pepaya, membantu membersihkan pori-pori, membuat kulit bersinar dan menjadi sehat,” kata Rhonda Klein, dewan ahli kulit bersertifikat di Connecticut Dermatology Group.

Pepaya mengandung banyak vitamin dan enzim yang menjadikannya sebagai antioksidan kuat. Rhonda Klein juga menjelaskan bahwa vitamin C, E, D, A, dan papain berkontribusi pada kesehatan kulit.

Vitamin A dan asam alfa-hidroksi dalam pepaya dapat memecah sel kulit mati untuk memperbaiki warna kulit, membantu pembentukan kembali kolagen, dan mencerahkan lentigo.

Klein menambahkan, pepaya kaya akan vitamin C yang secara alami berfungsi untuk mengurangi bintik hitam dan menyejukkan kulit.

Jika kamu ingin memiliki kulit yang halus dan glowing, kamu bisa memanfaatkan pepaya dan madu.

Caranya, haluskan pepaya dan campur dengan dua sendok makan madu. Oleskan pepaya yang sudah halus tersebut secara merata di wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker dari campuran pepaya dan madu bisa membantu melembabkan kulit sekaligus membuat kulit tampak bercahaya.

6. Lemon, Meningkatkan Produksi Kolagen

“Vitamin C adalah antioksidan hebat untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen,” kata Marina Peredo, MD, seorang dokter kulit.

Kolagen bertanggung jawab atas kekuatan dan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun dan menyebabkan keriput. Kamu bisa memanfaatkan lemon untuk meningkatkan produksi kolagen.

Lemon menjadi metode alami untuk meningkatkan kolagen di wajah. Sebagai antioksidan, vitamin C dalam lemon membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen. Dengan begitu, kulit kamu menjadi lebih halus.

Selain itu, vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membunuh jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan jerawat.

Melansir dari healthline, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan lemon untuk kulit terutama jika kamu mempunyai kulit sensitif. Hal ini karena lemon cenderung memiliki efek samping yang berisiko untuk perawatan kulit.

7. Air Beras, Mencerahkan Kulit

“Air beras populer untuk perawatan rambut dan kulit di Jepang, China, dan Korea selama berabad-abad,” kata Dr. Aanand Geria, M.D., F.A.A.D, seorang dokter kulit bersertifikat dengan Geria Dermatology di New Jersey, seperti yang dilansir dari situs thezoereport.

“Air beras kaya akan mineral, antioksidan, dan vitamin B dan E. Karena itu, air beras bersifat anti-penuaan.” imbuhnya.

Dokter kulit mengatakan air beras dapat membantu melembabkan dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Air beras juga berpotensi membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa air beras dapat memperbaiki tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Selain itu, air beras juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena air beras mengandung gamma-oryzanol yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bagus untuk kulit. Jika kamu ingin merawat kulit dengan bahan alami.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...