-->

Tanaman Yang Sering Dipakai Pagar, Ternyata Banyak Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho

Meskipun Sering Dipakai Untuk pagar, Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan
Memiliki rumah yang sehat tentu menjadi idaman semua orang. Baiti jannati atau konsep home sweet home seperti sudah menjadi satu falsafah yang dihafal semua orang.

Kriteria rumah sehat bukanlah harus mewah. Namun terpenuhi dari segala aspek yang memenuhi standar kesehatan tempat tinggal. Salah satunya rumah yang terdapat apotek hidup, bank hidup dan juga warung hidup.

Salah satu pemanfaatannya terutama di pekarangan rumah. Kebanyakan di zaman sekarang lebih suka halaman dengan pagar tembok nan tinggi plus kokoh. Namun sebetulnya pagar ini bisa dibuat lebih kaya manfaat sekaligus menjaga suhu di lingkungan rumah agar tetap adem.

Pagar hidup, inilah yang menjadi salah satu jenis kebiasaan yang mulai ditinggalkan. Padahal tanaman yang dipakai sebagai pagar hidup ini menyimpan ragam manfaat.

Ok Gaes, kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari beberapa tanaman yang dipakai untuk pagar hidup.

1. Keji beling

Keji beling termasuk tanaman pagar hidup yang gampang ditanam. Daun yang memiliki nama ilmiah Strobikanthes ini merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar atau pembatas kebun. Biasanya, tanaman ini akan tumbuh berumpun, karena memiliki cabang ranting dan daun yang banyak.

Melansir dari BMC Complemental Tern Med, keji beli memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang bisa dijadikan obat herbal. Selain itu, daun ini juga mengandung asam galat, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyaknya kandungan manfaat keji beling, membuat ekstrak tanaman ini kerap dijadikan pengobatan alternatif. Seperti : obat untuk demam, meningkatkan imun tubuh, diabetes mellitus, lever, kolesterol, wasir, dan panas dalam.

Keji beling pun bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan, untuk obat bisa dengan diseduh.

2. Kaca piring

Banyak orang menyukai tanaman kacapiring karena bentuk bunganya yang anggun dan aromanya yang harum, sehingga tanaman ini sering dijadikan tanaman hias dihalaman rumah ataupun pagar hijau pembatas halaman.

Kaca piring atau Gardenia augusta ini terken dengan keindahan bunga dan keharumannya. Bunganya bisa menjadi pengharum alami rumah Anda. Bentuk bunga mirip dengan mawar putih dengan tajuk melingkar. Bunganya sendiri berwarna putih dan terletak di pucuk tanaman. Tanaman ini juga memiliki buah yang berbentuk seperti telur.

Tanaman kaca piring adalah tanaman yang berasal dari Jepang dan Cina. Di Cina, tanaman bunga ini kerap dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada teh. Sementara di Jepang, buah dari tanaman kaca piring sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan dan tekstil.

Tanaman ini pun cepat pertumbuhannya baik ditanam di pot atau dibuat pagar. Namun ternyata tak hanya cantik dan harum. Tanaman ini bisa bermanfaat untuk kesehatan kita loh!

Dari mulai daunnya yang bisa dipakai untuk mengurangi demam pada anak, buahnya bermanfaat untuk antibiotik, Mengatasi Diabetes Mellitus, Melancarkan Pencernaan, Menurunkan Demam, peluruh dahak dan pelancar air seni.

3. Mangkokan

Daun yang sering dipakai anak zaman jadul untuk main masakan ini sering dipakai sebagai tanaman pagar. Di beberapa wilayah Indonesia dimanfaatkan sebagai lalapan dan campuran sayur.

Daun ini memang memiliki khasiat dalam kesehatan. Seperti untuk melancarkan pencernaan, mengobati peradangan seperti panas dalam, Pembengkakan dan melancarkan ASI, Susah buang air kecil, susah buang air kecil dan mencegah bakteri jahat dalam tubuh kita. Khasiat lainnya adalah melancarkan peredaran darah dan mengobati sariawan.

4. Jarak

Yang tahu jarak dipakai sebagai tanaman pagar mungkin hanya di daerah pedesaan saja. Daun Jarak memiliki bau yang agak menyengat. Daun jarak (Ricinus communis) adalah jenis semak tahunan yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae.

Manfaat jarak dari mulai daun, getah, hingga akar untuk kesehatan diantaranya :
Digunakan untuk mengobati masuk angin & perut kembung terutama pada bayi sebagai tapel.

Bisa juga dipakai obat sariawan, memperbaiki kerusakan hati, mengobati sakit gigi berlubang, mengurangi rematik, obat penyakit kulit seperti eksim, dll. Juga bisa sebagai obat batuk berdahak

5. kelor

Siapa yang tak tahu tanaman kelor? Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman tropis. Tanaman ini dikenal mitosnya berhubungan dengan ilmu hitam. Padahal secara fakta tanaman ini bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman ini pun bisa dipakai lalapan atau sayur. Misalnya di Palu, Sulawesi Tengah yang mengolah daun kelor menjadi menu makanan yang lezat.

Melansir dari Food.NDTV.com, daun kelor telah banyak diolah menjadi bubuk yang bisa ditambahkan ke dalam teh atau kopi.

Asal tahu saja, teh kelor menjadi salah satu minuman yang populer di kalangan pencinta kesehatan.

Manfaat daun kelor: Mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, melawan peradangan, mencegah kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat lain daun kelor bisa untuk Merawat rambut dan kulit

Nah itulah ragam manfaat dari tanaman yang dipakai untuk pagar halaman. Semoga menginspirasi :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...