-->

20+ Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian. Bikin Ketagihan !
Makanan Khas Yogyakarta yang wajib kamu coba

Yogyakarta tidak hanya terkenal akan wisata alamnya yang indah dan wisata budayanya. Makanan khas kota ini juga nikmat dan menggoda. Tentu, tak lengkap jika berkunjung ke sini tanpa mencicipinya.

Lalu apa dan di mana saja sih kuliner Jogja yang enaknya bikin ketagihan? Berikut 25 kuliner Jogja yang wajib kamu coba.

Kuliner Khas Jogja

1. Gudeg 
Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Yogyakarta yang pertama ialah Gudeg. Yupp, makanan ini merupakan makanan dari Jogja yang terkenal hingga keluar negeri.

Gudeg ini mempunyai 3 macam jenis, Gudeg Manggar, Gudeg Basah, Gudeg Kering. Menurut aku kalau kamu ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh, maka kamu harus membeli gudeg yang kering, karena gudeg dapat bertahan lama.

Kamu bisa membeli makanan khas Jogja dimana saja, karena banyak sekali yang menjual makanan gudeg ini. Harga dari masakan ini pun juga terbilang relatif murah, jadi kamu harus mencobanya.

2. Krecek

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Makanan khas Jogjakarta selanjutnya ialah Krecek atau biasa dipanggil sambal krecek. Sambal krecek tersebut banyak sekaali peminatnya, yang terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan serta sambal merah yang sangat lezat.

Krecek ini biasanya disajikan dengan gudeg, bayangkan dengan dua kelezatan yang dijadikan satu, aduhh ga kebayang deh enak nya kaya apa.

Jadi kamu harus merasakannya, tunggu apa lagi silahkan cicipi makanan yang membuat mulut kamu meleleh.

3. Bakpia Pathuk

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Bakpia merupakan oleh – oleh khas dari Yogya. Bahan untuk bakpia pathuk adalah kacang hijau yang telah dicampur dengan gula, dan dilumuri dengan kulit yang terbuat dari tepung, lalu dipanggang.

Dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun, makanan ini berhasil dikembangkan akan rasanya yang nikmat. Seperti rasa durian, keju, coklat, kacang hijau, dan masih banyak lagi tentunya

Jadi banyak varian rasa tersebut untuk kamu yang mempunyai banyak selera. Kalau kamu ingin mencobanya, datanglah ke daerah Jogjakarta ini.

4. Oseng Oseng Mercon

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Apa yang ada dipikiran kamu, juga ada dipikiran aku. Mendengar dari namanya aja kita sudah terbayang dengan rasa kuliner dari Jogja ini. Jika kamu pecinta makanan yang pedas pedas, maka makanan ini sangat direkomendasikan untuk kamu.

5. Cenil Jogja
 Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Mengapa namanya cenil jogja? Karena makanan cenil ini berbeda dengan cenil dari daerah lain, walaupun tak berbeda jauh sih.

Cenil merupakan makanan yang berbahan dari pati ketela pohon, yang dibentuk lalu diberi pewarna makanan dan direbus didalam air panas.

Cenil jogja cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan, harga yang diberikan pun juga sangat murah.

6. Yangko

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

 

Yangko adalah jajanan atau pun makanan khas Yogyakarta. Jajanan yang dijual di berbagai toko oleh oleh ini memiliki harga yang bervariasi, jadi tergantung harga yang ditawarkan oleh toko tersebut.

Yangko mempunyai bentuk yang sangat khas serta tidak pernah berubah dari pertama kali dibuat, kotak dan tekstur yang kenyal serta lembut dilidah. Rasa dari jajanan yangko ini manis dan agak gurih, karena ada taburan tepung yang membuat yangko ini memiliki ciri khas.

7. Geplak

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Geplak adalah salah satu jenis kue tradisional Jogja yang masih dipertahankan hingga sekarang. Campuran makanan khas Jogja terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula. 

Kue geplak mempunyai bentuk bulat – bulat kecil serta tampilan yang warna warni, sehingga kamu akan tergoda untuk memakannya.

8. Cilok Gajahan

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta selanjutnya ialah cilok gajahan. Bahan untuk membuat jajanan ini ialah menggunakan tepung tapioka. Isi dari cilok biasanya daging cincang yang bikin terasa kenyal dan gurih.

Cilok bisa ditemukan dikota mana saja, karena jajanan ini sudah sangat terkenal, namun cilok gajahan ini hanya ada di Jogja. Jika kamu ingin menikmati cilok gajahan, datang lah ke Jogja.

9. Bakmi Jogja

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Bakmi Jawa Jogjakarta atau Mi jawa merupakan bakmi rebus yang dimasak menggunakan bumbu bumbu yang sangat sedap. Makanan khas Jogja yang juga patut dicoba adalah Bakmi Jogja.

