-->

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Gimana Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online

Semakin berkembangnya teknologi saat ini tentu saja memudahkan kita dalam berbagai hal, termasuk untuk hiburan (dalam bentuk video, film, atau game). Saat ini banyak remaja, bahkan anak-anak yang menghabiskan waktu mereka untuk bermain game melalui gawai telepon pintar, atau personal computer (PC).

Semua anak, laki-laki atau perempuan berpotensi kecanduan bermain game, tapi menurut penelitian yang dilakukan oleh Herman Nirwana & Nurul Jannah (Universitas Negeri Padang), menyatakan bahwa kecanduan game pada anak laki-laki lebih tinggi dari anak perempuan. Hal tersebut karena anak laki-laki cenderung memiliki keinginan untuk mengalahkan, dan hal tersebut membuatnya merasa ketagihan untuk bermain terus menerus. Dalam konteks konstruksi gender tradisional, orangtua tidak membebani anak laki-laki melakukan pekerjaan rumah tangga (domestik), dan beban itu hanya diberikan kepada anak perempuan, sehingga selain anak perempuan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermain, juga mendapat batasan jenis permainan (tidak sebebas anak laki-laki).

Gejala Kecanduan Game pada Anak

Supaya anak terhindar dari kecanduan game, orang tua harus jeli terhadap perubahan perilaku yang ditunjukkan Si Kecil. Mengutip dari alodokter.com. Berikut ini adalah gejala kecanduan game online yang bisa Orang Tua kenali :
    -Merasa gelisah jika tidak bermain game
    -Menolak untuk bermain bersama teman di luar rumah
    -Menolak untuk melakukan hal yang sebelumnya disukai untuk bermain game
    -Bermain game menjadi prioritas dibandingkan aktivitas lainnya
    -Marah atau mengamuk ketika diminta untuk berhenti bermain game
    -Siklus tidur tidak teratur
    -Kehilangan nafsu makan
    -Prestasi di sekolah menurun
    -Sering mengeluh sakit pada kepala, leher, dan punggung atas
    Mudah tersinggung dan marah saat bersosialisasi atau bahkan kepada orang tua
    -Berbohong pada orang tua perihal berapa lama waktu yang dilakukan untuk bermain game
    -Mood menjadi lebih baik hanya dengan bermain game

Jika Si Kecil menunjukkan gejala kecanduan game seperti di atas, kalian sebagai orang tua jangan langsung pasrah dan membiarkan ia terus begitu saja, ya. Orang tua harus segera mengambil sikap agar ia terhindar dari dampak buruk kecanduan game.

Tak dapat dipungkiri, memang banyak sekali dampak negatif dari kecanduan game. Karenanya, wajar bila Kamu sebagai orang tua, khususnya seorang ibu merasa pusing memikirkan masalah ini.

Tapi sekadar mengomel dan menangis saja tak akan menyelesaikan masalah. Dinginkanlah kepala Anda dan coba ikuti cara-cara dari kami untuk mengatasi anak yang kecanduan game online sebagai berikut.

Cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya diperlukan oleh anak.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online

Tentu kita tahu bahwa setiap anak memiliki suatu keperluan, baik itu secara materi, ataupun sikis, pasti dia ingin memiliki sesuatu yang diinginkannya. Maka anda sebagai orang tua harus benar-benar mampu memahami apa sebenarnya kebutuhan dari anak anda, jika kebutuhan tersebut tidak terlalu penting bagi dirinya maka jangan dipenuhi, tetapi sebaliknya, jika kebutuhan tersebut amatlah penting bagi anak anda, maka cobalah untuk dipenuhi.

Dengan demikian, anak anda tidak akan bersikap manja. Perlu anda ketahui bahwa sifat manja yang ada pada diri anak akan membawanya ke suatu kesenangan yang lama semakin lama akan berubah menjadi kecanduan. Pada intinya sebagai orang tua anda harus paham dengan kebutuhan anak, supaya anda tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk anak anda.

Berikanlah perhatian penuh pada anak.

Kecanduan game online yang terjadi pada anak bisa saja disebabkan karena kurangnya rasa perhatian orang tua terhadap anak. Mereka akan merasa kesepian sehingga berusaha untuk mencari kesenangan sendiri, dia mencari perhatian dengan memainkan game online. Mengapa game online? Karena sangat asik untuk dimainkan oleh anak-anak.

