-->

Selain Cocok Untuk Diet , Inilah Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat Nasi Jagung , Selain membuat perut kenyang juga baik untuk kesehatan
manfaat nasi jagung

Nasi jagung pernah dianggap sebagai makanan kelas dua yang hanya dikonsumsi golongan menengah ke bawah. Atau disebut juga makanan Ndeso. Namun kini, semakin banyak masyarakat yang menyadari manfaat nasi jagung bagi kesehatan sehingga sumber karbohidrat ini juga kian banyak peminatnya.

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa jagung yang digunakan adalah jagung tua yang telah dipipil (dipisahkan dari tongkolnya) kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Nasi jagung lebih umum dikonsumsi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nasi jagung juga dikenal dengan nama nasi ampok atau empok.

manfaat nasi jagung


Meski namanya nasi jagung, bukan berarti hidangan ini merupakan campuran antara beras dengan jagung. Yang dimaksud dengan nasi jagung adalah jagung tua yang telah dipipil terlebih dahulu, kemudian dikeringkan, ditumbuk, direndam, dan dikukus atau diseduh dengan air panas.

Cara membuat nasi jagung 

Dagi segi rasa, nasi jagung sebetulnya tidak berbeda jauh dengan nasi yang terbuat dari beras. Hanya saja, pengolahan nasi jagung yang lebih rumit membuat hidangan ini kurang populer dibanding pilihan lainnya.Langkah-langkah membuat nasi jagung adalah:

  • Jagung dipipil (diambil bijinya satu per satu)
  • Pipilan jagung dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung atau diasap
  • Jagung yang sudah kering kemudian diambil dan ditumbuk
  • Hasil tumbukan itu kemudian direndam dalam air selama 3 hari
  • Bila hasil rendaman kurang halus, Anda bisa menumbuknya kembali hingga teksturnya sesuai dengan yang Anda inginkan
  • Jagung kemudian diseduh dengan air jangat, lalu dikukus hingga matang.

  • Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan langkah-langkah di atas, nasi jagung kini juga sudah banyak dijual dalam bentuk instan. Nasi jagung instan pun biasanya sudah ditambah dengan bahan lain untuk meningkatkan rasa maupun kandungan gizinya.

    Manfaat Nasi Jagung

    Sama halnya dengan gandum dan kentang, nasi jagung pun bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Namun karena seringnya dikonsumsi masyarakat pedesaan, nasi jagung jadi dianggap ‘murahan’ dan diremehkan. 

    Padahal nasi jagung memiliki banyak manfaat yang tak terduga, berikut beberapa di antaranya.

    Manfaat Nasi Jagung

    1. Sebagai pengganti nasi untuk menghasilkan sumber energi alami

    Manfaat Nasi Jagung

    Seperti halnya nasi atau beras biasa, beras nasi jagung pun memiliki kandungan karbohidrat yang dapat dimanfaatkan untuk memberi energi bagi tubuh. Malah kalau dibandingkan dengan nasi putih biasa, kandungan kalori dalam nasi jagung justru lebih rendah, sekitar 140 kkal per 100 gramnya, mengutip laman Hello Sehat

    Selain itu, nasi jagung juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memperlambat proses pemecahan karbohidratnya. Secara nggak langsung, nasi jagung dapat membuatmu kenyang lebih lama.

    2. Memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat melindungi saluran cerna

    Pada dasarnya, nasi jagung putih mirip dengan biji-bijian lain yang mengandung banyak serat. Nah, serat inilah yang kemudian bertindak sebagai bakteri baik yang dapat memperlancar saluran cerna. Menurut laman Sehatq, konsumsi rutin nasi jagung dapat membuat berat badan stabil dan terhindar dari penyakit usus, termasuk kanker usus. 

    Tapi baiknya, konsumsilah nasi jagung dengan makanan berprotein lainnya agar manfaatnya makin terasa. Terutama jika kamu menggunakan nasi jagung untuk diet.

    3. Berkat kandungan amilosa di dalamnya, nasi jagung aman dikonsumsi penderita diabetes

    Sebenarnya, nasi putih juga memiliki kandungan amilosa, tapi nutrisi tersebut lebih banyak ditemukan dalam nasi jagung. Padahal kandungan amilosa inilah yang membuat makanan bisa dicerna lebih lama, sehingga tak akan menimbulkan kenaikan gula darah tiba-tiba.

    Selain itu, indeks glikemik pada nasi jagung pun termasuk rendah, sekitar 55 sampai 60. Nah, hal tersebut juga menjadi salah satu alasan yang membenarkan bahwa resep nasi jagung ini boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena tak berdampak signifikan pada kenaikan kadar gula darahnya.

    4. Rutin mengonsumsi nasi jagung dapat membuatmu terhindar dari anemia

    Manfaat nasi jagung yang satu ini mungkin masih jarang didengar, padahal sudah terbukti lo! Berkat kandungan zat besinya yang cukup tinggi, nasi jagung dapat mencegah penyakit anemia. Pasalnya, senyawa dalam kandungan nasi jagung ini mampu membantu proses produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh. 

    Lebih daripada itu, nasi jagung pun memiliki kandungan folat yang dapat diandalkan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Sehingga, dengan rutin mengonsumsinya, kamu akan terhindar dari gejala anemia seperti kulit pucat, kelelahan, dan sesak napas.

    5. Nasi jagung memiliki kandungan nutrisi yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang


    Manfaat nasi jagung

    Selain tinggi zat besi, nasi jagung termasuk nasi jagung juga kaya akan kandungan kalsium, fosfor, serta magnesium yang mampu menjaga kesehatan tulangmu. 

    Mengutip laman Detik, dengan mengatur pertumbuhan tulang, secara nggak langsung kamu pun dapat meningkatkan kekuatannya, sehingga akan terhindar dari penyakit yang erat kaitannya dengan masalah tulang.

    6. Penderita intoleran gluten boleh mengonsumsi nasi jagung karena karbohidratnya bebas gluten secara alami

    Gluten merupakan keluarga protein yang biasanya ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan nasi. Ada beberapa kasus yang membuat seseorang tak boleh mengonsumsi makanan bergluten, misalnya mereka yang mengidap penyakit celiac atau sensitivitas terdapat gluten. Jika dipaksakan, penderita akan mengalami efek samping serius seperti cedera usus. 

    Untuk itu, mulai sekarang konsumsilah nasi jagung sebagai pengganti karbohidrat yang lebih aman untuk lambung. Tenang, tak memicu efek samping kok~

    7. Ada satu lagi manfaat nasi jagung putih yang sepertinya tak boleh terlewat, yakni memperkuat imun dan menjaga kesehatan mata

    Nasi jagung mengandung beta karoten yang merupakan sumber vitamin A. Di mana, vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mata, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nasi jagung juga kaya akan vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan alami. Dengan rutin mengonsumsinya, kamu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari penyakit. Namun pastikan kamu juga mengimbanginya dengan mengonsumi nutrisi lainnya.

    Manfaat Nasi Jagung

    Jika dibandingkan antara nasi jagung vs nasi putih, sebenarnya manfaat nasi jagung jauh lebih banyak. Tapi karena sukar ditemukan dan sering dianggap kampungan, nasi jagung jadi jarang dikonsumsi. Padahal enak dan banyak nutrisinya. 

    Sesekali cobalah konsumsi nasi jagung dengan lauk rumahan seperti ikan asin, urap, dan juga sambal terasi. Ah, membayangkannya saja sudah bikin lapar~

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...