-->

Calon Ibu Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat ASI untuk Bayi

ASI selain bermanfaat untuk bayi , juga banyak manfaatnya untuk si Ibu bayi lho..
Manfaat ASI

Mungkin para ibu dan calon ibu sudah mengetahui bahwa Air Susu Ibu (ASI) memang sangat penting dan bermanfaat bagi bayi. Sebab, ASI memang memiliki zat gizi lengkap yang dibutuhkan bayi.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif setidaknya enam bulan (hingga dua tahun jika memungkinkan) karena banyaknya manfaat menyusui untuk jangka panjang bagi si kecil.

ASI merupakan sumber nutrisi unik yang mudah dicerna dan menyediakan keseimbangan sempurna dari protein, lemak, karbohidrat dan nutrisi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dengan sistemnya yang kompleks, ASI diproduksi oleh tubuh perempuan dan mampu mengkombinasikan nutrisi sempurna bagi bayi. Tak kurang dari 100 jenis nutrisi terkandung dalam air susu alamiah ini.

Dengan banyaknya kandungan sehat di dalamnya, tidak heran jika ASI mampu memberikan banyak sekali manfaat. Berikut ini ada 5 manfaat ASI yang bisa didapatkan bayi dengan mengonsumsi ASI eksklusif.

1. Memberikan Asupan yang Aman

Manfaat ASI

Memberikan ASI secara langsung membuat bayi bisa mendapatkan sumber makanan yang higienis dan aman untuk dikonsumsi. 

Selain menyusui bayi secara langsung, Ibu juga bisa menyusui bayi dengan memberikan ASI perah. Namun, tetap perhatikan standar kebersihan alat dan juga cara penyimpanan yang tepat, ya.

2. Nutrisi yang Lengkap

Manfaat ASI

 

Seperti yang telah disebutkan diatas, ASI memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk si buah hati. Dengan mengonsumsi ASI eksklusif, bayi juga akan mendapatkan manfaat ASI untuk keperluan tumbuh kembangnya. 

ASI sendiri mampu memenuhi kebutuhan bayi sampai dengan 100% kebutuhan nutrisi sampai bayi menginjak usia 6 bulan.

3. Memperkuat Ikatan Ibu dan Anak


Menurut penelitian, Ibu yang memilih menyusui bayi secara langsung lebih sensitif dengan bayinya. Saat Ibu memberikan ASI kepada si buah hati, keduanya akan melakukan proses skin to skin yang bagus untuk mempererat hubungan batin.

Saat menyusui, Ibu juga cenderung untuk sering menyentuh dan juga menatap bayi lebih lama yang mampu menimbulkan rasa dekat antara Ibu dengan bayi.

4. Bagus untuk Perkembangan Otak

Manfaat ASI

Setiap Ibu tentu ingin anaknya bisa tumbuh dengan baik dan cerdas. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan si buah hati adalah dengan memberikan asupan bergizi, termasuk juga ASI.

ASI mengandung asam lemak yang bagus dalam meningkatkan perkembangan otak si buah hati. Manfaat ASI juga memiliki peran dalam perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat ASI

Manfaat ASI yang selanjutnya adalah membuat daya tahan tubuh si buah hati meningkat dan jauh dari berbagai serangan penyakit. Hal ini tidak lepas dari ASI yang di dalamnya terdapat antibodi, immunoglobulin A (IgA), hingga sel darah putih.

IgA memiliki manfaat untuk memberi lapisan supaya kuman dan virus tidak bisa masuk ke aliran darah. Sedangkan antibodi memiliki manfaat dalam melawan penyebab penyakit dan sel darah putih yang berguna untuk membasmi kuman penyakit.

Selain manfaat di atas, masih banyak manfaat Air Susu Ibu (ASI) lainnya yang bisa didapatkan oleh si buah hati jika diberikan secara eksklusif. angan pernah ragu untuk memberikan ASI ekslusif kepada si kecil ya Bund...

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...