Cara Mudah Menghitung Weton Jodoh Secara Online Menurut Primbon Jawa -->

Cara Mudah Menghitung Weton Jodoh Secara Online Menurut Primbon Jawa

Wetonmu Ora Pas Cintamu Kandas
Bagi sebagian besar orang jawa sangatlah menjunjung tinggi mengenai tradisi dan juga adat budayanya. Salah satunya adalah mengenai weton atau hitungan tanggalan jawa yang dianggap sangat penting sekali dalam menentukan berbagai hal seperti jodoh, usaha dan lain sebagainya.

Kalau kamu adalah orang yang sangat kental dengan adat Jawa maka sebaiknya harus sedikit tahu atau setidaknya mengerti bagaimana cara menghitung weton kelahiran. Hal ini bisa sangat berguna apabila ada orang tua yang menanyakan hal tersebut untuk berbagai kepentingan. Namun kalau kamu tidak tahu sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk menghitung apa weton kita seperti yang akan saya berikan dibawah ini.

Weton adalah perhitungan primbon jawa yang merupakan gabungan dari tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa hingga Minggu) dengan lima hari pasaran jawa yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon.

Dari weton lahir tersebut bisa diketahui watak atau sifat seseorang, kemudian bisa menentukan hari baik, ramalan nasib, pekerjaan, rezeki, bahkan jodoh.

Weton jodoh, seperti kepercayaan dalam budaya Jawa, digunakan untuk menghitung kecocokan dan serasi tidaknya pasangan berdasarkan weton keduanya sebelum menikah.

Nah, cara mengetahui kecocokan pasangan melalui weton dilihat berdasarkan hari lahir kamu dan pasanganmu sesuai penanggalan Jawa tersebut.

Cara Mengetahui Kecocokan Pasangan Melalui Weton Secara Online

Kamu ingin mengetahui weton atau kecocokan kamu dan pasanganmu berdasakan primbon jawa? Silahkan masukan tanggal lahir kamu dan pasanganmu pada form dibawah ini :

Jangan jadikan penjelasan pada aplikasi ini sebagai referensi tunggal, kebenaran semata hanya milik Allah Swt.
Bagaimana? Sangat gampang dan membantu sekali bukan? Sekarang kamu pun sudah tahu weton kelahiranmu dan pasanganmu.

Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa

Apa Weton Itu?

Dalam sebuah kalender Jawa, satu pekan adalah merupakan tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau yang disebutnya dengan istilah pancawarna.

Pancawara adalah sebuah siklus hari pasaran atau sebuah putaran lima hari pasaran diantaranya seperti Hari Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Ramalan berdasarkan hari lahir ini memang sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Sistem penanggalan ini digunakan olah masyarakat adat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seseorang saja.

Tetapi juga digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, bepergian, menentukan suatu keputusan, bahkan hingga dipercaya dapat menggambarkan karakter ataupun nasib pada seseorang.

Dari penghitungan weton jodoh inilah yang nantinya akan dapat meramalkan dua pasangan yang akan bersatu. Mulai dari karakter masing-masing yang tentunya akan menggambarkan kehidupan rumah tangga dikelak nanti.

Nah, selanjutnya bagaimana cara menghitung weton jodoh sebulum melaksanakan pernikahan? Adapun cara menghitung weton jodoh adalah sebagai berikut.

Hari kelahiran dan pasaran memiliki angkanya masing-masing yang harus dijumlahkan. Angka tersebut biasa disebut neptu. Hasil penjumlahan neptu nantinya akan merujuk kembali kepada primbon yang akan menentukan apakah masa depan kedua calon pengantin akan baik atau tidak berdasarkan hitungan Jawa.

Berikut tabel yang bisa digunakan dalam menghitung weton calon pengantin.

HARI NEPTU
Senin 4
Selasa 3
Rabu 7
Kamis 8
Jum'at 6
Sabtu 9
Minggu 5

PASARAN NEPTU
Kliwon 8
Legi 5
Pahing 9
Pon 7
Wage 4

Neptu adalah besaran nilai yang dihitung dengan menjumlahkan nilai hari (Minggu, Senin, Selasa, dan seterusnya sampai Sabtu) dan nilai pasaran.

Pasaran dalam primbon jawa terdiri dari pahing, pon, wage, kliwon, dan legi.

Contoh simulasi jika kamu lahir pada hari Rabu Legi maka 7+5=12. Lalu pasangan kamu lahir di hari Jumat Kliwon berarti perhitungan weton jodohnya 6+8=14.

Barulah setelah mendapatkan hasil neptumu dan pasangan jumlahkan keduanya, contoh ini 12+14+26. Paham kan?

Biar lebih mudah kalian bisa menggunakan Tool Menghitung Weton Jodoh yang ada di atas.

Apapun hasil perhitunganmu tadi, sebaiknya kita tidak semerta-merta percaya terhadap ramalan tersebut ya! Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk menambah wawasan kita terhadap tradisi masyarakat Jawa yang mempercayai weton.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...