Inilah Tanda-Tanda Orang Yang Sudah Kecanduan Game. Apakah Kamu Termasuk? -->

Inilah Tanda-Tanda Orang Yang Sudah Kecanduan Game. Apakah Kamu Termasuk?

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, termasuk bermain game.

Bermain game online memang bisa menghilangkan rasa penat dan mengurangi tingkat stress yang berlebih. Tapi jika kamu tidak bisa lepas darinya, bisa jadi kamu sudah kecanduan game online.

Pada 2018 lalu, WHO meliris revisi ke 11 International Classification of Diseases atau disingkat (ICD-11) yang menggolongkan kecanduan game, baik video game maupun digital game sebagai gangguan kesehatan mental. Klasifikasi ini digunakan secara internasional bagi para praktisi kesehatan untuk membuat diagnosis dan rencana perawatan.

Kecanduan game online menjadi salah satu hal yang perlu kita soroti saat ini. Banyak anak-anak hingga orang dewasa lebih sibuk dengan gim daripada urusan mereka yang lebih penting, dan akhirnya banyak waktu terbuang sia-sia yang padahal jika fokuskan pada hal yang lebih penting akan lebih bermanfaat.

Memang saat ini marak youtuber gaming dimana mereka juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun, mereka yang menjadi youtuber gaming memang mendedikasikan waktu dan upaya untuk bekerja. Namun bila hanya main-main saja dan sampai kecanduan game online tentu berdampak negatif.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lihat tanda-tanda orang yang terjangkit candu game :

1. Hilang Ketertarikan

Orang yang sudah kecanduan game, umumnya akan berubah, perlahan tetapi pasti, seperti berubahnya akan hobi yang dimiliki.

Hobi yang disukai dahulu, boleh jadi seketika ditinggalkan begitu saja. Ketika belum mengenal game, seseorang akan menghabiskan waktunya dengan hobi yang dimiliki.

Namun, ketika candu melanda kehidupannya pasti berantakan dan tidak teratur.

2. Kepikiran Terus

Detektor kedua yaitu seseorang menjadi kurang fokus disebabkan apa yang ada pada isi kepala hanyalah game yang senantiasa menemani selama ini.

Apapun yang tengah dikerjakan, tetapi pikirannya melayang, berkelana pada game-game yang menjadi candu hidupnya.

3. Berbohong Demi Game

Bahkan pada point ketiga yaitu ia akan rela berbohong, meski ia tahu dampak yang akan diperolehnya mendatang.

Berbohong demi memenuhi kesenangannya dalam nge-game, baik secara online maupun offline. Mereka rela hingga melakukan hal-hal yang beresiko atau berdampak buruk pada kehidupannya mendatang.

4. Selalu Melampiaskan pada Game saat punya masalah

Orang seperti itu kerap melampiaskan setiap masalahnya dengan nge-game. Ia mengira bahwa masalah akan berkurang atau usai jika diarahkan dengan nge-game.

Sayangnya, pemikiran semacam itu adalah pemikiran yang sangat konyol. Harusnya, seseorang bisa jernih memikirkan akan dampak dari aktivitas nge-game.

5. Tidak dapat Mengontrol Diri

Orang yang telah kecanduan game sering kali kita lihat akan kesulitan mengontrol dirinya.

Sehingga, sikap sosialnya akan buruk, seperti kesulitan mengontrol diri, tentu saja, jika sudah demikian, maka akan banyak yang menolaknya dalam kehidupan bermasyarakat.

6. Tidak Dapat Mengontrol Waktu

Point keenam ini adalah point yang sangat merugikan. Ketika seseorang sudah menjadikan game itu candu, tidak dipungkiri mereka pun akan kesulitan dalam mengontrol waktu.

Padahal kita tahu bahwa waktu itu bagai pedang, jika seseorang telah menyia-nyiakan waktu yang dimilki, dapat dipastikan ia salah satu orang merugi di dunia ini.

7. Buruknya Kualitas Pendidikan dan Kerja

Dampak lain yang cukup mencolok juga adalah ketika anak-anak yang terindikasi kecanduan game, maka kualitas pendidikannya tentu saja menjadi buruk.

Begitu pula pada orang dewasa yang telah terjangkit virus game, maka ia pun dapat dilihat buruknya kinerja mereka.

8. Kenginan terus menerus menambah waktu game

Pada bagian kesembilan ini, jika seseorang tidak menyadari apa yang menjangkitinya, maka selanjutnya yaitu ia akan menambah dan menambah durasi waktu untuk nge-game. Jika demikian, maka keburukannya akan semakin bertambah, lantas berujung pada kerugian pada kehidupannya.

9. Jika tidak nge-Game, merasa berkeringat dan pusing

Ada juga reaksi dari seseorang yang telah terpapar game, apalagi game berindikasi porn, maka seseorang itu hingga merasa pusing dan mengeluarkan keringat ketika kebiasaan nge-gamenya dikurangi atau tertunda.

10. Tetap Main Meski sudah paham dampak

Orang yang sudah kecanduan, maka ia tidak lagi peduli apa itu akibat dari yang telah dilakukannya.

Meski ia telah mengetahui dampak buruknya, pasti ia tetap saja melakukannya demi kesenangan dan kepuasan mataforgana.

11. Memutus Hubungan interaksi Sosial

Bukan hal baru hingga akhirnya dampak buruk dari nge-game akan memutus paksa diri dengan linkungan. Mereka lebih asyik dan berbahagia seorang diri dengan game di genggaman, daripada harus berkumpul dengan banyak orang.

12. Kurang Tidur

Tidak heran jika sekarang ini banyak sekali orang membuka Kafe dengan fasilitas Wifi. Di beberapa tempat bahkan mereka buka selama 24 jam yang membuat remaja menghabiskan waktu malam hingga pagi hanya untuk wifian dan bermain game online.

Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi tidak sehat, selalu bangun siang, malas, dan masih banyak efek samping dari melek setiap malam. Hal seperti ini harus segera dihentikan.

Terlanjur kecanduan game online? Begini cara mengatasinya

Agar kamu tidak kecanduan game online, ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan.

Pertama, cobalah untuk mengatur batasan waktu untuk bermain game.

Lalu kedua, cobalah untuk melakukan aktivitas lain setiap harinya. Jika game adalah salah satu cara bagimu mengatasi suasana hati yang buruk, maka gantilah dengan berolahraga. Olahrga dapat menurunkan membantu tubuhmu mengeluarkan hormon endorfiin dan membuatmu merasa lebih baik.

Cara Ketiga adalah dengan menjauhkan telepon dan gawai lainnya dari kamar jangkauanmu agar kamu tidak bermain game sebelum tidur.

Meski hingga saat ini masih belum diketahui game apa yang dapat membuat seseorang mengalami kecanduan game online, tentu tidak ada salahnya untuk pintar membatasi diri.

Karena selain dapat membuat kecanduan, bermain game juga dapat membantumu menyegarkan pikiran, bukan? Ingat, yang berlebihan tidak baik.

Semoga hal tersebut menjadi perhatian kita semua agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan