-->

Gejala Ringan Saat Terinfeksi Covid-19 yang Wajib Kamu Tahu. Simak Ya Gaes!

Sebelumnya diberitakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa Covid-19 atau SARS-Cov-2 sudah menjadi pandemi global.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala.

Kini virus yang kemudian bermutasi menjadi beberapa varian itu sudah menyebar ke lebih dari 190 negara.

Di Indonesia sendiri, saat ini penyebaran Covid sedang mengganas, terutama dengan munculnya varian delta yang berasal dari India. Kasus positif harian di dalam negeri bahkan terus memecah rekor tertingginya sepanjang sejarah.

Gejala yang paling sering dirasakan oleh masyarakat yang terinfeksi adalah kehilangan indra penciuman hingga lemas dan sesak napas. Gejala ini telah sering dilaporkan oleh WHO.

Apa saja sih gejala ringan saat terinfeksi Covid-19 yang wajib kita ketahui? Simak selengkapnya!

    1. Hilang penciuman menjadi salah satu tanda gejala ringan sata terinfeksi Covid-19. Hal ini menunjukkan orang yang terinfeksi virus tersebut tanpa gejala (OTG).
    Hilang penciuman menjadi gejala yang paling umum dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus corona. Tak jarang pula orang yang kehilangan indra penciuman meyakini dirinya sudah terinfeksi Covid.
    Orang yang terinfeksi virus Corona dan kehilangan indra penciuman dikatakan masuk dalam orang tanpa gejala (OTG). Sehingga jika mengalaminya disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama dua pekan.

    2. Gejala ringan saat terinfeksi Covid-19 lainya adalah mengalami rasa lelah. Hal ini karena tubuh membutuhkan energi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk.
    Orang yang terinfeksi virus Corona juga mudah merasa kelelahan. Ini disebabkan oleh tubuh yang bekerja keras untuk melawan virus yang masuk ke tubuh.

    3. Selain itu sakit tenggorokan sudah menjadi gejala ringan saat terkena Covid-19. Pasalnya virus ini memang menyerang saluran pernapasan termask tenggorokan.
    Gejala ini juga kerap dirasakan oleh seseorang yang terinfeksi virus corona. Rasa tidak nyaman di tenggorokan sering terjadi karena virus ini memang menyerang saluran pernapasan.

    4. Penderita Covid-19 biasanya paling sering merasakan gejala demam dan sakit kepala serta nyeri di sekujur tubuh.
    Seseorang yang terinfeksi virus corona sering kali merasakan demam dan menggigil seluruh tubuhnya. Ini adalah gejala umum yang dirasakan dan dibarengi dengan sakit kepala.

    5. Diare, mual dan muntah juga termasuk dalam gejala ingan saat terkena Covid-19. Hal ini karena sejumlah pasien Covid-19 mengalami gangguan pencernaan yang menyebabkan mual dan muntah gaes.
    Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang terinfeksi virus corona kerap merasakan mual, hingga muntah-muntah. Gejala ini bahkan kerap kali dibarengi dengan diare.

Nah, itulah beberapa gejala ringan saat terinfeksi Covid-19 yang wajib kita ketahui. Jika mengalami gejala tersebut langsung lakukan isoman (isolasi mandiri) atau mendatangi fasiitas kesehatan terdejat ya.

Semoga pandemi ini berakhir. Tetap jaga kesehatan dan patuhi Prokes

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...