Apa Arti klitih Fenomena Yang Sedang Viral di Yogyakarta, Ternyata Ini Arti Sesungguhnya Menurut Ahli -->

Apa Arti klitih Fenomena Yang Sedang Viral di Yogyakarta, Ternyata Ini Arti Sesungguhnya Menurut Ahli

p>Masih segar di ingatan kita tentang peristiwa mengenaskan yang menimpa seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada, yang tewas dibacok oleh pelaku klithih, pada 7 Juni 2018 lalu.

Masih segar di ingatan kita tentang peristiwa mengena

skan yang menimpa seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada, yang tewas dibacok oleh pelaku klithih, pada 7 Juni 2018 lalu.

Ya, korban bernama Dwi Ramadhani Herlangga, dibacok saat melintas di perempatan Mirota Kampus di Jalan C Simanjuntak, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta sepulang membagi-bagikan makanan dalam rangka 'sahur on the road' bersama teman-temannya, pada bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

Saat itu, Dwi yang berasal dari Semarang, membonceng temannya naik sepeda motor matik. Mereka dikejar oleh pelaku yang membawa senjata tajam. Ia yang duduk di belakang, dibacok pada bagian punggung dan kehabisan darah dan meninggal dunia.

Berselang empat Ramadhan kemudian, tepatnya pada Minggu malam, 3 April 2022, kejadian serupa kembali terulang. Kejadian ini terjadi di kawasan Gedongkuning, Yogyakarta tepatnya pada hari Minggu 3 April 2022 pukul 03.00 dini hari.

Kejadian ini mengakibatkan seorang anak laki-laki bernama Daffa Adzin Albasith kehilangan nyawa. Kejahatan jalanan ini pun sudah ditangani oleh pihak berwajib dan telah dilakukan pengejaran terhadap para pelaku klitih.

Karena banyaknya orang yang masih belum mengetahui apa itu klitih, perbincangan ini pun mulai ramai dan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Arti Klitih Yang Viral di Media Sosial

Meski sudah sering terjadi, faktanya masih banyak yang belum tahu atau pernah mendengar mengenai 'klithih' atau klitih.

Apakah kalian sempat bertanya tanya tentang apa arti Klitih, kenapa akhir akhir ini jadi trending topik di media sosial Twitter dan Tiktok.

Ternyata penggunaan kata tersebut berasal dari daerah Yogyakarta hingga heboh di media sosial. Sebuah fenomena sosial yang menjadikan resah warga sekitar Jogja hingga pada pengendara Ojek online juga kena. Yuk kita ketahui lebih mendalam sepenarnya apa itu Klitih?

Asal Muasal

Klitih sendiri berasal dari kalimat bahasa Jawa yang berarti suatu aktivitas mencari angin di luar rumah atau keluyuran. Ada juga yang menyebut klitih merupakan penyebutan terhadap Pasar Klitikan Yogyakarta di mana artinya adalah melakukan aktivitas yang tidak jelas dan bersifat santai sambil mencari barang bekas dan Klitikan. Sementara istilah nglitih digunakan untuk menggambarkan kegiatan jalan-jalan santai.

Akan tetapi, makna klitih kemudian mengalami pergeseran (peyorasi) menjadi aksi kekerasan dengan senjata tajam atau kegiatan kriminalitas anak di bawah umur di luar kelaziman. Dimulai dari keributan satu remaja berbeda sekolah dengan remaja yang lain kemudian berlanjut dengan melibatkan komunitas masing-masing. Aksi saling membalas terus terjadi dan sengaja dipelihara turun temurun (menjadi tradisi). Permasalahannya, motif klitih amat beragam dan yang mengerikan, korban mereka bisa jadi amat acak. Permusuhan antar geng hanyalah salah satunya.

Kami kutip dari wikipedia.org, Klitih (bahasa Jawa: klithih) merupakan salah satu fenomena sosial yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan daerah sekitarnya (terutama Klaten dan Magelang. Fenomena ini terjadi pada umumnya terhadap anak muda usia 14 sampai 19 tahun yang merupakan pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Pada umumnya, pelaku klitih akan mengincar target, mereka merupakan siswa SMA pesaing atau anggota geng pesaing di daerah yang dianggap sepi kemudian pelaku melakukan perundingan (bullying) secara fisik terhadap pelaku. Terkadang pelaku juga mengambil barang milik korban bahkan termasuk harta benda sehingga terkadang kejahatan ini termasuk perampokan. Tidak jarang juga korban klitih juga meninggal dunia akibat menderita siksaan fisik yang cukup kuat.

Dilansir dari kanal YouTube UGM Channel yang membahas tentang ‘Jogja Darurat Klitih’, ahli membeberkan pengertian Klitih yang sebenarnya.

Menurut Drs. Soeprapto, S.U., Klitih adalah kata yang berasal dari bahasa jawa yang sebenarnya disebut Klitah-Klitih. Klitah-klitih memiliki arti kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Soeprapto menyebutkan kegiatan untuk mengisi waktu luang yang dimaksud adalah kegiatan yang mengandung unsur positif. Kegiatan positif seperti membantu orang tua, mengisi TTS, membaca koran, membaca cerpen, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Namun ketika kata Klitih diadobsi oleh Remaja khususnya pelajar, kata Klitih menjadi kata yang mengandung unsur negatif.

Sampai kini kejahatan ini masih sering terjadi terutama di Yogyakarta. Dengan kejadian di atas tadi sampai ada tagar #Yogyatidakaman #Klitih di media sosial. Ramainya tagar tersebut sebagai bentuk atas respon terkait kejahatan jalanan yang kali ini terulang lagi di kota Jogja dan bagi warga setempat aksi ini di kenal dengan aksi klitih.

Tips Aman Terhindar dari Klitih

Karena klitih adalah tindak kejahatan jalanan, maka tips ini sebaiknya di perhatikan khususnya untuk para pengendara yang dalam perjalanan saat malam hari. Simak Tips berikut ini :

Sebisa mungkin hindari bekendara sendirian saat malam hari maupun dini hari
    Tips menghindari klitih yang pertama adalah mengurangi berkendara sendirian saat malam hari bahkan saat dini hari sekalipun. Buat kalian yang sedang bekerja sift malam, sebaiknya menginap di rumah teman atau jika memang harus pulang, sebisa mungkin jangan sendirian, hal itu dapat mengurangi resiko kejahatan jalanan seperti klitih.
Lewat Jalur yang Ramai kendaraan
    Kejahatan jalanan seperti klitih ini sering terjadi pada daerah yang sepi. Secara logika, mereka sebagai pelaku klitih juga memiliki rasa takut akan amukan warga jika mereka tertangkap.
    Jadi buat kalian yang memang terpaksa harus pulang malam, sebisa mungkin hindari jalur-jalur yang sepi dan rawan tindak kejahatan seperti klitih.
Segera mampir ke rumah warga, jika merasa di buntuti oleh pelaku klitih
    Saat berkendara, namun merasa sedang di ikuti oleh sekelompok orang yang mencurigakan, sebaiknya kalian menghindarinya dengan cara mampir dan melapor ke rumah warga, atau jika jaraknya dekat dengan kantor polisi, segera tancap gas dan lapor ke kantor polisi terdekat.

Gimana kamu sudah paham mengenai aksi klitih yang sekarang lagi viral di media sosial? Semoga penjalasan di atas bisa membantu menambah wawasan kalian semua.

Demikian penjelasan tentang arti klitih. Selalu waspada di manapun berada karena aksi kejahatan bisa menimpa siapa saja.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...