-->

Cara Menghadapi Anak Yang Bandel dan Sulit Untuk Diatur. Simak Ya Bund !

Apakah Bunda sering bingung mencari cara mengatasi anak nakal? Sekarang tidak perlu khawatir, di sini ada penyebab dan cara mengatasinya!
Tips Cara Menghadapi Anak Bandel dan Sulit Untuk Diatur
Apakah buah hati tercinta termasuk anak nakal, bandel, dan susah diatur? Apakah Ayah dan Bunda sampai kewalahan berusaha mengurusi si kecil? Tenang saja, dalam artikel ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi anak nakal agar jadi patuh lagi.

Setiap orangtua pastinya mendambakan putra dan putrinya tumbuh menjadi seorang yang penurut dan membanggakan. Namun terkadang, pada sebuah fase hidupnya, si kecil akan melakukan tindakan kenakalan.

Sebagai orangtua, Anda pun tentu mencari cara mengatasi anak nakal tersebut. Apalagi kalau Anda sudah mulai kerepotan dan kewalahan dengan segala tingkah laku buah hati tercinta.

Mendidik anak yang bandel dan nakal menjadi memang tidak semudah seperti membalikan telapak tangan, diperlukan kesabaran dan usaha serta kerja keras yang ekstra.

Banyak orangtua yang dibuat pusing dalam mendidik anak yang bandel dan nakal, jika berpergian dan membawa serta buah hati mereka ke tempat yang baru, mereka akan dengan mudah berpergian kesana kemari dan berlari hilir mudik serta mengganggu orang lain dan sewaktu kita tegur dan dinasihati mereka akan malah berbalik menangis tidak terima atau bahkan menyerang kita dengan pukulan dan lain sebagainya.

Ketika hal ini terjadi, kita seringkali dibuat jengkel dan frustasi dan hal yang paling ditakutkan adalah khilaf dengan menyakiti anak kita sendiri. Namun, sebagai orang tua tentulah tidak bisa jika hanya dengan marah-marah, melainkan peranan orang tua begitu penting untuk menghadapi anak yang semacam itu.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Menghadapi Yang Anak Bandel

1. Ketahui Penyebab Anak Menjadi Nakal
10 Cara Menghadapi Anak Yang Bandel dan Sulit Untuk Diatur

Jika anak bertingkah nakal dan cenderung hiperaktif. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Bisa jadi kenakalan yang ia lakukan akibat kesalahan Anda sendiri. Misalnya karena Anda kurang memperhatikannya.

Sudah banyak kasus dimana orang tua lebih sibuk dengan dunianya sendiri dan lupa bahwa mereka punya anak yang membutuhkan banyak perhatian. Hal inilah yang terkadang membuat anak memberontak dan susah diatur.

Begitu juga ketika Anda terlalu memanjakannya sejak kecil. Apa yang dia mau selalu Anda turuti. Sehingga ketika suatu kali Anda tidak menuruti kemauannya, dia akan melakukan hal-hal yang tidak terduga.

Selain itu, kenakalan seorang anak juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan di sekitarnya. Jika dia sering berkumpul dengan anak-anak yang suka berkata kurang sopan, kemungkinan besar dia akan berperilaku sama.

Hal ini terjadi karena anak adalah peniru yang handal. Sehingga ketika ada perilaku yang tidak baik terlihat dimatanya, dia dengan cepat akan menirunya.

Anak juga bisa menjadi nakal jika Anda terlalu mengekangnya. Misalnya Anda menyuruhnya terus belajar tanpa memberikan sedikit waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Atau Anda terlalu banyak memberikan aturan-aturan yang sebenarnya belum mampu dijalani yang anak.

Dengan mengetahui penyebab anak menjadi nakal dan susah diatur, tentu Anda akan lebih mudah dalam menanganinya.

