-->

8 Drama Kolosal Terbaik yang pernah Hits Pada Masanya

10 Drama Kolosal terbaik yang Berjaya Pada Masanya,

 

Drama kolosal merupakan film yang mengambil latar waktu zaman kerajaan dan biasanya melibatkan banyak pemeran atau karakter. Harus diakui Drama kolosal Indonesia masih belum mendunia seperti film kolosal Korea Selatan.

Padahal kisah sejarah kerajaan Indonesia seperti Majapahit dan Mataram, sudah melegenda sejak dulu. Bahkan tidak sedikit sejarawan dari berbagai belahan dunia tertarik melakukan penelitian.

Berbekal riwayat sejarah Indonesia yang cukup kaya membuat para sineas mengangkat film dengan tema ini. Setidaknya sudah ada judul film yang terkenal dan tayang.

Drama kolosal, pernah merajai dunia pertelevisian Indonesia di era 90 sampai 2000-an. Aksi heroik disertai peperangan dan didukung setting tempat yang menarik, menjadikan drama genre satu ini dimintai banyak penonton pada masanya. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, tak ingin ketinggalan menyaksikan aktor laga favorit mereka muncul di layar televisi.

Namun, seiring berjalannya waktu drama kolosal mulai meredup tergantikan dengan sinetron bertema percintaan atau pun drama Korea. Nah, oleh karena itu kali ini, kita akan mengenang kembali sederet drama legendaris tersebut.

Penasaran, ada apa saja ya? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini!

1. Wiro Sableng

Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya

Namanya Wiro Sasana, lain dari ibu bernama Suci, dengan ayahnya bernama Raden, karena sesuatu ia dibesarkan oleh seorang guru, bernama Sinto Gendeng, alias eyang Sinto Geni, atau Sinto-sinto Gila. Lha, ini kan lirik lagu ost-nya!!!

Sinetron yang diadaptasi dari karya babenya Vino G Bastian ini wajib diputar ulang untuk melepas lelah anak-anak SD sepulang sekolah. Bukan apa-apa, banyak nilai edukasi yang termuat di dalam serial televisi yang ngehits di tahun 1990 an ini.

Dulu, saking populernya sinetron yang dibintangi Ken-Ken Sukendro ini, sampai-sampai senjata kapak naga geni 212 milik Wiro diperdagangkan secara bebas di sekolah-sekolah SD dalam format mainan KW. Ini juga menunjukkan bahwa sinetron-sinetron jaman dulu sangat pro terhadap UMKM.

2. Tutur Tinular


Hayo siapa yang masih ingat dengan drama kolosal legendaris ini?

“Tutur Tinular” atau dalam bahasa Indonesia bermakna “nasihat atau petuah yang disebarluaskan,” mengisahkan perjalanan asmara seorang ksatria asal desa Kurawan bernama Arya Kamandanu. Ia adalah putra seorang pembuat keris andal, Mpu Hanggareksa.

Kamandanu memiliki seorang kakak yang pandai membuat syair bernama Arya Dwipangga. Saking jagonya ia dalam menyulam bahasa, banyak wanita yang tergila-gila olehnya. Bahkan, setiap wanita yang tampak hampir pasti jadi istri Kamandanu, entah mengapa tiba-tiba mlipir ke arahnya.

Mereka menjadi istri Dwipangga. Lalu dicampakan olehnya. Anak-anaknya kemudian justru diasuh oleh Kamandanu. Barangkali tiada kisah cinta yang menyedihkan melebihi kisah Kamandanu. Untuk menghapus penderitaannya, ia memilih menjadi pengembara.

Setelah Nariratih direbut Dwipangga, ia mengembara ke negeri China. Di China ia memperoleh pedang wasiat nagapuspa, dan seorang wanita yang kelak menjadi cinta keduanya. Ia adalah Mei Shin, wanita cantik yang ditinggal mati suaminya. Mei Shin hampir menjadi istri Kamandanu, sebelum bajingan Dwipangga merebutnya kembali. 

Ah…cinta…deritanya memang tiada akhir.Uh, so sad banget ya.

3. Jaka Tingkir

Jaka Tingkir Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya,

 

Bagi kalian generasi tahun 90-an, pasti tidak asing kan dengan sinetron laga berjudul Jaka Tingkir. Diperankan oleh Dian Sidik, drama kolosal ini bercerita tentang sosok Jaka Tingkir yang sudah memiliki kesaktian sejak masih kecil. 

Seiring beranjak remaja, Jaka Tingkir kerap bertapa dan kesaktiannya pun bertambah. Ia bahkan mampu menaklukkan buaya-buaya ganas dengan ilmu yang dimilikinya.

Sampai saat ini Dian Sidik masih cukup aktif di dunia hiburan, dengan bermain di sinetron FTV. Ia kerap berperan sebagai sesosok pria kocak dengan logat Jawa yang medok.

