Viral Bidan Novel yang Menerapkan Metode ‘Tiup-Tiup’ Untuk Membantu Proses Melahirkan -->

Viral Bidan Novel yang Menerapkan Metode ‘Tiup-Tiup’ Untuk Membantu Proses Melahirkan

Viral Bidan Novel yang Menerapkan Metode ‘Tiup-Tiup’ Untuk Membantu Proses Melahirkan
@instagram/bidan_novel


Setelah diunggah di akun Instagram dan TikTok bidan Novelita Damanik atau yang lebih dikenal Bidan Novel , proses melahirkan seorang mama jadi viral di media sosial. Sebelum menangani kelahiran mama yang viral ini, sejak dulu bidan Novel sudah banyak membantu persalinan dengan metode yang dia sebut 'metode tiup-tiup' dan sukses membuat para pasiennya melahirkan tanpa banyak mengejan.

Di bio akun Instagram pribadinya @bidan_novel, ia menyebut metode persalinan itu adalah 'melahirkan tiup-tiup tanpa mengejan dan minim trauma'. Lewat metode persalinan tersebut, bidan Novel kerap sukses mengubah suasana melahirkan yang identik menegangkan menjadi lebih santai. Bahkan, ia juga memperbolehkan para pasiennya untuk berdandan saat proses persalinan.

Meski sibuk membantu proses persalinan banyak pasien, rupanya bidan Novel juga masih meluangkan waktu berbagai cerita persalinan dan pengalaman melahirkan di tempat praktiknya lewat jejaring TikTok maupun Instagram. Nah, saat berbagi cerita itu, bidan Novel kerap tampil modis dengan gaya busana khas dan perpaduan warna-warna yang mencolok.

Viral Bidan Novel yang Menerapkan Metode ‘Tiup-Tiup’ Untuk Membantu Proses Melahirkan


Novel Damanik menjadi bidan pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknik tersebut gaes. Dirinya justru mengubah metode melahirkan dimana biasanya mengejan, menjadi tiup-tiup yang disinyalir mengurangi robek yang terjadi akibat melahirkan.

Metode ‘tiup-tiup’ yang viral ini sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan melahirkan minim trauma lainnya. Metode ini juga membutuhkan persiapan yang matang terutama bagaimana mengatur nafas ibu saat proses melahirkan tiba. Proses inipun meminimalisir aktivitas mengejan, sehingga risiko sobekan pada perineum lebih sedikit. Si ibu akan dibimbing untuk perlahan menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan hingga bayinya menemukan jalan lahir.

Dari beberapa video juga tampak sang ibu merasa rileks dan tidak tegang dalam proses melahirkan. Bidan Novel juga dapat membantu proses lahiran tanpa sobekan.

Bidan Novel juga tampak memberikan semangat positif kepada ibu yang melahirkan hingga proses lahiran tiup-tiup berjalan dengan lancar.

“Mottonya persalinan minim trauma dengan tiup-tiup tanpa mengejan dan tanpa robekan. Slogannya biar pasien nyaman, tenang dan happy, selagi keadaan ibu dan bayi sehat,” dalam unggahan di media sosialnya.

@bidannovel

melahirkan tiup tiup live di IG bidan _novel##voiceeffects

♬ original sound - Novelita Damanik


Ia juga kerap mengungkapkan, jerit gelisah itu mempersulit persalinan. Dengan teknik tiup-tiup, menurut Bidan Novel, membuat sang ibu rileks dan mendorong bayi keluar.

“Saya Bidan Novel terpanggil memberikan afirmasi positif pada ibu hamil. Biarkan kita bersahabat dengan alam lagi, bersahabat dengan kehendak Tuhan. Biarkan rahimmu terbuka oleh jalannya Tuhan. Biarkan batinmu kuat saat tangis bayi itu datang setelah perjuangan hebat yang begitu sakit,” paparnya.

Bidan Novel yang nggak lelah memberikan edukasi mengenai proses melahirkan senyaman mungkin ini memberikan opsi kepada para ibu tentang posisi melahirkan. Seperti testimoni yang diberikan salah satu pasien bahwa ia lebih nyaman melahirkan dengan posisi berdiri, maka Bidan Novel pun menyetujuinya, setelah memastikan semuanya aman dan nyaman. Inilah salah satu bukti bahwa proses melahirkan nggak semenakutkan yang dikira. Jika si ibu enjoy, maka si jabang bayi pun demikian.

Kalau kamu perhatikan di akun Instagramnya, bidan nyentrik satu ini seringkali membagikan momen bahagia bersama pasien-pasiennya. Selain tertawa bersama, aktivitas menyenangkan lain seperti berjoget sembari menunggu bukaan lengkap pun ia lakukan demi membuat pasiennya nyaman. Ia menuturkan, nggak banyak yang bisa ia lakukan selain membuat para ibu menjadi nyaman dan ke depannya minim trauma saat kembali melahirkan, baik secara fisik maupun psikis.

Tak sedikit juga pasien yang rela datang ke klinik persalinan Bidan Novel dari berbagai wilayah. Klinik Bidan Novel berlokasi di Jalan Rangkapan Jaya Pancoran Mas, Depok.

Untuk biaya persalinannya , Bidan Novel terang-terangan mencantumkan di highlight akun Instagram pribadinya. Ini detailnya…



Bidan Novel terang-terangan mencantumkan harga persalinan dan paketnya di akun Instagram pribadinya untuk memudahkan calon pasien jika ingin melakukan pemeriksaan. 

Untuk harga 2 jutaan masih tergolong murah (menurut beberapa pasien) karena dengan pelayanan prima serta kamar bersalin yang nyaman. Bidan Novel menuturkan, ia bisa saja nggak memungut biaya sepeser pun alias gratis jika ia merupakan anak sultan, haha kocak juga, ya!

Viral Bidan Novel yang Menerapkan Metode ‘Tiup-Tiup’ Untuk Membantu Proses Melahirkan



Dari keseluruhan metode ‘tiup-tiup’ yang dilakukan Bidan Novel beserta timnya ini sebenarnya bertujuan untuk membuat para ibu hamil merasa nyaman, tanpa tekanan serta minim trauma. 

Hal ini penting untuk kondisi kesehatan fisik dan psikis mereka, melihat banyak sekali kasus kurang mengenakkan yang terjadi setelah proses melahirkan terjadi. Gimana menurutmu tentang metode Bidan Novel ini, Moms?

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...