Mie Jogjakarta adalah mie rebus yang dimasak dengan bumbu khas Jawa. Selain Bakmi Jawa Jogjakarta, kamu juga dapat memesan Bakmi Nyemek, yang diberi sedikit sup sehingga teksturnya menjadi kental dan lezat.

10. Sate Klatak
 Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Wow, jika kamu pecinta sate kambing, kamu harus mencoba Sate Klatak ! Sate Klatak adalah salah satu spesialisasi Yogyakarta yang paling lezat dan wajib dicoba.

Keunikan sate Klatak ini adalah irisan daging domba muda yang ditusuk menggunakan palang, berbeda dengan sate pada umumnya. Bumbu-bumbu yang digunakan juga sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasanya ditambah dengan kuah gulai yang sangat lezat.

11. Belalang atau Walang Goreng

khas jogja

Menurut beberapa orang, belalang setelah digoreng memiliki rasa seperti udang. Belalang mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk semua orang makan. Tekstur belalang itu sendiri gurih dan renyah sehingga tidak sedikit orang yang kecanduan. 

Belalang goreng diberi bumbu sederhana, seperti cabai, garam, bawang putih, dan ketumbar. Para wisatawan yang ingin merrasakan kenimatan belalang goreng dapat datang langsung ke pusat produksi. Di Gunung Kidul, kamu dapat menemukan penjual belalang goreng dalam perjalanan melalui toko.

12. Nasi Tiwul

Makanan Khas Jogja yang Legendaris

Tiwul adalah makanan khas Jogja yang sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota di pulau Jawa. Tiwul adalah pasar makanan ringan tradisional yang populer karena cocok untuk semua lidah orang Indonesia.

Pasar jajanan ini biasanya dijual ketika siang menunggu hingga siang hari, ada juga penjual tiwul yang berkeliling di sore hari menunggu malam. Komposisi bahannya kecil tapi bisa membuat perut kenyang adalah alasan mengapa tiwul selalu diburu penggemar.

Hidangan utama pada tiwul adalah singkong yang telah dijemur hingga kering atau biasa disebut singkong. Singkong kemudian ditumbuk halus dan dikukus sampai matang.

Di masa lalu, tiwul menjadi makanan pokok karena harga beras terlalu mahal sehingga orang tidak bisa membelinya. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan perut, pada masa lalu penduduk Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta mengganti nasi dengan tiwul yang dimakan dengan lauk pauk dan sayuran.

13. Gatot Gunung Kidul

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris

Makanan khas Jogja selanjutnya ialah Gatot. Gatot ini berasal dari Gunung Kidul, maka tak heran jika namanya ada tambahan gunung kidul nya. 

Bahan yang dibuat untuk membuat gatot gunung kidul adalah semacam singkong yang telah dikupas setelah itu dijemur supaya kering. Kualitas dari gatot ini ditentukan dari bahan dasar singkong tersebut.

14. Sate Kelinci

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Seperti namanya, makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari daging kelinci yang ditusuk menggunakan tongkat dan kemudian dibakar. 

Sate Kelinci Mbah Ganis hanya buka di malam hari sehingga sangat cocok untuk disantap di udara Kaliurang yang dingin dengan segelas teh hangat.

15. Sayur Lombok Ijo

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris

Nah, Sayuran Lombok Ijo merupakan makanan khas Jogjakarta yang biasanya dibuat oleh pendamping Sego Abang. 

Rasa pedas dan gurih dari sayuran ini ditambah dengan saus santan kental dan ramuan rempah-rempah khas Jawa membuat Sayuran Lombok Ijo ini banyak dicari oleh para penikmat makanan khas Jogjakarta.

16. Peyek Tumpuk

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Mencari camilan lain yang ringan Jogjakarta juga tidak perlu bingung gaes. Karena kamu dapat membeli Peyek tumpuk yang unik ini. Peyek tumpuk sama seperyi peyek kacang biasa. 

Bedanya, Peyek tumpuk digoreng dalam tumpukan sehingga bentuknya menjadi bulat tidak beraturan.

17. Tengkleng Gajah

20+ Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Eitss … tunggu, ini bukan tengkleng murni dari gajah, disajikan daging domba yang disajikan dalam porsi besar. Tengkleng gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng atau tengkleng goreng. 

Kedua jenis yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera kamu, ingin saus atau memilih yang kering.

18. Ayam Geprek

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Makanan ini sudah mulai menyebar di luar Jogja karena sudah menjadi andalan, terutama pelajar jogja. Ayam Geprek adalah ayam goreng yang dipesan oleh cabai sesuai selera. Satu porsi ayam tidak lebih dari 12 ribu. Cukup murah dan membuat kamu kenyang, bukan?

Kamu semua pernah mendengar tentang Geprek Chicken, kan? Ayam Geprek sebenarnya berasal dari Yogyakarta, namun, makanan khas Jogja juga sudah mulai menyebar ke daerah di luar Jogja karena kepopulerannya! Ayam Geprek adalah ayam goreng yang digosok dan diberi cabai sesuai selera.

19. Keripik Belut

Makanan Khas Jogja

Makanan khas Yogyakarta berikutnya juga cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman kamu. Kamu bisa menemukan oleh-oleh khas Jogja di wilayah Godean, di Pasar Godean. 

Keripik belut ini mampu bertahan lama sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh setelah kamu berkunjung ke Jogja.

20. Sate Kere

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Makanan khas Yogyakarta yang memiliki nama unik ini adalah kuliner yang terbuat dari gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu spesial. Aroma Sate Kere saat terbakar benar-benar membangkitkan selera, jadi itu tentu membuat kamu tidak sabar untuk memakannya!

Saat membakarnya, aroma sate akan menyeruput ke dalam hidung, membuat semua orang yang mencium aromanya seakan diajak mampir sebentar untuk memakannya. 

Sate Kere biasanya disajikan dengan kecap manis dan sambal. Selain di Jogja, sate kere juga dapat ditemukan di Solo. Bedanya, sate Sere Kere di Solo menggunakan bahan dasar kue kedelai dan saus santan.

21. Coklat Monggo

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Cokelat monggo buatan Jogja terbilang baru. Kamu dapat datang ke showroom dan juga pabrik pembuatan monggo chocolate di daerah Kotagede jika kamu ingin membeli cokelat monggo. 

Di sini kamu juga dapat melihat secara langsung cara membuat cokelat monggo sambil menikmati berbagai varian cokelat monggo.

22. Kue Adrem


Makanan khas Yogyakarta berasal dari kecamatan Sanden yang terletak di pantai selatan. 

Bahan baku utama untuk Kue Adrem berasal dari tepung nasi goreng dan gula merah sehingga memiliki rasa manis yang gurih dan kompilasi sah dari gigitan. Kue ini sangat cocok Buat teman minum teh kopi.

23. Bakmi Pentil

Makanan Khas Jogja, dari yang Legendaris Sampai Yang Kekinian

Makanan khas Jogja populer berikutnya adalah Bakmi Pentil. Bahan dasar mie ini adalah pati singkong. Keunikan Bakmi Pentil adalah mie panjang dan lebih besar dari mie biasa. 

Mie puting memiliki dua warna khas yaitu kuning dan putih dan teksturnya kenyal. Itu sebabnya disebut dengan Bakmi Pentil.

24. Kipo

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

 

Makanan khas Yogjakarta ini terdengar unik. Kipo, apa itu? Kipo adalah makanan yang berasal dari Kotagede, salah satu daerah yang masih di kota Yogyakarta. Kipo biasanya dimakan oleh orang-orang Jogja sebagai kudapan atau camilan dengan secangkir minuman panas.

Kipo terbuat dari tepung beras ketan yang diberikan pewarna hijau alami dari daun pandan. Bentuk dari makanan kipo ini adalah oval.

Kipo memiliki rasa manis dengan tekstur yang legit. Rasa manis yang dimiliki oleh makanan ini dihasilkan dari gula aren. Gula jawa biasanya dicampur dengan kelapa parut dan kemudian dibungkus dengan tepung beras ketan.

Kipo dimasak dengan cara tradisional, yaitu di atas wajan tanah liat yang dipanaskan dengan arang. Kipos biasanya dibeli sebagai oleh-oleh atau teman perjalanan. Jika digunakan sebagai oleh-oleh, harap dicatat bahwa kipo tidak bisa bertahan lama.

25. Sup Merah

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

 

Sup merah memiliki keunikan tersendiri karena kuah sup pada umumnya adalah bening, di sup ini menjadi merah. Warna merah dari makanan khas Jogjakarta ini merupakan warna dari campuran pasta cabai. 

Makanan ini sangat direkomendasikan kamu yang sangat menyukai pedas.

26. Kicak

Makanan Khas Yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta ini hanya ada di bulan Ramadhan, banyak sekali yang menjul diwilayah kauman pada sore hari, saat Pasar Ramadhan mulai. Kicak adalah makanan yang dibuat dari gula, jadah, dan parutan kelapa yang digabung dengan pandan, nangka, serta ditambah vanili.

Rasa dari makanan kicak ini adalah asin, gurih, dan manis serta teksturnya yang lembut. Harga yang diberikan sangat murah bagi kita, cuma 2k rupiah saja, sangat murah kan? Coba saja makanan yang sangat nikmat ini.

Cukup sekian artikel tentang makanan khas Jogjakarta, semoga bermanfaat bagi kamu, silahkan share agar orang disekitar kamu juga mengetahuinya. And see you next article.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...