Terungkap, Inilah Fungsi Selembar Kertas Kosong di Buku Nikah yang Jarang Diketahui -->

Terungkap, Inilah Fungsi Selembar Kertas Kosong di Buku Nikah yang Jarang Diketahui

Buku nikah adalah buku yang dikeluarkan secara resmi oleh Kantor Urusan Agama atau KUA sebagai bukti sekaligus tanda bahwa telah terjadi pernikahan sah secara agama dan negara untuk sepasang suami istri yang namanya tercantum di dalam dua buku nikah yaitu buku nikah suami dan buku nikah istri.

Kalian yang telah menikah resmi secara agama dan negara pasti memiliki buku nikah yang diberikan setelah adamya ijab kabul pernikahan. Buku nikah ini wajib untuk disimpan karena nantinya akan digunakan untuk mengurus berbagai macam surat-surat setelah menikah seperti kartu keluarga, dan juga membuat akta kelahiran anak.

Di dalam buku nikah ternyata ada beberapa halaman yang menunjukkan data diri pasangan, wali, pas foto latar biru, tempat dan tanggal pernikahan, mahar, sighat taklik, nasihat kedua mempelai, hak dan kewajiban, pedoman berumah tangga dan doa sesudah akad nikah.

Selain beberapa halaman yang telah kita sebutkan di atas, ada satu halaman kosong pada bagian depan data diri yang mungkin kamu juga belum banyak yang tahu fungsinya GanSis.

Apa sih memang fungsi dan kegunaan halaman kosong tersebut?
Apakah untuk menuliskan data baru atau dikhususkan untuk yang berpoligami?

Tentu bukan dikhususkan untuk menambah daftar nama istri saat berpoligami ya gaes, melainkan ada manfaat lain yang berkaitan dengan keamanan data buku nikah.

Berdasarkan dari video Tik Tok (@tha_carissa) yang beredar di media sosial ternyata manfaat dari satu halaman kosong yang berada tepat di depan data diri pasangan suami istri berfungsi untuk laminating mandiri yang bisa dilakukan oleh pemilik buku nikah.

Video tersebut langsung masuk konten FYP atau "For Your Page". Hingga berita ini dipublikasikan, video tersebut sedikitnya telah disaksikan 1,3 juta kali dan mendapatkan 50 ribu tanda suka.

Dalam video, wanita ini tertawa sambil menceritakan hal kocak. Ia baru tahu jika selembar kertas kosong di buku nikah, yang diselipkan sebelum fotonya dan suami ternyata memiliki fungsi khusus.

Kertas kosong tersebut merupakan penutup plastik laminating yang dapat dibuka kemudian direkatkan pada bagian data diri pasangan suami istri agar nama dan data yang ada pada halaman selanjutnya tidak hilang karena lapuk atau luntur.

Ternyata meskipun kertas kosong pada halaman buku nikah tersebut telah ada dan disediakan oleh pihak KUA sejak belasan tahun yang lalu, tidak sedikit pasangan suami istri yang baru mengetahui setelah video Tik Tok tersebut viral di media sosial.

Bahkan ada seorang netizen yang mengaku telah memiliki buku nikah selama sebelas tahun tapi baru mengetahui bahwa selembar kertas kosong yang berada di bagian depan data diri adalah untuk melaminating manual.

Video Viral tentang Selembar Kertas Kosong di Buku Nikah Dibawah ini :

@tha_carissa Ada yang sama??😅 #fyp ♬ suara asli - Fesya Sahara
Penjelasan Kemenag

Saat dikonfirmasi, Kepala Sub Direktorat Penghulu Kemenag Anwar Fuadi membenarkan adanya fungsi selembar kertas pada buku nikah tersebut.

Selembar kertas yang ada plastik dan berada di dalam buku nikah itu, imbuhnya merupakan plastik laminating untuk dilekatkan pada halaman foto.

    "Itu plastik laminating untuk dilekatkan pada halaman foto nikah," ujarnya via Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Anwar menjelaskan, selembar kertas yang terdapat plastiknya tersebut seharusnya sudah dilekatkan oleh petugas yang berada di Kantor Urusan Agama (KUA) sebelum diberikan kepada pemilik buku.

Kejadian kertas plastik laminating yang belum dilekatkan tersebut kemungkinan karena terlewat oleh petugas KUA.
    "Seharusnya sudah dilekatkan petugas KUA sebelum diberikan kepada pengantin," kata dia.
Apabila masyarakat menemukan selembar kertas dan terdapat plastik di dalam buku nikah belum dilekatkan oleh petugas, maka bisa dibantu petugas KUA terdekat.
    "Bisa datang ke KUA terdekat," pungkasnya.

Itulah tadi manfaat selembar kertas kosong yang ada di salah satu halaman dalam buku nikah.

Mungkin dari kalian yang sudah menikah ada yang belum melepas kertas lembar kosong untuk melaminating halaman data diri pengantin? Buruan laminating sekarang sebelum rudak dan luntur tintanya ya GanSis.

Oke, mudah-mudahan thread ini dapat menambah informasi dan juga bermanfaat bagi kita semua.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan