Sifat Wajib Allah, Yuk Kenalkan sejak Dini pada Si Kecil! -->

Sifat Wajib Allah, Yuk Kenalkan sejak Dini pada Si Kecil!

Sifat-sifat Allah SWT wajib diketahui
Sifat Wajib Allah, Yuk Kenalkan sejak Dini pada Si Kecil!

Sebagai umat Islam, sudah kewajiban bagi kita untuk mengenal dan mencintai Allah. Tidak hanya umat muslim yang sudah dewasa saja, tapi juga bagi anak-anak generasi penerus.

Orangtua berkewajiban mendidik anak tentang agama dan mengenalkan mereka pada Allah SWT, sang Maha Pencipta.

Salah satu investasi keimanan yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengenalkan sifat wajib Allah SWT kepada anak. Sifat Wajib adalah sifat yang dimiliki oleh Allah SWT yang maha sempurna. Dengan mempelajarinya, diharapkan keimanan seseorang akan lebih bertambah.

Sifat-sifat Allah SWT wajib diketahui oleh seluruh umat Islam, begitu pula untuk si kecil. Ibu bisa mulai mengajarkannya sejak dini karena media belajar agama Islam saat ini sudah lebih beragam serta lebih berwarna, salah satunya melalui nyanyian dan video. Berbicara tentang sifat-sifat Allah SWT, ternyata berbeda dengan Asmaul Husna. Sifat-sifat Allah adalah segala sifat wajib bagi Allah SWT, sementara untuk Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah SWT yang indah berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.

Dikutip melalui laman 99.co, berikut ini beberapa sifat-sifat Allah SWT yang wajib untuk diketahui dan diajarkan kepada si kecil:

  1. Wujud

    Salah satu sifat wajib bagi Allah SWT yang pertama adalah wujud yang berarti ada. Allah SWT adalah zat yang ada, tidak bergantung pada siapapun serta apapun, tidak diciptakan oleh siapapun, dan tiada Tuhan selain Allah SWT.

    Sifat Wujud dalam Al-Qur’an

    Sifat wajib bagi Allah SWT ini tertuang dalam firman Allah SWT yaitu terdapat pada beberapa ayat berikut:

    • Surat As-Sajadah ayat 4

      “Allah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Bagimu tidak ada seorang pun penolong maupun pemberi syafaat selain Dia. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

    • Surat Ta-Ha ayat 4

      “Sesungguhnya, Aku ini Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembah lah Aku dan laksanakan lah Shalat untuk mengingat Aku.”

  2. Qidam

    Sifat wajib bagi Allah SWT yang kedua adalah Qidam yang berarti terdahulu atau awal. Maksudnya, Allah SWT sudah ada sebelum segala hal yang Ia ciptakan, tidak ada yang mendahului Allah SWT di dunia ini.

    Sifat Qidam dalam Al-Qur’an

    Sifat-sifat Allah ini juga tercantum dalam firman Allah SWT Surat Al-Hadid ayat 3 yang berbunyi:

    “Dialah Yang Awal, Yang Akhir, Yang Zahir, dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

  3. Baqa’

    Sifat-sfat Allah SWT selanjutnya yang perlu diketahui adalah Allah SWT itu Baqa” yang artinya bersifat kekal, Ia tak dapat musnah ataupun dimusnahkan, tak dapat pula binasa.

    Sifat Baqa’ dalam Al-Qur’an

    Firman yang menyatakan sifat wajib bagi Allah SWT ini adalah:

    • Surat Al-Qasas ayat 88

      “...segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan.”

    • Surat Ar-Rahman 26-27

      “Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”

  4. Mukhalafatu Lil Hawaditsi

    Tidak ada makhluk atau apapun yang dapat disamakan dengan Allah SWT karena Allah memiliki sifat Mukhalafatu Lil Hawaditsi yang artinya Ia berbeda dengan segala makhluk yang diciptakan di seluruh alam semesta ini.

    Sifat Mukhalafatu Lil Hawaditsi dalam Al-Qur’an

    Ayat yang menjelaskan tentang sifat wajib bagi Allah SWT ini ada 2 yaitu:

    • Surat Al-Ikhlas: 4

      Dan tidak ada satupun yang setara dengan Dia.”