4. Dendam Nyi Pelet


Dendam Nyi Pelet berkisah tentang dendam seorang gadis pada kaum lelaki, karena kekasihnya membina hubungan dengan wanita lain. 

Sakit hati, ia pun berguru ilmu hitam. Ilmu yang ia dapatkan, mampu mengubahnya menjadi wanita cantik bernama Nyi Pelet dan siap menebar maut pada para pemuda yang ditemuinya.

Artis Nana Khairina sukses memerankan tokoh Nyi Pelet, sehingga drama kolosal satu ini mampu meraih rating tinggi.

5. Misteri Gunung Merapi

Mak Lampir Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya,

Dari seluruh tayangan drama kolosal yang beredar di layar kaca, tampaknya sinetron inilah yang satu-satunya berbau mistis. Bercerita tentang kehidupan seorang pemuda bernama Sembara yang merupakan anak angkat Kakek Jabat.

Sembara yang harus meningkatkan ilmu kanuragannya dengan berat hati harus berpisah dengan pujaan hatinya, Farida. Calon istrinya yang ditinggal itu ternyata di “mangsa” oleh siluman harimau bernama Mardian. Pengembaraan Sembara tak sia-sia.

Ia mendapat seorang guru yang juga siluman harimau bernama Datuk Panglima Kumbang. Datuk Panglima Kumbang sendiri adalah musuh bebuyutan Mak Lampir. Nenek tua yang tak mati-mati. Dulu drama kolosal ini kerap menghiasi layar kaca tiap akhir pekan di chanel indosiar.

Tayangan pembukanya yang cukup seram kadang membuat saya yang waktu itu masih duduk di sekolah dasar lebih memilih mematikan televisi dan membuka kitab suci.

6. Angling Dharma

Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya,

 

Angling Dharma adalah seorang raja di Kerajaan Malwapati. Ia mencapai puncak tahta setelah memperistri adik Batik Madrim, Setyowati. Dan memperoleh ilmu kanuragan tingkat tinggi warisan gurunya, Nagaraja. 

Konon sosok Prabu Angling Dharma benar-benar terdapat dalam dunia nyata. Petilasannya ada di Bojonegoro Jawa Timur. Dulu serial Angling Dharma ditayangkan tiap hari di chanel Indosiar. 

Tokoh utamanya tentu saja Anto Wijaya. Dan penonton utamanya tentu saja kita.


7. Si Buta dari Goa Hantu

Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya,

 

Judul cerita ini merupakan berawal dari sebuah komik yang ditulis oleh Ganes TH pada tahun 1960-an. Walau kehadirannya baru bisa dinikmati pada 1967 dan kemudian dicetak ulang di tahun 2005. Komik ini juga menjadi sebuah komik pertama yang berhasil mengangkat bela diri khas Indonesia. Karena kemasyhurannya, akhirnya Si Buta dari Gua hantu diangkat ke layar lebar tahun 1970 hingga 1988. Kiprah dari film ini merambah menjadi serial yang saat itu ditayangkan di RCTI pada tahun 1993.

Si Buta dari Gua Hantu sendiri menceritakan seorang pendekar bernama Barda Mandrawata yang harus mengalami kebutaan karena pembalasan dendamnya terhadap seorang pendekar kejam yang juga buta dijuluki Si Mata Malaikat. Misi balas dendam tersebut dilakukan karena kekasihnya Marni Dewianti dan ayahnya Paksi Sakti Indrawatara harus tewas di tangan penjahat tersebut.

Namun, sebuah pengorbanan harus diterimanya dengan hilangnya penglihatan. Setelah balas dendam tersebut, ia mengasingkan diri ke sebuah gua angker. Selepas dari pengasingan, ia mendapati kenyataan pahit bahwa kekasihnya masih hidup, namun sudah menikah dengan orang lain. Akhirnya ia mulai berkelana ke seluruh nusantara ditemani seekor monyet.

8. Lasmini

Lasmini , Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya,

Drama Kolosal ini dulu sempat menjadi tontonan kesayangan masyarakat Indonesia , terutama kaum laki-laki.

Tanpa perlu dijelaskan dengan panjang lebar, kamu pasti udah pahamlah, ya, kenapa sinetron kolosal berjudul “Lasmini” ini banyak digemari oleh kaum cowok. Ya, nggak lain dan tak bukan adalah karena pemerannya yang memiliki nama asli Ayu Anjani kerap tampil dengan cantik dan nggak jarang dengan kostum sedikit terbuka.

Mungkin sih kalau sinetron ini tampil di zaman sekarang, udah pasti bakal banyak scene yang nggak lulus sensor. Selain tampil sebagai perempuan yang anggun, sosok Lasmini ini juga jago banget akting bela diri lo. La wong perannya aja memang sebagai pendekar kok~

Nah , itulah Drama Kolosal yang Berjaya Pada Masanya. Dari sederet drama kolosal di atas, mana nih yang menjadi favorit ??

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...