Nah jika anda ingin menghilangkan anak anda dari kecanduan game online, maka anda pun bisa memberikan perhatian yang lebih dan penuh pada anak anda.

Alihkan aktifitas anak ke permainan lain.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Cara efektif yang lain mengatasi anak kecanduan game online adalah dengan cara mengalihkan perhatian atau aktifitas anak kepada kegiatan lain. 

Anda bisa mengikutkan dia les piano, les menari atau aktifitas lain yang bermanfaat untuk si kecil.

Ajaklah anak anda untuk menikmati liburan bersama.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan, tetapi anda harus ingat dengan anak-anak anda yang juga perlu anda perhatikan. Ketika libur tiba, cobalah untuk mengajaknya bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan baginya. 

Anda bisa mengajaknya ke pantai, kebun buah, kebun binatang, atau tempat-tempat yang indah lainnya. Dengan begitu anak akan perlahan dapat melupakan game online yang biasa dimainkan.

Ajarkanlah pada anak sejak dini tentang Give And Take.

Apakah sebenarnya makna dari take and give? Perlu anda ketahui bahwa take and give? Adalah seseorang yang akan diberi imbalan terhadap apa yang sudah dilakukannya. Anda bisa menerapkan cara ini kepada anak anda, dengan membuat kesepakatan kepada anak tentang waktu bermain game yang boleh dimainkan. 

Jika dia menepati janjinya, maka berikanlah dia hadiah supaya selalu mengikuti kesepakatan yang sudah anda buat. Tetapi, sebaliknya, jika dia melanggar janjinya, maka hukumlah dia supaya tidak mengulangi lagi.

Cobalah untuk memasuki dunia anak.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Yang dimaksud memasuki dunia anak di sini bukan anda harus menjadi anak kecil lagi, melainkan cobalah untuk menyelami dunia anak-anak. 

Anda harus memahami bagaimana cara bergaul dengan anak yang baik dan benar, dengan demikian anda akan memahami tentang kehidupan anak lebih dalam lagi. Sehingga dengan demikian, anda bisa mengambil langkah yang tepat ketika anak anda mulai kecanduan game online.

Jadilah Contoh yang Baik.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Kebanyakan anak yang mengalami kecanduan game online ini adalah anak yang memiliki banyak waktu luang serta tidak bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. 

Anda sebagai orang tua harus mampu untuk menjadi sosok yang memiliki contoh yang baik bagi anak-anak anda, misalnya anda bisa memberikan contoh menghabiskan waktu luang dengan membersihkan rumah, jalan-jalan ke perpustakaan, olahraga dan masih banyak yang lain. Dengan demikian anak anda akan paham dan tidak lagi kecanduan game online.

Batasi bermain gadget.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Anda harus membatasi anak anda untuk bermain gadget, karena memang tidak bisa dipungkiri anak yang sering memegang gadget itu yang akan kecanduan dengan game online. 

Dengan anda memantau anak bermain gadget, maka anak akan sedikit demi sedikit terhindar dari game online.

Terus Sabar dan Telaten 

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online. Begini Caranya !

Mengatasi anak yang kecanduan game online bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Karena itu Anda perlu lebih bersabar. Jangan mudah marah, apalagi membentak-bentak anak.

Tapi ingat, bersabar tidak sama artinya dengan menjadi lembek. Anda tetap harus telaten dalam membantu buah hati keluar dari kecanduannya.

Misalnya, ketika anak melanggar janji, tegurlah ia dengan menyebutkan hukuman seperti mencuci piring. Anda harus berwibawa di depan anak agar teguran Anda didengarkan. Tak perlu membentak, cukup peringatkan dengan nada tegas.

Bila anak tak juga mau menuruti omongan Anda, tunjukkan kemarahan Anda. Keluarkan kemarahan terkontrol yang hanya dimaksudkan agar anak tahu bahwa tindakannya salah. Minta tolong juga pada suami sekiranya situasinya kurang kondusif.
 

Kesabaran, strategi yang tepat, dan ketegasan pada dasarnya adalah ramuan ampuh untuk mengatasi anak yang kecanduan game online. Sebagai seorang ibu, Anda harus bisa mengambil tindakan yang sesuai supaya anak tidak makin terpuruk.

Awalnya, anak Anda mungkin akan membenci Anda. Ia jengkel sebab Anda menerapkan cara mengatasi anak yang kecanduan game online di atas.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...