-->

5 Kalimat Terlarang yang Tidak Boleh Diucapkan Orangtua Pada Anak

Hati-hati, anak bisa terluka!

Menjadi orang tua itu sulit. Pernyataan yang hampir dibenarkan oleh banyak orang. Menjad orang tua dihadapi dengan ragam situasi dan kondisi. Apalagi di saat anak-anak sudah membuat rumah berantakan, kegaduhan. dan sulit diatur.

Mempunyai anak merupakan tantangan terbesar dalam hidup kita, karena anak seperti kertas putih tergantung orang tua dan lingkungannya yang akan mengisi, ada 5 hal hal yang harus kita tidak ucapkan ke anak, karena akan mempengaruhi mereka sampai dewasa nanti, berikut 5 hal terlarang yang jangan sampai diucapkan ke anak :

“Duh, jangan ganggu Mama Nak!”

Terkadang, ada masanya anak sedang agak rewel dan maunya nempel Mama terus. Hati-hati saat melontarkan kalimat ini ya, Ma. Bisa-bisa nanti anak jadi ragu dan takut dekat-dekat Mama lagi.

“Haduh, masa gitu aja takut sih?”

Jangan lupa Ma, anak kita masih kecil dan kadangkala dia ingin mengekspresikan rasa takutnya. Kalau Mama mengatakan kalimat ini, anak bisa jadi menganggap ibunya nggak mengangap penting apa yang ia rasakan.

“Kamu … sih!”

Jangan pernah sekali-kali melabeli anak dengan kata gendut, hitam, pembangkang, nakal penakut, pemalu dan sebagainya. Mengucapkan kalimat seperti ‘Kamu bandel sih!’ seolah melabeli anak dan bisa jadi anak tumbuh dengan label tersebut dan menjadi anak yang nggak percaya diri.

“Salah kamu sendiri sih!”

Sekecil apapun kesalahan sang anak, alangkah baiknya kalau Mama nggak langsung menyerang dan menyalahkan anak dengan kalimat simpel ini karena bisa jadi anak jadi merasa nggak berharga.

“Hayo, kalau nggak nurut nanti Mama akan …”

Hindari mengucapkan kata-kata mengancam seperti ini saat mengasuh anak. Pasalnya, kebanyakan mengancam tapi cuma sebatas omongan nanti bakal membuat anak jadi nggak memerdulikan perkataan orangtuanya.

Kalimat-kalimat diatas, jangan sampai diucapkan pada anak ya. Tumbuh kembang anak secara psikologis akan dipengaruhi oleh muatan kalimat yang diucapkan orang tuanya. Jadi, berilah penjelasan lalu atasi dengan penuh kesabaran dan ketenangan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...