    • Surat Asy- Syura: 11

      “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.”

  5. Qiyamuhu Binafsihi

    Sifat wajib bagi Allah SWT yang bernama Qiyamuhu Binafsihi memiliki arti bahwa Allah SWT itu berdiri sendiri dan tidak memerlukan pertolongan dari siapapun.

    Sifat Qiyamuhu Binafsihi dalam Al-Qur’an

    Sifat Allah SWT yang satu ini sangat jelas dan tertuang pada:

    • Surat Al-‘Ankabut ayat 6

      “Sungguh Allah SWT Maha Kaya tidak memerlukan sesuatu dari seluruh alam.” Sebagai umat manusia, kita wajib berdoa dan memohon kepada-Nya untuk dimudahkan segala urusan.

    • Surat Al-Isra ayat 111

      “Dan katakan lah: ‘Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkan lah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.

  6. Wahdaniyah

    Wahdaniyah artinya adalah Allah Maha Esa, tunggal, dan hanya satu-satunya Tuhan pencipta alam semesta beserta seluruh isinya. Hal ini wajib diimani oleh seluruh umat Islam dimanapun berada.

    Sifat Wahdaniyah dalam Al-Qur’an

    Sifat wajib bagi Allah ini sesuai dengan firman dalam Al-Qur’an pada:

    • Surat Al-Anbiya ayat 22

      “Seandainya pada keduanya di langit dan di bumi ada Tuhan-Tuhan selain Allah, tentu keduanya telah binasa. Maha Suci Allah yang memiliki ‘Arsy, dari apa yang mereka sifatkan.”

    • Surat Al-Ikhlas ayat 1

      "Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa.”

  7. Qudrat

    Sifat-sifat Allah yang perlu kita tahu berikutnya adalah Qudrat yang artinya Allah Maha Kuasa dan kuasa Allah tidak ada tandingannya dan tidak dapat dibandingkan dengan siapapun.

    Sifat Qudrat dalam Al-Qur’an

    Sifat Qudrat Allah SWT ini juga terdapat dalam firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 20 yang berbunyi:

    “Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu."

  8. Iradat

    Sifat Iradat ini memiliki arti berkehendak yang maksudnya adalah bila Allah SWT telah berkehendak, tidak ada siapapun di muka bumi ini yang dapat mencegahnya, dan bila Allah tak berkehendak, maka hal tersebut pun tidak akan terjadi. Jadi, segala apapun yang terjadi di bumi ini adalah atas kehendak Allah SWT.

    Sifat Iradat dalam Al-Qur’an

    Dalam Al-Qur’an, sifat Allah SWT ini ada dalam surat:

    • Surat Hud ayat 107

      "Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki."

    • Surat Yasin ayat 82

      Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadi lah ia."

  9. ‘Ilmun

    Semua yang ada di bumi terjadi atas sepengetahuan Allah SWT, oleh karena hal tersebut, maka Allah memiliki sifat “Ilmun yang artinya Maha Mengetahui. Karena sifat-sifat Allah tersebut, Allah SWT pun tahu apa yang kelihatan maupun tidak kelihatan. Ada baiknya, kita sebagai manusia selalu berbuat baik dan mentaati apa yang Allah diperintahkan karena apapun yang manusia lakukan, Allah SWT Maha Mengetahui.

    Sifat “Ilmun dalam Al-Qur’an

    Sifat wajib bagi Allah SWT ini sangat jelas ditunjukkan pada Al-Quran Surat Qaf ayat 16:

    “Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.”

  10. Hayat dan Hayyan

    Allah SWT memiliki sifat Hayat dan Hayyan yang berarti Dzat yang hidup, tidak dapat binasa, dan kekal selamanya. Sifat-sifat Allah ini hanya dimiliki oleh Allah SWT saja dan tidak ada makhluk lain yang sanggup menandinginya.