2. Lakukan pendekatan kepada anak.
Cara Menghadapi Anak Bandel dan Sulit Untuk Diatur. Simak Ya Bund

Ketika anak anda rewel, nakal dan susah diatur sebaiknya jangan hadapi dia dengan keras, emosional, dan penuh amarah. Sebab cara itu tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada, justru anak akan semakin rewel dan nakal. Jika itu sudah terjadi, maka anda pun akan merasa kerepotan untuk mengurusinya.

Oleh karena itulah, anda harus melakukan pendekatan yang baik, berilah nasehat dengan lembut bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik. Selain itu, anda sebagai orang tua juga harus menjaga kekonsistenan, jangan sampai goyah karena anak merengek menangis.

Sebagai contoh, ketika anak anda meminta terus mainan yang harganya mahal, katakan tidak, jika anda sudah mengatakan tidak maka jangan luluh karena tangisannya, melainkan biarkanlah sampai dia pada akhirnya menurut dengan anda. Dengan demikian, anak anda akan terbiasa dengan apa yang anda ajarkan.

3. Tunjukanlah tekat yang kuat terhadap anak.

Selain harus menjaga kekonsistenan, anda sebagai orang tua juga harus memiliki tekat yang kuat dalam menghadapi anak anda yang memang nakal. Ketika si kecil sedang bertengkar hebat, dan anda sebagai orang tua sulit untuk melerainya, anda harus menunjukan tekad yang kuat.

Tentu hal itu sangatlah penting anda miliki sebab jika kita menyerah, meski pun sebenarnya anak-anak tidak tahu apakah mereka bisa menang atau tidak. Maka dari itulah, dengan tekad yang kuat secara internal yang anda miliki akan menjauhkan anak anda dari hal-hal yang buruk.

4. Buatlah peraturan yang khusus untuk anak.

Buatlah peraturan khusus yang sebelumnya telah dibicarakan terlebih dahulu dengan anak-anak anda. Peraturan yang anda buat harus memiliki konskuensi supaya anak dapat berusaha menghindari perbuatan nakal tersebut. Semakin anda sabar maka anak-anak anda akan semakin mudah untuk dikendalikan oleh anda.

Jangan lupa untuk selalu memberlakukan peraturan yang sudah anda buat supaya anak anda mengingat batasannya. Selain itu, anda harus selalu memberikan anak penghargaan pada saat anak melakukan hal-hal yang baik, seperti memberi pujian kepadanya.

5. Tunjukan sikap yang manis dan lembut kepada anak.
Tips Menghadapi Anak Bandel dan Sulit Untuk Diatur. Simak Ya Bund

Ketika anak kita melakukan hal yang buruk ditempat umum tentu kita sebagai orang tua merasa dongkol dan ingin memarahi anak tersebut. Namun ternyata tindakan semacam itu sangat salah didalam upaya mendidik anak yang nakal, karena anak akan semakin menangis keras-keras, semakin berontak dan semakin bertingkah yang nakal.

Namun anda harus memberikan sikap yang penuh kelembutan, berikanlah dia pengertian dan berusaha untuk memaafkannya.

Cobalah untuk bertanya pada anak anda, mengapa melakukan kesalahan, karena terkadang mereka melakukan hal yang salah bukan karena keinginannya sendiri, melainkan karena dorongan dari lingkungan sekitar.

6. Jangan terlalu memanjakan anak.

Tentu kita tahu bahwa sikap memanjakan anak yang ditanamkan sejak dini akan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Hal itu akan mengakibatkan anak menjadi terbiasa dengan jalan yang mudah ketika dia ingin mendapatkan sesuatu. Hal tersebut akan terlihat ketika suatu saat nanti keinginannya tidak terpenuhi maka dia akan menunjukan sikap yang membangkang kepada anda sebagai orang tuanya.

Maka dari itulah, anda sebagai orang tua jangan memanjakan anak-anak anda, tetapi perlakukanlah dia dengan baik dan sewajarnya saja.

7. Berikanlah contoh yang baik untuk anak-anak anda.

Perlu anda tahu bahwa anak yang masih berada dalam tahap pengembangan dan pertumbuhan akan cenderung menirukan apa yang telah anda lakukan. Dia sangat mudah menyerap apapun yang terjadi disekitarnya, maka jika anda ingin anak-anak anda tumbuh menjadi sosok yang baik, patuh dan tidak nakal, sebaiknya berikanlah contoh dengan baik.

Berikanlah sikap yang baik, jangan berkata yang kasar atau yang buruk ketika dihadapan anak. Selain itu, usahakan untuk menjauhkan anak-anak anda dari perbuatan-perbuatan yang buruk yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak anda.

Sebagai contoh anda harus menjauhkan dari tontonan televisi yang menayangkan kekerasan, teman yang nakal dan tontonan kriminilitas.

8. Jangan memberikan label buruk pada anak-anak anda.
jangan memberi label buruk apda anak ya bund

Ketika anak anda nakal dan bandel, maka anda sebagai orang tua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Sebagai contoh “kamu anak yang nakal, bandel, susah diatur.”

Justru pemberian label itu akan menjadikan anak semakin nakal, dia beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakternya, sehingga akan menyusahkan anda sebagai orang tua untuk mendidiknya.

Jika selama ini Anda sering melakukannya, misalnya sering bilang pada anak bahwa dia nakal. Sebaiknya mulai sekarang jangan melakukannya lagi. Karena hal tersebut hanya akan mempengaruhi psikologi anak Anda. Lebih baik Anda menasehatinya agar dia tidak berbuat nakal lagi.

9. Berikan Pujian Pada Anak

Jangan pelit memberikan pujian pada anak. Apalagi jika dia sudah mulai mengurangi kenakalannya. Misalnya saja jika selama ini anak Anda suka main tangan dengan teman-teman sebayanya.

Terus sekarang dia sudah mulai jarang melakukannya. Maka, berikanlah ia pujian. Hal itu tentu akan membuatnya senang dan bahagia. Apalagi jika Anda memberikan hadiah padanya.

Karena pada dasarnya perilaku yang dilakukan anak hanya karena ingin mendapatkan perhatian dari Anda. Hal inilah yang terkadang membuatnya berperilaku nakal.

Bagaimanapun juga anak belum tahu mana yang baik dan mana yang salah. Mereka berpikir bahwa kenakalan yang mereka lakukan akan membuat Anda senang.

Dengan memberikan pujian padanya, secara tidak langsung akan membuat anak berpikir bahwa jika dia mau menuruti nasehat dari Anda, dia akan terus mendapat pujian dan hadiah.

10. Jangan Pernah Mengabaikannya

Kebanyakan anak bersikap nakal dan sulit diatur diakibatkan kurangnya perhatian dari orang tuanya. Sehingga mereka berbuat seenaknya untuk agar mendapat perhatian.

Namun terkadang orang tua tidak menyadari hal tersebut. Mereka hanya tahu bahwa anak telah melakukan sesuatu yang buruk dan harus di marahi.

Sekarang saya kembalikan pada diri Anda sendiri, apakah selama ini Anda sudah memperhatikannya secara terus menerus. Atau Anda lebih sibuk dengan urusan Anda sendiri dan sering mengabaikannya?

Jika Anda sering mengabaikannya, maka jangan menuntut anak untuk jadi anak penurut. Karena Anda sendiri tidak pernah memperhatikannya selama ini.

Tidak mudah memang mencari Cara mengatasi anak nakal dan sulit diatur, apalagi kalau penyebabnya bermacam-macam. Hanya saja, Ayah dan Bunda perlu memahami bahwa sebenarnya tidak ada anak yang benar-benar nakal.

Akan selalu ada alasan untuk setiap keusilan dan tindakan yang ia lakukan. Dan apabila mendapatkan pengarahan dan pengajaran yang baik, maka kenakalannya itu akan bisa membawanya ke kesuksesan di masa mendatangnya. Jadi, terus semangat untuk mendidik dan mengarahkan buah hati, ya, Bun!

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...