    Sifat Hayat dan Hayyan dalam Al-Qur’an

    Sifat Hayat ini dapat kita lihat pada Surat Al-Furqan ayat 58 yang artinya:

    “Dan bertawakallah kepada Allah yang Maha Hidup, Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya…”

  11. Sama’ dan Sami’an

    Allah SWT bersifat Sama’ dan Sami’an yaitu Allah SWT Maha Mendengar segala ucapan baik terucap maupun yang tempatnya berada di dalam hati setiap makhluk-Nya. Sifat-sifat Allah SWT seperti ini seharusnya membuat umat manusia selalu berbaik sangka pada-Nya karena apapun yang kita minta dan lantun kan dalam doa pasti akan didengar oleh Allah SWT meskipun kita tidak tahu kapan dikabulkan, namun percayalah, Allah Maha Mendengar setiap doa umat-Nya.

    Sifat Sama’ dan Sami’an dalam Al-Qur’an

    Firman Allah SWT tentang Allah Maha Mendengar ada dalam Surat Al-Ma’idah ayat 76 yaitu:

    “Katakan lah: "Mengapa kamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudarat kepadamu dan tidak (pula) memberi manfaat?" Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

  12. Basar dan Bashiran

    Sifat-sifat Allah SWT memang sangat indah dan mengagumkan. Seperti sifat Basar dan Bashiran pada Allah SWT yang memiliki arti Allah SWT Maha Melihat, tak akan ada yang luput dari penglihatannya sekecil dan sebesar apapun. Maka sebagai manusia, alangkah baiknya kalau kita terus berbuat baik dan menjauhi perbuatan keji karena Allah SWT Maha Melihat.

    Sifat Basar dan Bashiran dalam Al-Qur’an

    Sifat-sifat Allah seperti Basar dan Bashiran terdapat juga pada Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 18:

    “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

  13. Qalam dan Mutakalliman

    Qalam artinya berfirman dan Allah SWT berfirman melalui kitab-kitab yang diturunkan kepada pada nabi-Nya untuk disampaikan kembali kepada para umat di muka bumi. Mutakalliman juga memiliki arti yang sama dengan Qalam, yaitu berfirman atau berkata-kata.

    Sifat Qalam dalam Al-Qur’an

    Sifat-sifat Allah SWT seperti Qalam dan Mutakalliman juga tertuang dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 143 yang berisi:

    “Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkat alah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sedia kala) niscaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: "Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman".”

  14. Qadiran

    Sifat Qadiran memiliki arti Allah SWT berkuasa atas segala hal yang terjadi di dunia dan tak ada yang dapat mengubah suatu apapun karena Allah SWT Sang Maha Pemilik Kuasa.

    Sifat Qadiran dalam Al-Qur’an

    Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Allah SWT Maha Berkuasa adalah Surat Al-Baqarah ayat 2 dan memiliki makna:

    “Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.”

  15. Muridan

    Semua yang terjadi di dunia ini dapat terjadi karena hanya Allah SWT yang menghendaki. Ini sesuai dengan sifat wajib bagi Allah SWT yaitu Muridan yang dapat diartikan sebagai menghendaki. Bila dilihat, ada kesamaan dengan sifat Allah Iradat dan kedua sifat ini juga menggambarkan bahwa bila sudah datang takdir Allah SWT, maka tak ada siapapun yang dapat menghalanginya.

    Sifat Muridan dalam Al-Qur’an

    Dalam Al-Qur’an, sifat Allah yang satu ini dijelaskan dalam Surat yang sama yaitu pada Surat Hud ayat 107.

  16. ‘Aliman

    Sifat-sifat Allah SWT yang wajib kita ketahui salanjutnya adalah sifat ‘Aliman yang artinya Allah Maha Mengetahui. Sebagai manusia, sepandai-pandainya kita menyembunyinya segala sesuatu maka Allah SWT Maha Mengetahui apapun itu. Jadi bila kita bisa menyembunyikannya dari manusia, maka tidak dengan Allah SWT karena pengetahuan-Nya yang tanpa batas.

    Sifat ‘Aliman dalam Al-Qur’an

    Sifat Allah SWT Maha Mengetahui ini tertulis dalam Surat An-Nisa ayat 176. Berikut ini arti dari penggalan ayar tersebut:

    “…dan Allah maha mengetahui segala sesuatu.”

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...